• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Pencak Silat, Manfaat dan Teknik Dasarnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Pencak Silat, Manfaat dan Teknik Dasarnya

Mengenal Pencak Silat, Manfaat dan Teknik Dasarnya

6 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 November 2022

“Pencak silat adalah seni bela diri tradisional asli Indonesia. Teknik dasarnya meliputi kuda-kuda, sikap pasang, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, kuncian, guntingan dan sikap berbaring.”

Mengenal Pencak Silat, Manfaat dan Teknik DasarnyaMengenal Pencak Silat, Manfaat dan Teknik Dasarnya

Halodoc, Jakarta – Pencak silat termasuk ke dalam jenis beladiri tradisional yang berasal dari Indonesia. Cabang beladiri ini sudah dikenal di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand.

Yang membuat pencak silat berbeda dari yang lain adalah gerakannya mirip seperti tarian. Tekniknya membutuhkan kelenturan sekaligus kekuatan tubuh agar bisa menaklukkan lawan.

Ada banyak teknik dasar pencak silat yang perlu dikuasai oleh pemula. Beberapa di antaranya kuda-kuda, sikap pasang, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, kuncian, guntingan dan sikap berbaring.

Teknik Dasar Pencak Silat

1. Teknik Kuda-kuda 

Teknik dasar pencak silat ini adalah yang paling utama. Caranya dengan menapakkan kaki ke tanah dengan posisi tubuh seperti orang yang sedang menunggangi kuda. 

Teknik kuda-kuda terbagi dalam 6 jenis. Di antaranya, kuda-kuda tengah, depan, samping, belakang, depan-belakang dan silang. Semuanya bertujuan untuk menjaga keseimbangan tubuh, baik dalam posisi bertahan atau menyerang. 

2. Teknik Sikap Pasang 

Teknik ini dipelajari setelah menguasai teknik pada poin 1. Sikap pasang adalah posisi yang dikombinasikan dengan kuda-kuda. Bersifat fleksibel sesuai dengan situasi, seperti menyerang atau bertahan.

3. Teknik Pola Langkah 

Teknik dasar pencak silat ini bertujuan agar lawan tidak mudah menebak atau mengetahui pergerakan. Caranya adalah dengan mengubah pijakan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya. Polanya bisa disesuaikan oleh diri sendiri. Gerakannya  membutuhkan koordinasi dari badan, tangan, dan kaki dalam melangkah.

4. Teknik Arah Delapan Penjuru Mata Angin 

Teknik ini bertujuan untuk menentukan arah ketika sedang menyerang lawan. Titik tumpunya berada di tengah, kemudian melangkah ke delapan arah mata angin. Yakni Timur, Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat, Barat Laut, Utara dan Timur Laut. 

5. Teknik Pukulan 

Teknik dasar pencak silat ini bisa dilakukan dalam posisi bertahan atau menyerang. Adapun beberapa jenisnya, yakni:

  • Teknik pukulan depan. Caranya dengan memukul lurus ke depan. Kamu bisa melakukannya dalam 2 cara. Pertama, posisi kaki sejajar dengan tangan. Kedua, posisi kaki selangkah di depan.
  • Teknik pukulan bandul. Caranya dengan memukul seperti gerakan bandul, yakni menggerakkan tangan dari bawah ke atas. Tekuk siku dalam sudur 90 derajat.
  • Teknik pukulan tegak. Caranya dengan memasang kuda-kuda tengah, kemudian letakkan kedua kepalan tangan di depan dada. Lalu, pukul lawan dengan salah satu tangan lurus ke depan.
  • Teknik pukulan melingkar. Caranya dengan mengarahkan badan ke samping badan lawan dengan gerakan melingkar. Sasarannya adalah pinggang. 

6. Teknik Tendangan 

Adapun beberapa teknik tendangan dalam pencak silat, yakni:

  • Tendangan lurus. Cara dengan sejajarkan posisi tubuh dengan lawan. Kemudian tendang satu kaki ke depan, dengan sisi kaki lainnya sebagai pijakan. Letakkan kepalan tangan di dada untuk menjaga keseimbangan.
  • Tendangan sabit. Caranya dengan posisi kuda-kuda kiri. Kemudian tendang kaki kanan ke depan dengan menggunakan punggung kaki. Letakkan kepalan tangan di dada untuk menjaga keseimbangan.
  • Tendangan T. Caranya dengan menendang dengan kaki kanan ke depan dengan badan sedikit ke belakang. Letakkan kepalan tangan di dada untuk menjaga keseimbangan.
  • Tendangan jejag. Caranya dengan berdiri menggunakan satu kaki sebagai tumpuan. Kemudian angkat lutut setinggi mungkin dan luruskan kaki untuk menendang lawan.
  • Tendangan belakang. Caranya dengan menendang satu kaki ke belakang mengenai lawan.

7. Teknik Tangkisan 

Teknik dasar pencak silat yang selanjutnya yakni tangkisan. Inia dalah bentuk pertahanan diri dari serangan lawan. Jenisnya ada dua, yaitu teknik tangkisan satu lengan dan teknik tangkisan dua lengan. 

