Mood Swing saat Kehamilan Trimester 2, Harus Bagaimana?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Oktober 2020
Mood Swing saat Kehamilan Trimester 2, Harus Bagaimana?Mood Swing saat Kehamilan Trimester 2, Harus Bagaimana?

Halodoc, Jakarta - Memasuki trimester kedua kehamilan, gejala morning sickness mungkin mulai berkurang. Namun, akan timbul masalah baru, yaitu mood swing. Ketika mengalami mood swing, ibu hamil jadi sering mengalami perubahan suasana hati yang cukup drastis. Misalnya, dari perasaan senang, lalu tiba-tiba merasa sedih dan ingin menangis.

Mood swing saat kehamilan trimester 2 itu normal terjadi. Bisa dikatakan setiap ibu hamil mungkin mengalaminya, meskipun tingkatannya berbeda-beda. Hal ini terjadi karena bergejolaknya hormon-hormon dalam tubuh ibu hamil. Misalnya, peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam darah. Hal tersebut bisa memengaruhi mood ibu hamil, sehingga jadi lebih sensitif.

Baca juga: Hal yang Terjadi pada Otak saat Hamil

Cara Mengatasi Mood Swing saat Kehamilan Trimester 2

Umumnya, mood swing saat kehamilan trimester 2 akan membaik dengan sendirinya, karena tubuh mulai beradaptasi dengan perubahan hormon. Perubahan mood sering terjadi di luar kendali. Namun, ibu hamil bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut:

1.Banyak Istirahat

Saat mengalami mood swing, cobalah untuk lebih banyak istirahat dibanding biasanya. Misalnya, dengan tidur siang atau mengambil cuti dari pekerjaan untuk bersantai-santai. Sebab, bisa jadi mood swing dipicu oleh kelelahan.

2.Jangan Lakukan Semua Sendiri

Ingin mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik menjelang kelahiran sang buah hati memang wajar. Namun, jangan melakukan semua persiapan itu sendiri, ya. Cobalah minta bantuan pada pasangan, keluarga, atau teman dekat, jika merasa suasana hati sedang tidak bagus.

Baca juga: Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Pada Trimester Ketiga

3.Lakukan Hobi

Apa kegiatan yang senang kamu lakukan? Nonton film, belanja online, atau mengobrol dengan teman? Cobalah lakukan itu saat sedang mengalami mood swing. Pastinya suasana hati akan kembali membaik.

4.Olahraga Ringan

Aktivitas fisik seperti olahraga bisa jadi mood booster yang ampuh. Namun, saat sedang hamil, pastikan untuk memilih jenis olahraga yang ringan, dan bicarakan dahulu dengan dokter, ya. Kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter tentang olahraga seperti apa yang aman dilakukan dan tips-tips bermanfaat lainnya.

5.Habiskan Waktu Berkualitas dengan Pasangan

Jangan hanya jadikan pasangan sebagai pelampiasan mood swing kamu, ya. Cobalah sedikit melunak, tunjukkan rasa sayang, dan berikan pengertian pada pasangan untuk memaklumi mood swing yang kamu alami. Alih-alih hanya bad mood sendiri, coba habiskan waktu bersama pasangan dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

6.Jangan Merasa Bersalah

Segala hal yang terjadi selama kehamilan tentu akan membuat setiap ibu kewalahan, kesal, dan tidak bisa menjalani hari-hari seperti sebelum hamil. Cobalah untuk memperbanyak berpikir positif dan hindari rasa bersalah terus-terusan. 

Baca juga: Makanan yang Dapat Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mood swing saat kehamilan trimester 2. Jika kamu merasa mood swing yang dialami lebih parah dari mood swing biasa, segera diskusikan dengan dokter atau bidan. Tentunya, mereka akan membantu memberikan penanganan yang butuhkan.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas ibu hamil untuk saling berbagi cerita dan pengalaman. Dengan begitu, kamu mungkin akan menjadi lebih kuat, karena merasa tidak sendiri lagi menghadapi segala pergolakan suasana hati saat hamil.

Referensi:
Baby Centre UK. Diakses pada 2020. Mood swings in pregnancy.
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Mood Swings During Pregnancy.
Very Well Family. Diakses pada 2020. Why You Have Mood Swings During Pregnancy and How to Cope.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan