Meski Tinggi Purin, Ini Manfaat Emping Melinjo bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Januari 2023

“Bagi orang yang sehat, emping melinjo justru bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya untuk menjaga kesehatan otak, menjaga kesehatan ginjal, dan mengatur suhu tubuh.”

Meski Tinggi Purin, Ini Manfaat Emping Melinjo bagi KesehatanMeski Tinggi Purin, Ini Manfaat Emping Melinjo bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang mungkin lebih mengingat bahwa emping melinjo merupakan makanan pantangan bagi pengidap penyakit asam urat. Namun bagi orang yang sehat, mengonsumsi emping melinjo bisa berdampak baik untuk kesehatan. 

Melinjo merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam melinjo yaitu protein, serat, zinc, zat besi, hingga magnesium. Dari nutrisi dan mineral itulah manfaat emping melinjo berasal.

Manfaat Emping Melinjo untuk Kesehatan

Buah melinjo mengandung antioksidan dalam jumlah banyak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari melinjo:

1. Menjaga kesehatan otak

Kandungan mangan dalam melinjo bermanfaat untuk fungsi otak dan mengobati gangguan saraf. Dismutase superoksida dalam melinjo juga mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh, termasuk yang ada di jalur saraf otak. Mereka bekerja dengan mengikat neurotransmiter dan mendukung transmisi impuls listrik secara efisien dalam tubuh, serta mempercepat kognisi pada otak.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Melinjo mengandung fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Kandungan fosfor dalam melinjo dapat mengoptimalkan pelepasan limbah dari ginjal melalui ekskresi dan buang air kecil. Dengan begitu frekuensi dan jumlah buang air kecil berjalan normal, sehingga tubuh dapat menjaga keseimbangan jumlah air, asam urat, kelebihan garam, dan lemak. Selain itu, fosfor juga dapat meningkatkan keseimbangan cairan yang membuat tubuh sehat dan terhindar dari serangan racun.

3. Mengatur suhu tubuh

Manfaat emping melinjo selanjutnya datang dari kandungan zat besi. Zat besi sangat penting untuk pengaturan suhu tubuh sesuai dengan kapasitas penyerapan tubuh. Dengan begitu, fungsi metabolisme dan enzimatik tubuh dapat bekerja dengan efisien. 

4. Membantu pertumbuhan tubuh

Melinjo juga mengandung mineral tembaga yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Sehingga mineral ini penting untuk dikonsumsi dalam pola makan seimbang. Selain itu, tembaga yang terkandung dalam melinjo dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan penyakit yang berkaitan dengan saraf.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Zinc yang terkandung dalam melinjo bermanfaat untuk mengatasi jerawat secara efektif. Selain itu, senyawa ini juga dapat meningkatkan fungsi sel darah putih yang penting untuk proses penyembuhan. Hal ini juga penting untuk mencegah infeksi, bisul, sariawan, dan mengobati luka. Zinc juga penting untuk proses produksi kolagen, yang berperan dalam perbaikan kulit.

6. Membangun otot

Manfaat emping melinjo berikutnya yaitu untuk membangun otot. Manfaat tersebut berkat kandungan protein di dalamnya yang penting untuk koordinasi dan kontraksi otot. Sebab pertumbuhan otot sangat bergantung pada jumlah protein yang cukup dalam tubuh. 

7. Mengobati kram

Melinjo mengandung magnesium yang dapat membantu penyembuhan stres ginjal, melemaskan otot punggung, dan ketegangan otot. Dengan adanya magnesium dalam tubuh, proses penyerapan kalsium untuk penyembuhan tulang pun jadi lebih cepat. 

Sebab, kekurangan kalsium dalam tubuh bisa berdampak pada kram kaki dan kelelahan secara umum. Itulah pentingnya asupan kalsium yang cukup untuk mengatasi masalah kram kaki kronis. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat emping melinjo. Jika kamu memiliki fisik yang sehat secara keseluruhan, tidak ada salahnya untuk menjadikan melinjo sebagai camilan sehat. 

Namun jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya tanyakan pada dokter di Halodoc perihal keamanan mengonsumsi emping melinjo. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Benefits Time. Diakses pada 2023. Melinjo-Gnetum gnemon
Health for The Soul. Diakses pada 2023. The Benefits of Melinjo

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan