Mulai Kerja setelah Libur Lebaran, Lakukan 6 Hal Ini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Mei 2022

“Langsung kerja setelah libur lebaran merupakan hal yang menantang untuk dihadapi. Diperlukan persiapan mulai dari membuat jadwal pekerjaan prioritas hingga meningkatkan imunitas sebelum mulai bekerja.”

Mulai Kerja setelah Libur Lebaran, Lakukan 6 Hal IniMulai Kerja setelah Libur Lebaran, Lakukan 6 Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Banyak peristiwa yang menyenang sepanjang Lebaran, salah satunya tentu menikmati masa-masa libur kerja dengan berkumpul dengan keluarga di rumah. Sayangnya, libur Lebaran telah usai. Kini, saatnya kamu kembali menjalani aktivitas biasa dan bekerja. 

Kerja setelah libur Lebaran sering terasa berat dan menantang, untuk menghadapinya diperlukan persiapan yang baik. Setelah menjalani libur yang cukup panjang, biasanya orang sulit kembali fokus bekerja, sehingga produktivitas dapat menurun. Jangan khawatir, kamu dapat menemukan beberapa cara mengembalikan produktivitas kerja setelah liburan disini!

Persiapan Kerja setelah Libur Lebaran

Menikmati hari libur Lebaran tentu menjadi momen yang membahagiakan bagi sebagian orang. Melansir Psychology Today, seseorang yang gemar berkumpul dengan keluarga dapat memiliki dampak positif pada kesehatan.

Di antaranya, seperti mengurangi kondisi stres, memperpanjang usia, mengurangi gangguan pada otak, hingga memiliki kesehatan tubuh yang optimal.

Tidak hanya itu, momen libur hari Lebaran juga dapat digunakan untuk bersantai dan melupakan sejenak pekerjaan sehari-hari yang tentunya membuat kamu merasa lelah atau stres. Namun, jangan lupa kembali beraktivitas ketika libur Lebaran telah usai. Beberapa orang terkadang merasakan kondisi stres saat masa liburan telah berakhir.

Tidak jarang, kondisi ini justru membuat produktivitas semakin menurun. Jika kamu merasa sedih, muram, stres, saat libur Lebaran telah berakhir, sebaiknya segera lakukan beberapa cara ini agar produktivitas kamu kembali optimal.

1. Buatlah Jadwal Pekerjaan Sesuai Prioritas

Bingung harus mengerjakan apa di kantor setelah liburan? Tidak ada salahnya membuat jadwal pekerjaan prioritas yang harus kamu selesaikan pada hari pertama kembali bekerja. Hari pertama bekerja setelah menjalankan masa libur memang cukup berat. Namun dengan membuat jadwal pekerjaan, kamu kembali terbiasa dengan jadwal pekerjaan yang harus dikerjakan dan produktivitas kembali normal. 

2. Dengarkan Musik Kesukaan

Melansir studi dari Atlanta Institute of Music & Media College, mendengarkan musik kesukaan menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengubah suasana hati menjadi lebih positif. Jadi, tidak ada salahnya memulai hari kerja kamu dengan mendengarkan musik yang menyenangkan agar produktivitas kerja kamu dapat kembali normal.

3. Perhatikan Lingkungan Kerja

Hari pertama masuk kerja, tidak ada salahnya untuk membersihkan atau membereskan meja kerja yang selama ini ditinggal untuk berlibur. Meja kerja yang rapi memengaruhi produktivitas kerja seseorang. Jadi, pastikan meja kerja rapi dan terasa nyaman, ya!

4. Mulailah Bekerja

Rasa malas dan bosan bisa dihindari dengan memulai pekerjaan. Mulailah pekerjaan dari yang paling mudah untuk dikerjakan. Setelah produktivitas kembali normal, kamu bisa memulai mengerjakan pekerjaan yang lain. Hindari melakukan berbagai pekerjaan dalam waktu yang bersamaan karena dianggap menurunkan kualitas pekerjaan.

5. Datang dan Pulang Tepat Waktu di Hari Pertama Kerja

Jika kamu cenderung sering terlambat datang ke kantor di hari biasa, maka sebaiknya datang tepat waktu di hari pertama setelah libur Lebaran. Begitu juga saat pulang kerja. 

Hanya karena kamu baru saja libur Lebaran, bukan berarti harus menghabiskan banyak waktu di tempat kerja. Jadi, usahakan untuk meninggalkan tempat kerja tepat waktu. 

6. Penuhi Istirahat Sebelum Mulai Hari Kerja

Sebaiknya penuhi kebutuhan istirahat sebelum kembali bekerja. Kamu dapat menghabiskan waktu satu hari untuk melakukan hal yang membuat kamu senang, mengonsumsi makanan sehat, dan olahraga ringan. Selain itu, kamu perlu meningkatkan imunitas sebelum kembali bekerja setelah libur Lebaran.

Pentingnya untuk meningkatkan imunitas sebelum kembali bekerja. Yuk, tingkatkan imunitas & beli vitamin di Halodoc, hemat up to 50% setiap hari Selasa. Pasti gratis ongkir + jaminan termurah*. Cek kebutuhan vitamin di toko kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

*S&K berlaku

Referensi:
Life Hack. Diakses pada 2022. 50 Ways to Increase Productivity and Achieve More in Time Less
Forbes. Diakses pada 2022. 10 Incredibly Easy Ways to Improve Your Productivity
Atlanta Institute of Music & Media College. Diakses pada 2022. How Does Music Affect Your Mood?
Bustle. Diakses pada 2022. 11 Ways to Successfully Get Back to Work After Your Vacation
Traveller. Diakses pada 2022. How to Beat The Post Holidays Blues
Psychology Today. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Socializing

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan