Mengenal Vitamin yang Larut dalam Lemak, Ini Penjelasannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Januari 2023

“Perlu diketahui, ternyata ada vitamin yang larut dalam lemak. Maka dari itu, kamu tetap butuh konsumsi lemak sehat agar vitamin ini bisa dicerna tubuh.”

Mengenal Vitamin yang Larut dalam Lemak, Ini PenjelasannyaMengenal Vitamin yang Larut dalam Lemak, Ini Penjelasannya

Halodoc, Jakarta – Vitamin adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang fungsi serta meningkatkan kesehatan tubuh. Maka dari itu, konsumsi suplemen dari nutrisi ini perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, ternyata ada beberapa vitamin yang larut dalam lemak.

Artinya, kandungan vitamin ini akan diserap oleh lemak dan akhirnya dialirkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Berikut daftar vitaminnya!

Vitamin yang Larut dalam Lemak, Ini Daftarnya

Vitamin dapat diklasifikasikan berdasarkan kelarutannya, ada yang bisa larut dalam air atau lemak.

Nah, vitamin yang larut dalam lemak paling melimpah pada makanan tinggi lemak. Kamu pun lebih baik mengonsumsinya bersamaan dengan lemak agak penyerapannya ke dalam aliran darah bisa lebih maksimal.

Ada empat vitamin yang larut dalam lemak, yaitu:

1. Vitamin A

Vitamin ini adalah salah satu nutrisi yang tubuh butuhkan untuk tetap sehat, termasuk dalam menjaga kesehatan penglihatan. Pada dasarnya, vitamin A (retinoid) bukan senyawa tunggal, tetapi sekelompok senyawa yang larut dalam lemak.

Vitamin yang larut dalam lemak ini dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh, antara lain:

  • Menjaga kesehatan penglihatan, berguna untuk menjaga sel indera cahaya dan pembentukan cairan air mata.
  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga tidak mudah untuk terserang infeksi.
  • Mendukung pertumbuhan tubuh, maka dari itu cocok untuk diberikan pada anak-anak.
  • Meningkatkan pertumbuhan rambut, sebab kekurangan nutrisi ini dapat meningkatkan risiko rambut rontok.
  • Mampu meningkatkan kesuburan dan sangat baik dalam menjaga perkembangan janin.

2. Vitamin D

Vitamin yang kerap dihubungkan dengan sinar matahari ini ternyata juga larut dalam lemak. Seseorang yang kekurangan asupan vitamin ini memiliki risiko terhadap gangguan tulang.

Vitamin D memiliki berbagai macam fungsi pada tubuh, antara lain:

  • Perawatan tulang, yaitu mampu meningkatkan penyerapan mineral dari makanan.
  • Mampu meningkatkan fungsi sistem imunitas tubuh.

Setelah diserap ke dalam aliran darah, hati dan ginjal dapat mengubah kalsiferol menjadi kalsitriol, bentuk vitamin D yang aktif secara biologis.

Kandungan ini juga dapat disimpan untuk digunakan nanti saat dikonversi dalam bentuk kalsidiol.

3. Vitamin E

Vitamin yang larut dalam lemak lainnya adalah vitamin E. Terkenal sebagai antioksidan yang kuat, nutrisi ini dapat mengatasi kerusakan akibat radikal bebas, serta mencegah penuaan dini.

Fungsi antioksidan pada nutrisi ini dapat mencegah stres oksidatif, serta melindungi asam lemak pada tubuh dari radikal bebas.

Saat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, vitamin E berguna sebagai pengencer darah, yaitu mengurangi kemampuan darah untuk menggumpal.

4. Vitamin K

Vitamin ini memiliki peran penting dalam pembekuan darah. Tanpa nutrisi ini, seseorang memiliki risiko pendarahan yang berlebihan, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Bukan hanya itu, vitamin K juga memiliki fungsi lainnya, yaitu mendukung kesehatan tulang dan membantu mencegah pengapuran dalam pembuluh darah. Sebab, kondisi ini jika dibiarkan dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa vitamin yang larut dalam lemak. Dengan mengetahui berbagai manfaatnya untuk tubuh, sebaiknya penuhi kebutuhannya setiap hari. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini melalui suplemen.

Jika tidak sempat atau malas keluar rumah untuk membeli suplemen, kamu bisa menggunakan fitur obat dan vitamin dari Halodoc sehingga barang yang dibeli langsung diantarkan ke rumah.

Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Praktis bukan? Tunggu apa lagi? Yuk download apilkasinya sekarang! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. The Fat-Soluble Vitamins: A, D, E, and K.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What are fat-soluble vitamins?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan