• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

5 Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Selama kehamilan, ibu akan mengalami mual dan muntah yang dapat mengurangi nafsu makan. Tetapi, beberapa ibu hamil malah ada yang mengalami peningkatan nafsu makan. Meningkat atau menurunnya nafsu makan sebenarnya wajar. Terpenting, ibu harus memenuhi nutrisi setiap hari untuk menjaga kesehatan ibu dan sang janin.

Memilih menu sarapan yang tepat penting dilakukan untuk mengisi ulang energi. Bukan cuma kenyang, ibu juga harus memilih menu yang bergizi dan berkualitas. Berikut ide menu sarapan sehat yang bisa ibu coba:

Baca Juga: 6 Makanan Wajib Bumil di Trimester Pertama

  1. Smoothie

Kalau ibu bosan dengan jus, ibu mungkin bisa membuat smoothie yang isinya lebih bervariatif. Untuk membuat smoothie ibu dapat menggunakan susu almond dan yogurt yang kaya kalsium dan protein. Kiwi dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan asupan vitamin C. Selain itu, ibu bisa mencampurkan sayuran hijau, seperti bayam untuk memenuhi asupan folat yang dibutuhkan selama kehamilan. 

Nah, untuk mendapatkan omega 3, ibu dapat mencampurkan biji chia ke dalam smoothie. Untuk membuat smoothie sehat ini, campur 1/2 cangkir susu almond, 1/2 cangkir yogurt, kiwi, segenggam bayam, dan satu sendok makan biji chia.

  1. Roti Panggang

Sarapan dengan roti mungkin sudah biasa. Untuk mendapat cita rasa, ibu dapat membuat roti panggang yang ditambahkan dengan bahan-bahan lain, seperti telur rebus atau alpukat yang dihaluskan. Satu kuning telur mengandung sekitar seperempat dari kolin yang dibutuhkan setiap hari. Kolin meningkatkan fungsi otak dan menjaga perkembangan otak bayi, terutama di trimester terakhir. 

Baca Juga: Konsumsi Telur Setiap Hari untuk Menghindari Penyakit Jantung

Ibu hamil juga kerap mengalami sembelit. Oleh sebab itu, ibu dapat memilih roti gandum yang tinggi serat, sehingga membantu memperlancar pencernaan. Lemak baik yang terkandung dalam alpukat juga mampu menjaga Si Kecil yang ada di perut tetap terjaga kesehatannya.

  1. Oatmeal

Ingin menu sarapan yang praktis dan tinggi serat? Oatmeal bisa menjadi pilihan. Campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan 1/2 cangkir susu. Lalu, taburi dengan satu sendok makan kacang kenari kenari yang telah dicincang kasar dan potong satu buah apel menjadi beberapa bagian. Setelah semua bahan sudah lengkap, campur semuanya dengan oatmeal. Menu oatmeal ini lebih nikmat jika disajikan dingin. Oleh karenanya, ibu bisa membuatnya di malam hari agar bisa langsung disantap keesokan harinya. 

  1. Burrito Keju Telur

Ingin menu yang tidak biasa? Coba buat burrito keju telur. Isi burrito dengan telur, kacang-kacangan, dan keju untuk membantu ibu mendapatkan 25 gram tambahan protein harian. Untuk membuatnya, buat satu telur orak-arik. Campur telur ini dengan dua sendok makan kacang tanah yang sudah digoreng. Kemudian, campurkan dua sendok makan keju cheddar parut dan tomat cincang. Setelah tercampur semuanya, bumbui dengan sedikit merica gulung jadi satu dalam kulit tortilla gandum.

  1. Sereal

Kalau ibu terlalu malas membuat sarapan, ibu bisa memilih sereal yang menyediakan 10-14 gram serat per porsi. Ibu bisa menambah sereal dengan susu dan beri-berian. Susu untuk memenuhi asupan kalsium dan zat besi, sedangkan beri-berian memenuhi asupan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. 

Baca Juga: Cara Makan Alpukat yang Unik dan Sehat

Nah, itulah beberapa ide menu sarapan sehat yang bisa ibu coba. Kalau ibu punya pertanyaan soal nutrisi selama kehamilan, ibu bisa bertanya kepada ahli gizi Halodoc. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. The Best Healthy Breakfasts to Eat During Pregnancy.
Tommy’s. Diakses pada 2020. 5 easy breakfast ideas in pregnancy.