Mengenal Olahraga Bridge dan Manfaatnya untuk Kesehatan Otak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Januari 2023

“Bermain bridge dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Pada otak, manfaatnya diyakini dapat meningkatkan kekuatan otak dan menstimulasi tingkat imun tubuh.”

Mengenal Olahraga Bridge dan Manfaatnya untuk Kesehatan OtakMengenal Olahraga Bridge dan Manfaatnya untuk Kesehatan Otak

Halodoc, Jakarta – Bridge merupakan jenis olahraga permainan kartu remi yang menjembatani dan menggabungkan dua jenis permainan kartu. Adapun, kombinasinya terdiri atas permainan cangkulan dan truf dengan sejumlah kondisi peraturan yang dimodifikasi. Nah, permainan kartu ini dianggap mengasyikan dan dapat membunuh waktu. Menariknya lagi, bermain bridge juga diketahui membutuhkan kejelian dan kemampuan untuk melihat peluang. Artinya, olahraga ini dipercaya dapat bermanfaat untuk kesehatan otak. 

Mengenal Olahraga Bridge Lebih Dalam

Permainan bridge adalah permainan kartu yang dilakukan dengan pengambilan trik terbaik. Adapun, jumlah pemain dari permainan ini perlu dilakukan oleh empat orang dalam satu pertandingan. Empat orang tersebut akan dibagi menjadi dua orang dalam satu tim, sehingga ada dua tim yang bermain untuk saling berlawanan di permainan kartu ini. Untuk kompetisinya, permainan kartu ini dilakukan dengan cara menyilang. Partner atau rekan satu tim akan saling berhadapan, sementara di samping kanan dan kiri pemain adalah lawan yang juga berhadapan dengan partner-nya. Jenis kartu yang digunakan pada permainan ini adalah kartu remi sebagai media utamanya. Kartu remi merupakan kartu yang terdiri atas 52 kartu tanpa adanya kartu Joker. 

Adapun, permainan kartu ini dianggap sebagai olahraga otak sehingga harus dilakukan dengan taktik yang tepat. Sebab, pemain perlu menghubungkan kartu yang digenggam oleh dirinya dan kartu yang digenggam oleh rekan satu timnya. Kalkulasi dan menghafal kartu merupakan salah satu faktor dalam meraih kemenangan pada permainan ini. Sebab, permainan ini mirip seperti olahraga strategi lainnya yang membutuhkan perhitungan ketika akan melangkah dan mengeluarkan kartu.

Sementara itu, kartu yang akan dikeluarkan harus memiliki value yang cukup dalam mempertahankan keunggulan dalam permainan. Berdasarkan hal ini, tentu bermain bridge dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Sebab, komunikasi yang sangat baik antar partner dalam satu tim. 

Manfaatnya untuk Kesehatan Otak

Selain meningkatkan kemampuan berkomunikasi, ada beberapa manfaat bermain bridge untuk kesehatan otak, antara lain: 

1. Meningkatkan Kekuatan Otak

Manfaat pertama bermain bridge untuk otak adalah meningkatkan kekuatan otak tersebut. Hal ini berdasarkan pada penelitian yang dipublikasikan oleh Alzheimer’s Associations pada 2019 silam. Studi ini menjelaskan kalau ada hubungan antara bermain bridge dengan kesehatan dan kemampuan otak. Sebab, ketika seseorang bermain olahraga otak ini, dirinya dapat mengurangi gejala alzheimer sebesar 75 persen. Hal ini dikarenakan oleh teka-teki permainan kartu yang dikeluarkan para pemain bridge dapat merangsang kekuatan mental. 

2. Menstimulasi Imun

Manfaat selanjutnya dari bermain olahraga bridge adalah dapat menstimulasi imun. Sebab, permainan ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan memaksa otak untuk terus berpikir. Nah, studi yang dilakukan di University of California Berkeley pada 2000 silam juga menunjukkan hasil menarik. Studi ini menunjukkan bahwa bermain contract bridge dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan yang sangat dibutuhkan. 

Sebab, bagian otak yang aktif saat seseorang bermain bridge akan menstimulasi sistem imun. Para peneliti berspekulasi kalau hal ini disebabkan oleh otak manusia yang terus menerus berkonsentrasi dalam permainan kartu ini dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Itulah beberapa manfaat bermain bridge untuk kesehatan otak. Bridge diketahui dapat meningkatkan kekuatan otak hingga menstimulasi imun. Bahkan, bermain bridge juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada aspek sosial. Sebab, permainan ini dilakukan secara beregu oleh empat orang. Nah, selain bermain olahraga atau permainan yang dapat mengasah otak, pastikan juga untuk senantiasa memeriksakan kondisi kesehatan. 

Sebab, pemeriksaan kesehatan secara berkala tentunya dapat mendeteksi penyakit kronis sedari dini, sehingga penanganan dapat segera dilakukan. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa memeriksa kondisi. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Homelab Halodoc

Referensi: 

The English Bridge Union. Diakses pada 2023. Bridge and its benefits. 
Alzheimer.org. Diakses pada 2023. Playing Bridge for Alzheimer’s Research. 
AARP.org. Diakses pada 2023. A Bridge to Brainpower?
Kumparan Sport. Diakses pada 2023. Bridge Artinya dan Manfaat yang Bisa Didapatkan. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan