• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Hair Tonic Bisa Atasi Rambut Rontok

Mitos atau Fakta, Hair Tonic Bisa Atasi Rambut Rontok

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bagi sebagian orang, mengalami rambut rontok akan sangat mengkhawatirkan. Rata-rata wanita akan kehilangan 50-100 helai rambut per harinya. Dalam kasus yang jarang, rambut yang rontok bahkan bisa mencapai 150 helai per hari. Lalu, bagaimana langkah mengatasinya? Apakah hair tonic mampu atasi rambut rontok?

Baca juga: Fakta Tentang Rambut Rontok yang Harus Diketahui

Hair tonic sendiri merupakan kombinasi minyak, parfum, dan alkohol yang digunakan sebagai salah satu produk perawatan rambut. Beberapa kandungan baik di dalamnya, yaitu vitamin E, etanol, vitamin B2, menthol, propilen glikol, asam laktat, hidroklorida, giberelin, serta air.

Kandungan-kandungan tersebut diklaim ampuh dalam membantu menyehatkan rambut, serta menjaga akar rambut tetap sehat. Jika mengalami kerontokan rambut, kamu tidak perlu panik, ya! Sebab ini merupakan hal yang wajar. Kamu dapat memakai hair tonic guna atasi rambut rontok! Ini kandungan dalam hair tonic yang mampu membantu mengatasi kerontokan rambut!

1. Minyak Esensial Lavender

Minyak ini dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut, karena bersifat menghasilkan pertumbuhan sel, serta mengurangi stres. Minyak ini juga bersifat antimikroba dan antibakteri, sehingga mampu meningkatkan kesehatan kulit kepala.

2. Minyak Esensial Clary Sage

Minyak ini mengandung lynalyl acetate yang sama efektifnya dengan minyak esensial lavender dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Bukan hanya itu saja, kandungan ini dapat meningkatkan kekuatan akar rambut.

3. Minyak Esensial Cedarwood

Minyak ini mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan rambut, serta menyeimbangkan kelenjar penghasil minyak pada kulit kepala. Bukan itu saja, minyak ini juga bersifat antijamur dan antibakteri yang mampu mengatasi ketombe pada kulit kepala.

4. Minyak Esensial Rosemary

Minyak ini mampu meningkatkan ketebalan dan pertumbuhan rambut, yang bekerja dengan pembentukan sel rambut, sehingga rambut yang rontok dapat tumbuh kembali dengan cepat. Bukan itu saja, minyak ini juga dapat menjaga rambut tetap kuat.

5. Minyak Esensial Thyme

Minyak ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cara merangsang kulit kepala, serta aktif mencegah kerontokan rambut. Jika dipakai secara rutin, kamu dapat memiliki rambut sehat dan tebal.

Untuk mengetahui manfaat lain yang bisa diambil dari penggunaan hair tonic, kamu dapat mendiskusikannya langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa bertanya langsung mengenai tips dan trik guna mengatasi rambut rontok.

Baca juga: Ini Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Bukan Hanya Atasi Rambut Rontok, Ini Manfaat Lain dari Hair Tonic

Efek hair tonic akan bervariasi, tergantung pada kondisi rambut. Selain ampuh dalam mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan rambut, ini manfaat lain dalam penggunaan hair tonic:

  • Mempertahankan gaya rambut tetap rapi.

  • Menjaga sel rambut tetap lembap.

  • Membantu mengurangi ujung rambut yang bercabang.

  • Meningkatkan kesehatan rambut.

  • Menjaga kelembapan kulit kepala.

  • Mengurangi ketombe.

  • Mencegah mengeringnya kulit kepala dengan melapisi kulit kepala.

Baca juga: Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Jika berniat untuk menggunakannya, kamu bisa mendapatkan berbagai macam produk hair tonic yang dijual bebas di pasaran. Namun, setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan, dapat memberikan efek samping yang berbahaya jika salah digunakan, atau memiliki bahan dasar yang memicu timbulnya reaksi alergi.

Pada sebagian orang, hair tonic dapat menimbulkan efek samping seperti, muntah, diare, iritasi kulit kepala, keracunan, sering buang air kecil, bahkan kehilangan kesadaran. Jadi, alangkah baiknya memperhatikan bahan-bahan dan kandungan di dalamnya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. Essential Oils for Hair.

Healthy Hair Lesson. Diakses pada 2020. What is Hair Tonic? 3 Amazing Benefits of Tonic- Ingredients & Effect.

Total Beauty. Diakses pada 2020. 5 Reasons Why You Need Hair Tonic in Your Life.