Muncul Bisul Tanpa Mata? Ini 5 Cara Mengobatinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 November 2022

“Air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi di area yang bengkak dan membawa lebih banyak sel darah putih serta antibodi untuk melawan infeksi. Mengompres air hangat adalah cara terbaik untuk mengempiskan bisul tanpa mata.”

Muncul Bisul Tanpa Mata? Ini 5 Cara MengobatinyaMuncul Bisul Tanpa Mata? Ini 5 Cara Mengobatinya

Halodoc, Jakarta –  Bisul adalah infeksi yang umum dan menyakitkan pada folikel rambut dan kulit di sekitarnya. Bisul bisa menyebabkan kemunculan benjolan merah, kemudian terisi dengan nanah saat sel darah putih masuk untuk melawan infeksi. 

Namun, bisul tidak selalu diiringi dengan nanah, ada juga bisul yang muncul tanpa mata. Sebagian besar bisul disebabkan oleh bakteri staph (Staphylococcus aureus), yang disebabkan infeksi karena kulit tergores kemudian masuk bakteri. Apakah ada perbedaan cara mengobati bisul tanpa mata dan bisul dengan mata? Baca selengkapnya di sini!

Mengompres Air Hangat untuk Penanganan Bisul Tanpa Mata

Baik bisul tanpa mata ataupun bisul dengan mata memiliki cara pengobatan yang kurang lebih sama, yaitu:

1. Kompres Air Hangat

Air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi di area yang bengkak, dan membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi ke area tersebut untuk melawan infeksi. 

Mengompres air hangat adalah cara terbaik untuk mengempiskan bisul. Oleskan kompres hangat ke area tersebut selama 20 menit setiap kali dan lakukan aktivitas ini tiga atau empat kali sehari, setiap hari, sampai bisulnya hilang.

2. Mengoleskan Tea Tree Oil 

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat sehingga membantu mengobati baik bisul tanpa mata dan bisul dengan mata. Antibakteri dan antiseptik pada tea tree oil dapat mengobati infeksi bakteri penyebab bisul.

Namun, tea tree oil tidak boleh dioleskan langsung ke kulit, karena dapat menimbulkan efek terbakar. Sebagai gantinya, campurkan lima tetes tea tree oil  dengan minyak kelapa atau minyak zaitun.

3. Bubuk Kunyit 

Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi kunyit dapat membantu menyembuhkan bisul tanpa mata dan menghilangkannya dengan cepat.

4. Garam Epsom

Garam epsom bukan hanya obat relaksasi, tetapi juga dapat membantu mengatasi bisul. Garam epsom dapat membantu mengeringkan nanah, menyebabkan bisul mengering. 

Larutkan garam epsom dalam air hangat dan rendam kompres di dalamnya. Oleskan kompres ke area tersebut selama 20 menit setiap kali. Lakukan ini setidaknya tiga kali sehari sampai bisul hilang.

5. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat, yang merupakan anti-inflamasi alami dan ampuh bekerja mengeringkan bisul tanpa mata. Bila dikombinasikan dengan sifat antibakteri, menjadikan minyak jarak sebagai pengobatan alami yang bagus untuk bisul.

Perlu kamu ketahui kalau bisul tanpa mata terkadang tidak bisa sembuh dengan pengobatan rumahan. Kamu perlu melakukan pemeriksaan dokter bila bisul menunjukkan gejala sebagai berikut: 

  • Bisul terus membesar meski sudah diobati dengan beberapa pilihan obat di atas.
  • Bisul belum sembuh atau berkurang setelah seminggu.
  • Bisul semakin membesar bahkan sebesar bola pingpong atau lebih.
  • Kulit di sekitar bisul berwarna merah cerah atau terdapat garis-garis merah yang memanjang.
  • Bisul sangat menyakitkan.
  • Terdapat gumpalan lain di dekat bisul.
  • Mengalami bisul berulang selama beberapa bulan.
  • Mengidap diabetes. 

Informasi selengkapnya mengenai penanganan bisul ataupun penyakit lainnya bisa kamu dapatkan lewat aplikasi Halodoc ya! Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Stye.
WebMD. Diakses pada 2022. Boils.
Healthline. Diakses pada 2022. Home Remedies for Boils.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan