• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Menjadi Tren, Ini Manfaat Olahraga Pound Fit Bagi Kesehatan

Menjadi Tren, Ini Manfaat Olahraga Pound Fit Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Olahraga pound fit saat ini sedang tren dilakukan di berbagai kelas-kelas olahraga. Olahraga yang mirip dengan aerobik ini terlihat unik, menyenangkan, dan juga menyehatkan. Pound Fit merupakan olahraga kardio yang terinspirasi oleh permainan alat musik drum yang dapat membuat tubuh berkeringat. 

Karena olahraga ini terinspirasi dari permainan alat musik drum, maka olahraganya pun menggunakan stik yang mirip dengan stik drum. Penggunaan stik drum tampaknya efektif untuk berolahraga. Selain berolahraga sambil mendengarkan musik, olahraga pound fit juga membuat kamu menghasilkan suara musik yang menarik. Suara musik dihasilkan dari pukulan stik ke lantai maupun pukulan sepasang stik yang kamu gunakan. Disinilah letak seru dan uniknya!

Baca juga: 5 Alasan Olahraga Bisa Meningkatkan Kecantikan

Olahraga Kardio yang Menyenangkan dan Menyehatkan

Gerakan pound fit merupakan perpaduan antara cardio, taiko, dan tarian. Ini menjadi modifikasi tren olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. Banyak manfaat yang dapat dirasakan dari olahraga ini. Kamu akan membakar begitu banyak kalori, tubuh menjadi kuat, dan otot pun akan terbentuk. Inilah manfaat yang dapat kamu rasakan dari olahraga pound fit:

1. Bagus untuk Mengecilkan Perut

Olahraga pound fit dirancang untuk melatih seluruh otot tubuh, khususnya otot inti (otot bagian tengah) dan otot perut. Gerakan pada olahraga pound fit menargetkan otot inti, bahkan lebih fokus dibandingkan gerakan lainnya. Gerakannya juga lebih banyak berputar dan membungkuk yang melibatkan bagian perut. 

2. Latihan Tubuh Secara Penuh

Poundfit merupakan olahraga yang unik. Dalam olahraga ini, stik drum digunakan dengan cara yang inovatif untuk mendapatkan latihan tubuh yang penuh. 

Baca juga: Ini yang Terjadi saat Tubuh Kurang Olahraga

3. Melatih Interval Kardio

Olahraga ini cara yang bagus untuk mengurangi sejumlah kalori di seluruh tubuh. Gerakannya tidak hanya dapat membakar lemak saat berolahraga, tetapi latihan interval kardio dapat membantu kamu membakar lemak bahkan setelah olahraga. Gerakannya yang intens sepadan dengan kesehatan yang didapatkan. 

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Apapun bentuk olahraga sebenarnya dapat membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat. Namun, dengan latihan olahraga yang melibatkan setiap bagian tubuh secara bersamaan dan fokus pada gerakan memainkan stik drum membuat konsentrasi menjadi lebih baik.

5. Menurunkan Berat Badan Lebih Mudah

Pound Fit merupakan olahraga dengan intensitas yang cepat. Kamu akan dibuat fokus untuk menjaga momentum pada musik dan gerakan. Ini dapat membuat kalori dan lemak semakin berkurang pada setiap latihan. Berat badan pun dapat turun sesuai yang kamu harapkan. 

6. Dapat Meningkatkan Mood

Pada dasarnya olahraga yang diiringi musik seperti pound fit dan aerobik sangat menyenangkan. Ini adalah cara yang bagus tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga dapat melawan stres dan depresi, mengurangi kemungkinan diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Olahraga ini khususnya sangat bagus untuk menjernihkan pikiran dan juga meningkatkan fungsi dan kemampuan kognitif. 

Baca juga: Cara Mudah Mengecilkan Perut dengan Berjalan Kaki

7. Membangkitkan Semangat

Yang membuat olahraga pound fit ini unik dan menyenangkan adalah gerakan dan musik yang sangat memotivasi. Sama seperti drummer di atas panggung yang membuat pertunjukan band jadi lebih bersemangat. Olahraga semacam ini dapat meningkatkan keterampilan ingatan juga membangkitkan semangat. 

Olahraga ini semakin menyenangkan dan lebih seru saat dilakukan secara kelompok. Olahraga yang dilakukan bersama-sama seperti kelas olahraga dapat menciptakan dan menularkan suasana bersemangat. Hampir sebesar 95 persen orang yang bergabung dalam grup olahraga akan konsisten melakukan kegiatan olahraga. 

Berolahraga secara berkelompok dapat memberikan pengalaman yang lebih seru, karena adanya interaksi antar anggota yang memungkinkan kamu akan saling tertawa. Sehingga kamu pun akan semakin termotivasi untuk terus berolahraga. 

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai olahraga pound fit. Jika kamu mengalami masalah kesehatan selama olahraga berlangsung, segeralah bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Women’s Health. Diakses pada 2020. 5 Reasons Why You Should Try The POUND Workout.
Health Fitness Revolution. Diakses pada 2020. Top 10 Health Benefits of the Pound Workout.