16 May 2018

Makanan yang Dapat Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Makanan yang Dapat Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Halodoc, Jakarta — Salah satu faktor yang dapat meningkatkan perkembangan otak janin adalah asupan makan ibu. Beberapa jenis makanan dapat memberikan efek positif terhadap daya ingat bayi dan kemampuan belajarnya, lho. Apa saja nutrisi makanan yang dapat meningkatkan perkembangan otak janin ini? Yuk, baca terus artikelnya!

(Baca juga: Ini Nutrisi yang Wajib untuk Trimester Ketiga)

Omega-3

Perbanyak makanan yang kaya akan Omega-3 karena kandungan ini dapat meningkatkan kinerja otak bayi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School menunjukkan bahwa semakin banyak ikan yang dikonsumsi calon ibu selama kehamilan trimester kedua, semakin tinggi juga hasil tes perkembangan mental yang dilakukan ketika bayi sudah berumur 6 bulan.

Antioksidan dan Protein

Selain itu, konsumsi banyak buah-buahan dan sayuran yang mengandung antioksidan karena antioksidan melindungi jaringan otak bayi dari kerusakan. Tingkatkan juga konsumsi protein yang akan membantu tubuh ibu memproduksi sel-sel dan hormon yang dibutuhkan janin.

Beberapa jenis makanan yang dapat memberikan asupan protein misalnya smoothie yoghurt untuk sarapan, sup kacang-kacangan untuk makan siang, biskuit gandum yang diolesi selai kacang untuk camilan dan 3 ons daging sirloin atau tenderloin untuk makan malam.

Mineral

Ternyata, keinginan untuk makan makanan tertentu atau yang biasa disebut ngidam adalah tanda bahwa tubuh ibu membutuhkan mineral, lho. Nah, ibu bisa mengonsumsi ayam dan sereal yang difortifikasi untuk mendapatkan mineral ini. Mineral itu penting karena akan digunakan untuk menyalurkan oksigen ke janin.

Jangan lupa juga untuk minum minimal 12 gelas air putih setiap harinya karena dehidrasi dapat memicu kontraksi. Air berfungsi untuk membawa nutrisi kepada janin dan juga digunakan di kantung ketuban. Kalau ibu ingin tahu apakah makanan tertentu baik untuk perkembangan otak janin, ibu bisa pastikan langsung ke dokter yang ada di aplikasi Halodoc.

(Baca juga: Tips Memenuhi Nutrisi Saat Berpuasa Bagi Ibu Hamil)

Selain tanya jawab dengan dokter, ibu juga bisa membeli vitamin dan cek lab secara online melalui aplikasi ini, lho. Vitamin yang ibu pesan akan diantarkan ke tempat tujuan dalam waktu satu jam, sementara petugas lab akan mendatangi ibu di waktu yang sudah ibu tentukan. Nikmati praktisnya hidup sehat dengan download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store!