• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Meski Repot, Ini 5 Keuntungan WFH bagi Keluarga

Meski Repot, Ini 5 Keuntungan WFH bagi Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Meski Repot, Ini 5 Keuntungan WFH bagi Keluarga

Halodoc, Jakarta – Pandemi COVID-19 yang masih terus meningkat, membuat sebagian kegiatan wajib dilakukan dari dalam rumah, termasuk kegiatan perkantoran. Kondisi ini membuat work from home (WFH) menjadi salah satu hal yang cukup terdengar akrab selama beberapa bulan terakhir. Langkah WFH yang diambil oleh sebagian perusahaan menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk membantu pemerintah dalam menekan angka penyebaran serta penularan COVID-19.

Baca juga: 6 Cara Hindari Malas saat Work From Home

Namun, sebaiknya jangan jadikan kondisi WFH ini sebagai kendala dalam melakukan pekerjaan atau malah membuat rumah menjadi berantakan. Banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan dari kondisi WFH selama masa pandemi ini. Tidak ada salahnya untuk menjadikan WFH sebagai momen meningkatkan kekompakan bersama pasangan atau lebih mempererat ikatan hubungan antara orangtua dan anak. Meskipun merepotkan, tetapi ada keuntungan yang bisa kamu rasakan selama WFH bagi keluarga. Berikut ulasan selengkapnya!

Manfaat Menjalani WFH bagi Keluarga

Menjalani kerja dari rumah atau work from home memang bukanlah hal yang mudah. Selain membutuhkan jaringan internet yang baik untuk melakukan pekerjaan, kondisi rumah dan tidak adanya tempat yang dapat dijadikan ruangan bekerja menjadi hal lain yang dipertimbangkan masyarakat saat melakukan WFH.

Namun, sebaiknya jangan jadikan WFH sebagai kendala untuk menurunkan produktivitas dalam bekerja atau malah membuat rumah menjadi lebih berantakan. Dengan melakukan WFH, ternyata kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan bagi keluarga, loh. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan saat menjalani WFH selama masa pandemi.

1.Orangtua Lebih Banyak Waktu untuk Anak

Bekerja dari rumah membuat orangtua memiliki waktu yang lebih banyak untuk anak-anak, apalagi jika anak telah memasuki usia sekolah. Hal ini membuat orangtua dapat mendampingi anak ketika mereka melakukan kegiatan sekolah dari rumah

Melansir dari Parenting Firstcry, banyak menghabiskan waktu bersama anak di rumah juga dapat memberikan manfaat, seperti meningkatkan rasa percaya diri anak dan ikatan emosional anak dan orangtua akan lebih kuat.

Baca juga: Ibu Pekerja, Lakukan Ini agar Produktif saat WFH

2.Menghemat Pengeluaran Bulanan

Salah satu keuntungan yang bisa kamu lakukan ketika melakukan WFH adalah menghemat pengeluaran bulanan. Dilansir dari Very Well Family, dengan melakukan WFH kamu dapat menekan pengeluaran biaya untuk transportasi untuk bekerja di kantor dan juga biaya lain, seperti makan siang. 

3.Meningkatkan Hubungan Emosional dengan Pasangan

Tidak hanya hubungan orangtua dengan anak, dengan melakukan WFH kamu juga dapat meningkatkan hubungan dengan pasangan. Bekerjasama dengan pasangan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah membuat kekompakan kamu akan meningkat dengan baik. 

Lakukan komunikasi yang terbuka dan pembagian pekerjaan rumah pada pasangan saat melakukan WFH. Dengan begitu, kamu dan pasangan akan lebih mengerti beban tugas masing-masing. Hal ini juga dapat menekan konflik yang mungkin terjadi akibat adanya kesalahpahaman antar pasangan.

4.Banyak Waktu untuk Melakukan Olahraga

Saat menjalani WFH, tentunya kamu akan lebih mudah mengatur waktu kerja yang akan kamu lakukan secara bertanggung jawab. Selain itu, kamu dapat menggunakan waktu sebelum bekerja atau sesudah bekerja dengan melakukan olahraga ringan di rumah. Gunakan 20–30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga ringan di rumah bersama keluarga. 

Kamu dapat menggunakan tutorial olahraga yang saat ini cukup mudah ditemukan pada media sosial dan lakukan bersama keluarga guna menghindari kerumunan di tempat ramai. Selain sehat, kamu juga dapat terhindar dari paparan COVID -19 yang berbahaya bagi kesehatan.

5.Meningkatkan Kemampuan Diri Sendiri

Jangan berpikir dengan WFH, kamu tidak dapat mengembangkan diri. Melansir The Muse, dengan bekerja dari rumah kamu akan mengembangkan ketrampilan dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan secara mandiri.

Baca juga: Jam Kerja Tetap Efektif saat WFH, Ini Triknya

Itulah beberapa keuntungan WFH yang bisa kamu rasakan. Sebaiknya tetaplah mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah agar terhindar dari paparan COVID-19. Jika memiliki keperluan mendesak yang perlu dilakukan dari luar rumah, sebaiknya selalu lakukan 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman. 

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dari paparan COVID-19. Agar kondisi imun tubuh tetap optimal, kamu dapat bertanya langsung pada dokter seputar pencegahan COVID-19. Tidak hanya itu, jika kamu merasakan adanya gejala COVID-19, sebaiknya gunakan aplikasi Halodoc dan lakukan pemeriksaan dari rumah agar tidak meningkatkan penularan COVID-19.

Referensi:
Parenting Firstcry. Diakses pada 2020. Spending Time with Kids.
Very Well Family. Diakses pada 2020. Pros and Cons of Being a Work at Home Parent.
The Muse. Diakses pada 2020. 10 Reasons Working Remotely Is Even Better Than You Thought It Was.