• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

"Rambut rontok bisa sangat menjengkelkan karena ia bisa menyebabkan kebotakan. Untungnya ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa dilakukan. Cara alami juga lebih direkomendasikan karena ia tidak menyebabkan efek samping."

Halodoc, Jakarta – Menemukan banyak rambut yang rontok setelah mencuci rambut atau ketika menyisir tentu akan membuat kamu jadi cemas. Meski sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang, tetapi kamu juga perlu mewaspadai saat rambut rontok secara berlebihan. Sebab ini bisa memicu kebotakan

Namun jangan khawatir, karena terdapat beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa kamu coba lakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Serba-Serbi Penyebab Rambut Rontok yang Sering Terjadi

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa kamu lakukan dengan bahan alami berikut ini

Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal akan khasiatnya untuk menyuburkan rambut. Namun, tidak hanya itu saja, vitamin A, D, serta zat besi dan protein yang terkandung di dalamnya juga mampu mengatasi rambut rontok, lho. Kandungan dalam aloe vera tersebut mencegah kerontokan dengan cara melindungi kulit kepala terhadap berbagai penyakit.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama lima belas menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan tersebut setiap hari secara teratur agar rambut rontok berkurang.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Kamu bisa langsung mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat dengan lembut, lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan sampo seperti keramas biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Santan

Kamu juga bisa menggunakan santan untuk membuat rambut halus dan mudah diatur, sehingga tidak rontok ketika disisir. Caranya cukup dengan mengoleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala dan diamkan selama tiga puluh menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan shampoo dan air bersih.

Yoghurt

Kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang terdapat pada yoghurt dapat memberi nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut. Kamu cukup mengoleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut sambil memijat kepala seperti sedang creambath, biarkan selama 5 menit, kemudian bersihkan rambut dengan shampoo dan air bersih.

Jika beberapa bahan alami ini tidak berhasil, maka kamu bisa coba datangi dokter di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasi rambut rontok. Kini kamu juga bisa buat janji dengan dokter melalui Halodoc supaya lebih mudah.

Baca juga: Stres Bisa Buat Uban Cepat Muncul, Benarkah?

Tips Mengurangi Rambut Rontok

Selain dengan mengikuti cara mengatasi rambut rontok di atas, kamu juga perlu menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan rambut rontok. Sebagai gantinya, kamu perlu melakukan beberapa kebiasaan baik untuk mengatasi masalah. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang seperti dikuncir atau dikepang.
  • Hentikan kebiasaan menarik dan memelintir rambut.
  • Ubah kebiasaan menggosok rambut dengan kencang saat berkeramas menjadi lebih lembut, dan hindari menggunakan kuku ketika menggaruk kulit kepala.
  • Gunakan sisir bergigi jarang.
  • Biasakan diri mengonsumsi pola makan gizi seimbang setiap hari.

Baca juga: Fakta Tentang Rambut Rontok yang Harus Diketahui

Ketahui Juga Beberapa Pemicu Rambut Rontok

Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut bisa mengalami kerontokan:

Kurang Asupan Gizi

Asupan gizi yang kurang baik menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga rambut menjadi rontok. Mereka yang sedang menjalani diet ketat juga bisa mengalami kerontokan rambut sebagai efek sampingnya. 

Perubahan Hormon

Perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan, persalinan, menopause, dan gangguan tiroid bisa menyebabkan kerontokan.

Efek Samping Obat-obatan

Obat-obatan yang kamu konsumsi juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Contohnya, obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani depresi, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Pengaruh Psikologis

Kondisi psikologis ,seperti stres, depresi, atau tekanan fisik yang berat, misalnya setelah menjalani operasi besar atau sehabis melahirkan akan menyebabkan rambut rontok.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:
Journal of Chemical and Pharmaceutical Research. Diakses pada 2021. Aloe vera: A Potential Herb and its Medicinal Importance.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Hair Loss.
Reader Digest Canada. Diakses pada 2021. 11 Natural Remedies to Treat Hair Loss You Should Try.