Mengenal Pola Makan Gluten Free dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Desember 2023

“Pola makan gluten free adalah diet yang tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten. Bukan hanya untuk pengidap celiac, pola makan sehat ini juga bisa kamu lakukan ketika kamu ingin menurunkan berat badan dan meningkatkan asupan sayur dan buah.”

Mengenal Pola Makan Gluten Free dan Manfaatnya Untuk KesehatanMengenal Pola Makan Gluten Free dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

DAFTAR ISI

  1. Makna Gluten Free pada Makanan
  2. Manfaat Pola Makan Gluten Free untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Gluten adalah salah satu jenis protein yang banyak terdapat dalam gandum. Pada kondisi tertentu, asupan gluten tidak akan memicu gejala apa pun, gluten dapat menyebabkan gangguan pencernaan  pada pengidap penyakit celiac .

Kini, kamu bisa membatasi atau menghindari pengonsumsian gluten dengan menjalankan pola makan gluten free. Menerapkan pola makan ini pada kehidupan sehari-hari nyatanya bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Makna Gluten Free pada Makanan

Gluten merupakan keluarga protein yang terkandung dalam beberapa jenis makanan, seperti gandum hingga barley. Artinya, produk makanan yang mencantumkan label “gluten free” pada kemasannya, tidak mengandung protein gluten.

Berlebihan mengonsumsi gluten dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Gangguan ini lebih berisiko atau bahkan dapat terjadi lebih buruk pada pengidap celiac.

Penyakit celiac adalah salah satu gangguan autoimun ketika tubuh secara keliru menyerang sel sehat setelah mengonsumsi gluten. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba menjalankan pola makan gluten free.

Seseorang yang menjalankan pola makan ini artinya hanya mengonsumsi makanan utuh yang tidak mengandung gluten. Contohnya, buah-buahan, sayuran, daging, telur, serta makanan olahan lainnya yang tidak mengandung gluten.

Perlu kamu perhatikan bahwa pola makan gluten free bukanlah membatasi asupan karbohidrat. Hal ini karena banyak makanan yang mengandung karbohidrat bebas gluten, seperti kentang, nasi, hingga kacang-kacangan.

Kamu juga bisa cari tahu berbagai makanan yang mengandung gluten dan perlu dihindari melalui artikel “Kerap Diabaikan, 5 Makanan Ini Mengandung Gluten yang Tinggi”.

Manfaat Pola Makan Gluten Free untuk Kesehatan

Ada beberapa kelompok orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten. Contohnya seperti pengidap celiac, pengidap sensitivitas gluten, dan kelompok orang yang memiliki alergi dengan gandum.

Sebaiknya ketahui pola makan tepat bagi pengidap celiac melalui artikel “Diet Gluten Free, Pola Makan untuk Pengidap Penyakit Celiac”.

Namun, saat ini tak sedikit orang yang memilih untuk menjalankan pola makan gluten free. Alasannya karena diet ini bisa memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengoptimalkan kesehatan pencernaan

Pola makan gluten free adalah salah satu diet yang bisa membantu kamu mengoptimalkan kesehatan pencernaan. Kondisi ini dapat membantu mengatasi perut kembung, diare, hingga konstipasi.

Melansir dari jurnal Nutrients dengan judul Gastrointestinal Symptoms in Celiac Disease Patients on a Long-Term Gluten-Free Diet, terdapat penelitian yang melibatkan 856 pengidap celiac. 

Peserta yang tidak menjalankan pola makan gluten free mengalami gangguan pencernaan, seperti diare dan nyeri perut. Sedangkan peserta yang menjalankan pola makan gluten free tidak mengalami gejala tersebut.

2. Menurunkan risiko peradangan pada pengidap celiac

Pola makan gluten free dapat membantu mengurangi peradangan kronis pada pengidap celiac. Melansir dari BMC Medicine dengan judul Celiac Disease: a Comprehensive Current Review, menjalankan pola makan ini mampu mengurangi kerusakan pada usus akibat peradangan terkait gluten.

3. Menurunkan berat badan

Pola makan gluten free bisa menjadi salah satu cara yang kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena kamu akan membatasi beberapa jenis makanan dan memperbanyak asupan sayur dan buah.

Selain itu, pastikan kamu juga menjalani pola makan sehat dengan nutrisi seimbang.

4. Membatasi asupan makanan cepat saji

Membatasi asupan makanan cepat saji menjadi hal baik yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan kesehatan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dengan menjalankan pola makan gluten free.

5. Meningkatkan asupan sayur dan buah

Sayuran dan buah merupakan makanan utuh yang tidak memiliki kandungan gluten di dalamnya. Untuk itu, jika kamu memiliki keinginan untuk menambahkan asupan sayur dan buah setiap harinya, cobalah untuk menjalankan pola makan gluten free.

Selain kamu akan terhindar dari kondisi alergi gluten, mengonsumsi buah dan sayur membantu kamu dalam pemenuhan gizi sehari-hari.

Mau tahu rekomendasi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung nutrisi penting? Berikut rekomendasinya:

Nah, itulah beberapa manfaat dari pola makan gluten free. Baca artikel ini untuk informasi lebih lanjut: “Diet Gluten Free, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?”.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika menjalankan pola makan gluten free. Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter spesialis gizi mengenai cara tepat menjalankan pola makan ini.✔️  

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. The Gluten-Free Diet: A Beginner’s Guide with Meal Plan.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Gluten-Free Diet: Is It Right for Me?
Bobs Red Mill. Diakses pada 2023. 10 Benefits of Eating a Gluten Free Diet.
BMC Medicine. Diakses pada 2023. Celiac Disease: a Comprehensive Current Review.
Nutrients. Diakses pada 2023. Gastrointestinal Symptoms in Celiac Disease Patients on a Long-Term Gluten-Free Diet.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan