12 January 2018

Cara Mudah Mengecilkan Perut dengan Berjalan Kaki

Cara Mudah Mengecilkan Perut dengan Berjalan Kaki

Halodoc, Jakarta - Banyak orang tidak percaya diri dengan perut buncit walaupun bisa ditutupi dengan mengakali cara berpakaian namun tetap saja mengganggu penampilan. Ada banyak cara untuk mengecilkan perut mulai dari diet, olahraga berat hingga olahraga ringan seperti berjalan kaki. Mengecilkan perut dengan berjalan kaki adalah salah satu metode mudah yang dapat dilakukan siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Mengecilkan perut dengan berjalan kaki ditemukan oleh dokter yang berasal dari Jepang bernama Kawamura. Beliau sudah membuktikannya dengan rutin berjalan kaki selama tiga bulan dengan waktu 30 menit setiap harinya. Berat badannya turun hingga 10 kg dan lingkar pinggang mengecil hampir 17 cm.
Agar mengecilkan perut dengan berjalan kaki lebih maksimal hasilnya, berikut cara yang dapat kamu lakukan:

1.  Tekan dan Kendurkan Perut
Lakukan gerakan berjalan kaki sebagaimana biasanya. Saat mengayunkan kaki kanan ke depan tekan perut dan sebaliknya saat mengayunkan kaki kiri ke depan kendurkan perut.

2.  Berdiri Tegak
Dengan berdiri tegak, otot punggung dan bokong akan bekerja lebih kuat sehingga kamu bisa berjalan lebih cepat untuk membakar lebiih banyak kalori. Aturan berdiri tegak yang tepat adalah posisi punggung lurus, telinga, bahu dan pinggul sejajar.

3.  Perhatikan GerakkanTangan
Buat lekukan pada tangan hingga membentuk sudut 90 derajat, kemudian gerakkan kedua tangan ke depan dan ke belakang. Hal ini akan meningkatkan kecepatan kamu berjalan dan akan membakar lebih banyak kalori.

4.  Bergerak Seperti Menyapu
Saat berjalan, lakukan gerakan menyapu pada telapak kaki saat melangkahkan kaki, yaitu dengan mengangkat tumit dan ketika tubuh bertumpu pada ujung jari lalu berikan dorongan. Gerakan ini seperti menyingkirkan permen karet yang menempel pada sol sepatu. Gerakan seperti ini akan menggerakkan banyak otot kamu sehingga akan lebih banyak kalori yang dapat terbakar.

5.  Hindari Tanjakan
Tanjakan memang baik untuk membakar kalori lebih banyak dengan memberikan tekanan pada tubuh kamu. Namun jika kamu tidak bisa menjaga kecepatan dan keseimbangan saat melewati tanjakan, maka sebaiknya hindari tanjakan saat berjalan kaki.

6.  Tingkatkan Denyut Jantung

Untuk mengontrol denyut jantung, gunakan alat monitor denyut jantung untuk membakar lebih banyak kalori saat berjalan. Alat ini bisa menjadi pelatih pribadi kamu. Caranya adalah dengan menaruh perhatian pada denyut jantung yang tertera pada monitor, kemudian tingkatkanlah denyut jantung tersebut dengan berjalan lebih cepat. Usahakan agar denyut jantung kamu tidak menurun selama berjalan dan kalori akan semakin maksimal terbakar.

7.  Pilih Sepatu yang Tepat
Saat mengecilkan perut dengan berjalan kaki, gunakan sepatu olahraga yang didesain khusus untuk training. Dengan sepatu yang tepat, otomatis tenagamu keluar lebih maksimal dan tidak mudah lelah. Pastikan pula bantalan sepatu tersebut memiliki foam agar membuatmu lebih nyaman saat bergerak.

Selain melakukan 8 hal di atas untuk mengecilkan perut dengan berjalan kaki, kamu bisa juga berdiskusi pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Download di smartphone, kamu bisa bertanya pada ribuan dokter ahli terpercaya via Chat, Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat melalui Halodoc, yang akan diantarkan ke rumah dalam waktu satu jam. Kamu bisa download aplikasinya di App Store dan Google Play.

BACA JUGA: Patut Dicoba! Mengecilkan Perut dengan Bersepeda