• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vitamin E Disebut Bisa Redakan Corona, Ini Faktanya

Vitamin E Disebut Bisa Redakan Corona, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Di tengah pandemi virus corona yang belum juga menemukan titik terang, bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus kamu jaga, tapi juga mental. Banyaknya berita-berita yang bermunculan di tengah wabah seperti ini kerap membuat masyarakat stres karena kebenaran yang masih diragukan. Faktanya, stres karena khawatir berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental kamu.

Baca juga: Butuh Berapa Lama Waktu Penyembuhan Corona

Seperti yang baru-baru ini sedang ramai dibicarakan, yaitu tentang broadcast message yang menyebut nama seorang virologi dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM sebagai sumbernya. Beliau menyebutkan bahwa vitamin E bisa dijadikan obat sebagai penangkal virus corona. Bagaimana skema vitamin E dapat menjadi penangkal virus corona?

Skema Vitamin E Mengatasi Virus Corona

Agar sistem imunitas tubuh terjaga dengan baik, tubuh membutuhkan zat gizi mikro, yaitu gizi yang mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang diperlukan. Vitamin sendiri merupakan zat esensial yang diperlukan guna membantu proses metabolisme tubuh. Persentasenya sendiri tidak banyak, tapi memiliki peran yang penting. Salah satunya adalah vitamin E, yang penting bagi daya tahan tubuh.

Di dunia medis, vitamin E dikenal dengan nama alfa tokoferol, yaitu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini berfungsi untuk memelihara daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesuburan organ reproduksi, serta menjaga kesehatan organ mata, otak, dan sel darah. Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mempertahankan fungsi membran sel.

Perlu diketahui bahwa virus corona dapat menyerang sel darah, kemudian merusak pembuluh darah di dalamnya. Berkaitan dengan hal tersebut, vitamin E sangat dibutuhkan tubuh guna menjaga pembuluh darah agar terhindar dari kerusakan virus. Bisa dikatakan bahwa proses penyembuhan virus corona akan bertumpu pada kekuatan sistem imunitas tubuh masing-masing pengidap.

Baca juga: Apakah Corona Menular saat Berhubungan Intim?

Bertumpu pada Sistem Imunitas Tubuh Masing-Masing

Hingga hari ini (2/4), virus corona telah menginfeksi ratusan ribu orang di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia, korban positif virus corona sudah berada di angka 1.677, dengan jumlah total kematian sebanyak 157 jiwa, dan total kesembuhan sebanyak 103 jiwa. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, seseorang telah melakukan langkah awal dalam menangkal proses penularan virus.

Hingga artikel ini diterbitkan, belum ada kejelasan pasti kapan vaksin corona akan tersedia. Karena hal tersebut, Kemenkes RI terus-menerus mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu menjalankan pola hidup bersih dan sehat, serta selalu menjaga daya tahan tubuh. Pola hidup bersih saja tidak cukup untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, berikut makanan dengan kandungan tinggi vitamin E yang dapat kamu konsumsi:

  • Biji bunga matahari. Biji bunga matahari, atau lebih dikenal dengan kuaci mengandung vitamin E dan selenium tinggi. Kedua kandungan tersebut mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 
  • Hazelnut. Kacang hazelnut merupakan sumber vitamin E, tembaga, dan mangan yang baik bagi tubuh. Bukan hanya itu, hazelnut mengandung asam lemak omega-6 dan omega-9 tinggi. Dengan rutin mengonsumsinya, otomatis daya tahan tubuh akan meningkat, dan badan tidak akan mudah terserang virus berbahaya. 
  • Biji labu. Biji labu mengandung vitamin E dan betakaroten yang mampu menjaga sel-sel tubuh. Buka hanya itu, biji labu merupakan sumber minyak sehat, magnesium, serta nutrisi lain yang baik dalam menjaga kesehatan tulang dan jantung.
  • Almond. Dalam satu ons kacang almond, terdapat 6,78 miligram kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dan bertugas melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Vitamin tersebut juga bertugas untuk membawa kolesterol melalui aliran darah.
  • Mangga. Selain vitamin E, mangga juga mengandung vitamin A, C, kalium, dan serat. Rutin makan mangga dapat menjaga daya tahan tubuh dan menjaga sistem pencernaan, serta kesehatan rambut, mata, dan kulit.
  • Alpukat. Bukan hanya vitamin E saja, buah alpukat juga kaya akan vitamin C. Kedua vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik untuk dikonsumsi di tengah pandemi sebagai langkah awal mencegah masuknya virus ke dalam tubuh.
  • Brokoli. Brokoli mengandung vitamin E tinggi, serta senyawa antioksidan yang berguna untuk melindungi sel dan jaringan sehat dalam tubuh.

Baca juga: Ini Alasan Pengidap TBC Lebih Mudah Terkena Virus

Jika kamu memiliki sejumlah masalah kesehatan dan ingin mengonsumsi beragam makanan yang telah disebutkan, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Meskipun makanan yang telah disebutkan mengandung vitamin dan mineral yang baik, alih-alih sehat, penyakit yang kamu alami justru akan semakin parah.

Referensi:

NCBI. Diakses pada 2020. The Role of Vitamin E in Immunity.

Diet Doctor. Diakses pada 2020. Boosting Your Immune System to Fight The Coronavirus: What You Need to Know.

Medical News Today. Diakses pada 2020. 10 Foods Rich in Vitamin E.