Mengenal Arti Bad Mood dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Desember 2023

“Bad mood adalah kondisi emosional negatif yang dapat terjadi akibat stres, kelelahan, atau pengalaman buruk. Hal ini dapat diatasi dengan bergerak aktif, banyak tertawa, dan menerapkan pola hidup sehat.”

Mengenal Arti Bad Mood dan Cara Ampuh untuk MengatasinyaMengenal Arti Bad Mood dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya

DAFTAR ISI

1. Apa itu Arti Bad Mood?

2. Cara Efektif Mengatasi Bad Mood


Halodoc, Jakarta – Bad mood atau suasana hati yang buruk adalah kondisi emosional di mana seseorang merasa sedih dan terlihat tidak bersemangat. Hal ini dapat terjadi akibat stres, kelelahan, atau pengalaman negatif. 

Bad mood sering kali memengaruhi energi, motivasi, dan persepsi individu terhadap lingkungan sekitar. Mereka juga merasa sulit berkonsentrasi atau merasa tertekan tentang kondisinya.

Mau tahu lebih jauh mengenai arti bad mood dan cara ampuh untuk mengatasinya? Berikut ulasannya!

Apa itu Arti Bad Mood?

Seseorang yang sedang dalam keadaan bad mood cenderung kurang sabar, kasar, mudah marah, dan kesulitan bergaul. Perasaan ini umumnya bersifat sementara dan biasanya dipengaruhi oleh situasi sekitar.

Bad mood merupakan respons tubuh terhadap hal-hal yang negatif yang terjadi sehari-hari. Untuk mengembalikan keseimbangan emosional, kamu bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Dalam beberapa kasus, bad mood bisa terjadi berkepanjangan dalam waktu yang lama. Hal ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan mental yang lebih serius, seperti depresi atau kecemasan. 

Jadi, jika bad mood berlanjut atau bahkan memburuk, penting untuk mencari dukungan profesional dari ahlinya. Perawatan yang sesuai dapat membantu individu memahami dan mengatasi penyebab yang mendasari.

Salah satu tips mengatasinya adalah dengan menenangkan hati dan pikiran yang negatif. Terkait dengan langkah tepatnya, kamu bisa baca dalam artikel ini: 7 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran saat Bad Mood.

Cara Efektif Mengatasi Bad Mood

Bad mood perlu diatasi dengan langkah yang tepat karena bisa berdampak negatif pada kesejahteraan emosional dan fisik seseorang. Ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Bergerak aktif

Studi berjudul Changes in mental health in compliers and non-compliers with physical activity recommendations in patients with stress-related exhaustion yang terbit pada BMC Psychiatry menemukan, aerobik sangat baik untuk melepas endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati. 

Studi juga menjelaskan, latihan aerobik adalah olahraga yang meningkatkan detak jantung, sama seperti jogging, berenang, bersepeda, jalan cepat, atau menggunakan elliptical trainer

2. Banyak tertawa

Penelitian Laughter therapy: A humor-induced hormonal intervention to reduce stress and anxiety yang terbit pada Current Research in Physiology menemukan, tertawa terbukti meningkatkan dopamin dan endorfin, yakni bahan kimia yang meningkatkan mood. 

Studi juga menjelaskan, dopamin dan endorfin ini memberi oksigen pada tubuh dan mendinginkan sistem respons stres. Hal ini berujung pada peningkatan perasaan tenang dan bahagia.

Ketahui di sini yang terjadi pada otak saat sedang tertawa: Yang Terjadi pada Otak saat Tertawa

3. Terapkan pola hidup sehat

Menjaga kesehatan fisik dan mental dengan menerapkan pola hidup sehat bisa menyeimbangkan emosional, meningkatkan harga diri, dan berkontribusi pada kesejahteraan serta perasaan bahagia secara keseluruhan.

Salah satunya bisa kamu lakukan dengan membatasi konsumsi alkohol. Pasalnya, alkohol bisa membesar-besarkan perasaan negatif dan membuat seseorang jadi lebih mudah marah atau agresif, bahkan tertekan.

4. Belajar berpikiran lebih positif

Berpikir positif dapat merangsang pelepasan hormon endorfin dan serotonin dalam otak. Keduanya adalah ‘hormon kebahagiaan’ yang dapat meningkatkan suasana hati dan meredakan stres.

Melihat situasi dari sudut pandang yang lebih positif juga dapat membantu mengubah persepsi terhadap masalah. Hal ini memungkinkan seseorang untuk fokus pada solusi daripada terjebak dalam perasaan negatif.

Mau tahu apa saja aktivitas yang dapat menjadi mood booster? Baca di artikel ini: “Ini Pengertian dan 7 Aktivitas yang Dapat Dijadikan Mood Booster

5. Bicara dengan orang terdekat

Mendengarkan dan berbagi perasaan dengan seseorang yang peduli dapat memberikan rasa pengertian dan kehangatan. Hal ini tak hanya dapat meredakan stres dan ketegangan emosional, tapi juga menghilangkan bad mood.

Jika sedang jauh dari orang terdekat, kamu bisa mencoba mengajak ngobrol dirimu sendiri. Ketahui manfaatnya di sini: Berbicara atau Curhat dengan Diri Sendiri Ternyata Baik untuk Mental

Itulah arti bad mood dan cara ampuh mengatasinya. Hubungi psikolog klinis di Halodoc apabila masih mengalami kesulitan dalam mengatasi kondisi tersebut yang mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

Referensi:
BMC Psychiatry. Diakses pada 2023. Changes in mental health in compliers and non-compliers with physical activity recommendations in patients with stress-related exhaustion.
Current Research in Physiology. Diakses pada 2023. Laughter therapy: A humor-induced hormonal intervention to reduce stress and anxiety.
Psychology Health Care. Diakses pada 2023. How to be Happier, 7 Ways to Improve Your Mood.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan