• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mulai 7 Kegiatan Morning Routine untuk Mood Booster
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mulai 7 Kegiatan Morning Routine untuk Mood Booster

Mulai 7 Kegiatan Morning Routine untuk Mood Booster

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 November 2022

“Sarapan sehat, olahraga, tidak melihat handphone, membuat jurnal, adalah beberapa kegiatan morning routine yang baik untuk mood booster.”

Mulai 7 Kegiatan Morning Routine untuk Mood BoosterMulai 7 Kegiatan Morning Routine untuk Mood Booster

Halodoc, Jakarta –  Morning routine yang baik dapat meningkatkan kesehatan mental dan membuat kamu merasa berenergi setiap hari. Energi ini akan bertahan sepanjang hari untuk memberikan jadwal tidur yang lebih terstruktur, sehingga memungkinkan kamu untuk membangun kebiasaan yang baik. 

Morning routine seperti sarapan, melakukan olahraga, minum air putih, dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta menyehatkan pikiran. Senantiasa berada dalam morning routine yang baik pun dapat menjadi mood booster dalam melakukan aktivitas harian. Informasi selengkapnya mengenai morning routine bisa dibaca di sini!

Morning Routine Sehat yang Bisa Dicontoh

Jika kamu termasuk orang yang kerap cranky setiap bangun pagi, mungkin kamu membutuhkan morning routine untuk meningkat mood booster. Seperti apa kegiatan morning routine yang baik untuk mood? Berikut beberapa jenisnya:

1. Bangun Tanpa Memegang Handphone Terlebih Dahulu 

Informasi di ponsel dapat memicu stres saat kamu baru bangun pagi. Sebaiknya jauhkan ponsel dan jangan jadikan melihat ponsel sebagai aktivitas pertama yang dilakukan. 

Sebaliknya kamu bisa mengambil segelas air putih dan minum air. Mulailah morning routine dengan segelas air untuk membantu menghidrasi tubuh dan mengisi kembali cairan yang hilang sepanjang malam.

2. Melakukan Afirmasi Positif 

Afirmasi positif adalah frasa yang kamu ulangi secara verbal atau non-verbal untuk mengatur mood untuk hari Ini. Contoh afirmasi bisa dengan mengatakan, “Hari ini akan menjadi hari yang baik. Saya akan memberikan yang terbaik dalam semua tugas saya.

3. Menarik Napas Dalam-Dalam

Ambil napas dalam-dalam sehingga perut mulai memanjang dan hembuskan melalui hidung. Rutinitas pernapasan cepat selama lima menit dapat membantu sistem saraf pusat untuk menjadi  rileks dan menekan perasaan cemas yang mungkin kamu  alami hari ini.

4. Bermeditasi

Stres dapat meningkatkan produksi kortisol, hormon yang mengaktifkan respons “lawan-atau-lari”. Bermeditasi selama beberapa menit setiap pagi dapat membantu kamu menjadi fokus pada hari ke depan dan menenangkan kecemasan yang mungkin kamu alami. 

5. Peregangan

Peregangan pagi yang sederhana juga dapat membantu mengalirkan darah dan mengendurkan otot-otot yang mungkin menegang saat tidur. Beberapa peregangan yang bisa kamu lakukan sebagai morning routine adalah: 

  • Yoga

Rutinitas yoga lima menit dapat membantu menghilangkan stres, memberikan relaksasi, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur 

  • Membuat Jurnal

Menuliskan pemikiran setiap pagi dalam jurnal adalah cara untuk melatih rasa syukur dan mengingatkan diri sendiri tentang apa yang bisa kamu syukuri hari ini. Menulis juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan kreativitas sepanjang hari dan membuat perencanaan.

6. Membaca

Mirip dengan menulis jurnal, membaca setiap pagi membantu menciptakan mood positif dan menginspirasi otak untuk berkreasi sepanjang hari. Membaca bisa sesederhana puisi, novel, atau kitab suci.

7. Sarapan Sehat

Makan sarapan bergizi akan memberikan energi dan mood booster untuk menjalani hari. Pertimbangkan untuk makan roti gandum utuh, buah, yogurt, dan segenggam biji-bijian atau kacang-kacangan. 

Beberapa pilihan di atas hanyalah sebagian rekomendasi dari kegiatan morning routine untuk meningkatkan mood booster. Kamu bisa menemukan rutinitasmu sendiri yang pastinya menyehatkan dan baik untuk kesehatan jiwa.

Bila kamu merasa mengalami tanda-tanda depresi, sebaiknya jangan dibiarkan saja. Kamu bisa bertanya ke psikiater atau psikolog menggunakan aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Psych Central. Diakses pada 2022. 8 Ways to Relax and Boost Your Mood in the Mornings.
Integris Health. Diakses pada 2022. Morning Routines for Stress Relief.