• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada, 5 Tanda Kelelahan Mental

Waspada, 5 Tanda Kelelahan Mental

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Waspada, 5 Tanda Kelelahan Mental

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu merasakan kelelahan, tidak berenergi, dan kesulitan tidur? Sebaiknya waspada terhadap kondisi kelelahan mental yang bisa dialami oleh siapa saja. Kelelahan mental merupakan kondisi di mana seseorang merasakan kondisi kelelahan secara emosional akibat kondisi kehidupannya.

Baca juga: Ketahui Quarantine Fatigue, Rasa Lelah Akibat di Rumah Saja

Tentunya, kondisi ini perlu diatasi dengan tepat. Tidak ada salahnya kenali tandanya lebih banyak agar kamu mendapatkan penanganan tepat dan terhindar dari gangguan mental yang lebih buruk. Untuk itu, simak ulasannya dalam artikel ini! 

Kenali Tanda Kelelahan Mental

Bukan hanya saat pandemi, kelelahan mental bisa dialami oleh siapa saja dalam keadaan apapun. Hal ini bisa terjadi akibat adanya kondisi atau situasi yang menyebabkan stres dalam jangka panjang. Biasanya, saat mengalami kelelahan mental, seseorang akan merasa terperangkap dalam satu situasi sulit dan tidak memiliki kekuatan atau daya untuk mengatasinya. 

Ada berbagai tanda yang perlu kamu waspadai terhadap kondisi kelelahan mental. Kelelahan mental dapat menyebabkan berbagai gejala pada pengidapnya, seperti:

1.Kehilangan Motivasi

Saat mengalami kelelahan mental, kamu akan lebih mudah kehilangan motivasi atas apa yang akan dikerjakan. Selain itu, kamu juga akan merasa hasil yang kamu kerjakan pasti akan buruk, meskipun kamu telah mengerjakannya dengan sebaik mungkin.

2.Tingkat Stres Tinggi

Saat kamu merasa kondisi stres yang tidak kunjung reda, bisa jadi ini tanda dari kelelahan mental yang kamu alami. 

3.Lebih Mudah Tersinggung

Kelelahan mental yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan kamu lebih mudah tersinggung. Bahkan, terhadap hal-hal kecil yang biasanya dianggap wajar. Sikap mudah tersinggung ini juga membuat kamu kerap meledakkan amarah dan putus asa.

4.Kelelahan Fisik

Mental yang lelah juga berkaitan langsung dengan fisik. Kondisi ini meningkatkan risiko kelelahan fisik, gangguan tidur, hingga nyeri sendi dan otot. Tidak jarang, kelelahan mental yang tidak diatasi dapat menyebabkan kamu mengalami sakit kepala.

5.Kesulitan Berkonsentrasi

Terlalu banyak situasi yang membuat tekanan nyatanya dapat membuat kamu kesulitan untuk berkonsentrasi. Cobalah untuk mengatasi situasi secara perlahan agar kamu dapat mengerjakan dan mengatasi semuanya dengan lebih baik dan penuh konsentrasi.

Baca juga: Cara Atasi Burnout Akibat Terlalu Lelah Bekerja

Itulah beberapa tanda yang perlu kamu waspadai terkait dengan kelelahan mental. Jangan abaikan gejala yang berlangsung cukup lama. Apalagi jika kamu sudah berpikir untuk melakukan tindakan bunuh diri. Segera minta bantuan pada tim medis agar kamu mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi setiap permasalahan yang kamu hadapi.

Inilah Perawatan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Kelelahan Mental

Selain pengobatan yang dilakukan bersama dengan tim medis, kamu bisa melakukan berbagai cara di rumah untuk membantu pengobatan berjalan maksimal. Mengonsumsi makanan sehat menjadi salah satu perawatan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kelelahan mental yang kamu rasakan. Sebaiknya pastikan kamu mengonsumsi buah, sayur, dan makanan sehat lainnya secara seimbang. Pastikan kamu membatasi asupan gula atau makanan cepat saji.

Pola makan ini nyatanya bisa memengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang, loh. Asupan vitamin dan nutrisi yang dipenuhi dengan baik nyatanya berkaitan langsung dengan kondisi kesehatan emosi seseorang. Butuh asupan vitamin? Jangan khawatir, kamu bisa gunakan Halodoc dan lakukan pemesanan vitamin yang kamu butuhkan pada apotek terdekat melalui Halodoc!

Saat kamu mengalami kelelahan mental, jangan lupa siapkan waktu untuk berolahraga. Mengapa olahraga dapat memperbaiki kondisi mental? Olahraga dinilai cukup efektif untuk meningkatkan hormon endorphin dan serotonin yang berfungsi membuat suasana hati menjadi lebih baik. Lakukan olahraga ringan dan menyenangkan agar manfaat olahraga dapat kamu rasakan dengan maksimal.

Baca juga: Waspada, Kelelahan Otak Bisa Terjadi Akibat Pandemi Corona

Tidak hanya olahraga fisik, kamu juga bisa melakukan kegiatan yang menenangkan. Misalnya, meditasi, yoga, atau mencari teman yang kamu percaya untuk bercerita. Hal ini cukup membantu mengatasi stres maupun kelelahan mental yang kamu alami.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Emotional Exhaustion:What It Is and How to Treat It?
Healthline. Diakses pada 2021. How to Treat and Prevent Mental Exhaustion.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Symptoms of Mental Exhaustion and Tips to Alleviate It.