8. Teknik Kuncian 

Pencak silat juga mengajarkan teknik mengunci pergerakan lawan. Caranya dengan menahan bagian leher, pergelangan tangan dan dagu agar lawan lumpuh atau tidak bisa bergerak.

9. Teknik Guntingan 

Guntingan adalah teknik menjepit seperti gerakan menggunting bagian tubuh lawan untuk melumpuhkan lawan. Caranya dengan menjepit bagian tubuh lawan menggunakan kedua kaki dan tangan.

10. Teknik Sikap Berbaring 

Kamu bisa melakukan teknik dasar pencak silat ini ketika ingin bertahan dari serangan lawan dan dalam kondisi terpojok. Adapun beberapa caranya, yakni:

  • Sikap miring. Teknik ini dilakukan dalam posisi tubuh miring dan pandangan lurus sambil menekuk tungkai kaki hingga mendekati dada. Tempatkan salah satu siku tangan di permukaan lantai dan tangan lainnya menopang paha.
  • Sikap terlentang. Teknik ini dilakukan dalam posisi terlentang sambil menekuk satu tungkai kaki dan kaki lainnya diluruskan. Tempatkan salah satu tangan di tanah dengan menekuk siku, dengan tangan lainnya di atas dada.
  • Sikap telungkup. Teknik sikap ini dilakukan sambil telungkup dengan pandangan lurus. Kedua kaki berada dalam posisi lurus dan kedua tangan menyentuh lantai dengan posisi siku menekuk.

Manfaat Belajar Pencak Silat

1. Mengembangkan Kemampuan Diri

Pencak silat dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Gerakan di dalamnya dapat meningkatkan proses berpikir dalam menghadapi permasalahan. Dengan begitu, kamu bisa mengambil keputusan dengan tepat dan akurat.

Manfaat lainnya yakni pengembangan kemampuan afektif. Kegunaannya sejalan dengan gerakan latihan yang mengarah pada sikap sportivitas, saling menghargai sesama teman latih-tanding dan rendah hati.

Selain itu, pencak silat juga mampu meningkatkan rasa percaya diri, melatih ketahanan mental, melatih keuletan dan mampu mengembangkan kewaspadaan diri dari lingkungan sekitar.

2. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Kamu bisa mendapatkan dan mempertahankan berat badan ideal jika melakukan pencak silat dalam teknik yang tepat. Gerakan-gerakannya dapat membakar hingga ratusan kalori dalam waktu yang cenderung singkat. Bisa dikatakan, pencak silat menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah obesitas.

3. Melatih Fleksibilitas Tubuh

Manfaat pencak silat selanjutnya yakni melatih fleksibilitas tubuh. Ini bertujuan untuk mencegah postur tubuh yang buruk, leher yang sering pegal dan melatih posisi tubuh yang baik saat duduk, berdiri serta berjalan.

Manfaat tersebut bisa terjadi berkat gerakan peregangan di setiap teknik dasar pencak silat. Langkah ini membuat otot menjadi lebih fleksibel, yang akhirnya berpengaruh baik pada postur tubuh seseorang.

Peregangan mampu mencegah terjadinya cedera, meningkatkan jangkauan gerak dan meningkatkan kinerja otot secara keseluruhan. Manfaat lainnya yakni meningkatkan aliran darah di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah masalah pada organ jantung.

4. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Gerakan berulang yang dilakukan saat pencak silat mirip dengan olahraga HIIT (High Intensity Interval Training). Ini efektif membantu menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah tinggi.

Pencak silat mampu merangsang produksi hormon pertumbuhan manusia (HGH) dalam waktu 24 jam setelah latihan selesai. Hormon tersebut dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan massa otot dalam tubuh.

Pencak silat juga boleh dilakukan oleh pengidap tekanan darah tinggi. Teknik yang kompleks dan cenderung rumit dapat meningkatkan kinerja organ jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Aliran darah yang lancar dapat meningkatkan volume darah dan melebarkan pembuluh darah. Jadi, tekanan darah pada pengidap bisa lebih stabil karena jantung bekerja dengan maksimal.

Selain melakukan pencak silat, imbangi dengan mengonsumsi beberapa jenis asupan agar tekanan darah tetap stabil. Di antaranya bayam, pisang, bawang putih, yoghurt, kentang, oatmeal dan ikan.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pencak silat termasuk ke dalam jenis olahraga berat dengan gerakan yang intens. Tekniknya dapat memperlancar peredaran darah dan meningkatkan detak jantung. Ini efektif menjaga daya tahan kardiovaskular, sehingga kamu dapat terbebas dari ancaman tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes.

Itulah penjelasan tentang teknik dasar pencak silat dan manfaatnya bagi tubuh. Jika mengalami keluhan kesehatan seperti terkilir, silakan buat janji rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Sports Beezer. Diakses pada 2022. 8 Basic Techniques For Pencak Silate, Anything? : Okezone Sports.
VOI. Diakses pada 2022. The Basic Engineering Of Pencak Silat That Must Be Overpowered By A Complete Beginner, From The Horses, Blows, And Kicks.
Times of India. Diakses pada 2022. 6 amazing health benefits of Martial Arts.