Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISTP

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Oktober 2021
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISTPMengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISTP

“Salah satu karakteristik utama tipe kepribadian ISTP adalah berorientasi pada hasil. Kepribadian ISTP sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni ISTP Asertif dan ISTP Turbulent. Keduanya sebenarnya akan bergantung pada kecerdikan mereka, tetapi ISTP A seringkali memiliki visi yang lebih jelas ketika mereka ingin mencapai sesuatu.”

Halodoc, Jakarta – Tipe kepribadian ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving) merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Mereka yang memiliki tipe kepribadian ISTP digambarkan senang memiliki waktu untuk berpikir sendiri dan sangat mandiri. 

Menariknya lagi, mereka juga dikenal sebagai orang yang akan menyukai hal-hal baru dan mencari petualangan. Tipe kepribadian ISTP juga diketahui memiliki beberapa karakter umum dan terbagi menjadi dua jenis. Ingin mengetahui tipe kepribadian ISTP lebih dalam? Yuk, simak infonya di sini!

Baca juga: 4 Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESFJ

Karakteristik Umum Kepribadian ISTP

Ada beberapa karakteristik utama yang umumnya dimiliki oleh individu dengan kepribadian ISTP, antara lain:  

1. Berorientasi pada Hasil

berorientasi pada hasil

Mereka yang berkepribadian ISTP dikenal sebagai seseorang yang berorientasi pada hasil. Contohnya ketika dihadapkan pada sebuah masalah, mereka akan langsung berusaha mencari apa penyebab dari masalah itu. Mereka juga akan mencari berbagai macam cara untuk menyelesaikannya. Sebab, kepribadian ISTP adalah individu yang praktis, realistis, serta berorientasi pada hasil.

2. Objektif Dalam Menilai Sesuatu

objektif

Bicara mengenai penilaian, tipe kepribadian ISTP dikenal lebih suka membuat penilaian berdasarkan kriteria objektif daripada keyakinan atau nilai pribadi yang dianut. Mereka akan tetap melakukan yang terbaik agar dapat menilai sesuatu secara jujur dan terbuka.

3. Menyukai Hal Baru

Menyukai Hal Baru

Mereka yang berkepribadian ISTP dikenal sebagai individu yang menyukai hal dan pengalaman baru. Tipe kepribadian ISTP cenderung mencari petualangan yang menawarkan sensasi. Alhasil, mereka seringkali menyukai hobi yang berisiko dan serba cepat, contohnya seperti berselancar. Selain itu, mereka juga mungkin akan mengejar karier yang dapat memberikan mereka petualangan.

 4. Tetap Tenang saat Hadapi Masalah

 Tetap Tenang saat Hadapi Masalah

ISTP sering digambarkan sebagai seorang pendiam, tetapi mereka memiliki sifat easy going atau santai terhadap sesuatu yang dihadapi. Hal ini membuat mereka terlihat sangat tertutup, terutama ketika menghadapi masalah. Pada kondisi tersebut, mereka sebenarnya sedang berupaya untuk tetap berpikiran jernih dan tenang.

5. Terlihat Kurang Peka Terhadap Perasaan Orang Lain

 Kurang Peka Terhadap Perasaan Orang Lain

Seseorang yang berkepribadian ISTP dikenal tidak terbiasa dengan keadaan emosional orang sekitarnya. Mereka juga akan menjauhkan diri dari emosi mereka sendiri dan mengabaikan perasaan mereka, sehingga rentan untuk mengalami kelelahan mental. Hal tersebut membuat mereka terkadang dilihat sebagai seseorang yang tidak peka terhadap perasaan orang lain.

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian ISTP

Setiap tipe kepribadian MBTI memiliki kelebihan dan kekurangan, tanpa terkecuali kepribadian ISTP. Nah, kelebihan yang umumnya dimiliki orang-orang berkepribadian ISTP, antara lain:

  • Logis.
  • Belajar dari pengalaman.
  • Berorientasi pada aksi.
  • Realistis dan praktis.
  • Menikmati hal-hal baru.
  • Percaya diri dan santai.

Sementara itu, beberapa kelemahan seseorang dengan kepribadian ISTP, yaitu:

  • Sulit untuk mengenal.
  • Tidak peka.
  • Mudah bosan.
  • Pengambil risiko.
  • Tidak suka komitmen.

 Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESTJ

Apa Perbedaan Antara ISTP A dan ISTP T?

Kepribadian ISTP terbagi menjadi dua, yakni, ISTP Assertive Virtuoso dan ISTP Turbulence Virtuoso. Bila bicara mengenai keingintahuan, keyakinan, dan keraguan, ISTP A akan lebih menunjukkan rasa kepercayaan dirinya terkait pengetahuan. Sementara, ISTP T lebih cenderung untuk meragukan diri mereka, kemampuan, atau pengetahuan mereka, bila mereka melakukan kesalahan. Keduanya sebenarnya akan bergantung pada kecerdikan mereka, tetapi ISTJ A seringkali memiliki visi yang lebih jelas ketika mereka ingin mencapai sesuatu.

Ketika berbicara mengenai interaksi sosial dan penyesuaian diri dengan orang lain, ISTP A cenderung yakin bahwa mereka dapat berintegrasi dengan sekitarnya secara harmonis. Sementara, ISTP T akan cenderung membandingkan diri mereka dengan orang lain.

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INTP

Nah, itulah penjelasan mengenai karakteristik umum kepribadian ISTP, kelebihan dan kekurangan, beserta perbedaan antara ISTP A dan ISTP T. Namun, hal yang perlu ditegaskan adalah, tes MBTI bisa saja menunjukkan hasil yang berbeda, jika seseorang mengisi ulang kembali tes tersebut. Di samping itu, beberapa ahli juga berpendapat bahwa tes MBTI mungkin saja tidak benar-benar merepresentasikan karakter individu yang asli.

Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar 16 kepribadian MBTI, jangan ragu untuk menghubungi psikolog terpercaya di aplikasi Halodoc. Selain berdiskusi dengan psikolog, kamu juga bisa cek kebutuhan vitamin atau suplemen sesuai pilihanmu di aplikasi Halodoc.  Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre berlama-lama di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Verywell Mind. Diakses pada 2021. ISTP: The Crafter (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)
16 Personalities. Diakses pada 2021. Virtuoso Personality ISTP
16 Personalities. Diakses pada 2021. Assertive Virtuoso (ISTP-A) vs. Turbulent Virtuoso (ISTP-T)

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan