31 May 2018

6 Perubahan Fisik Saat Hamil yang Bikin Wanita jadi Tidak Pede

6 Perubahan Fisik Saat Hamil yang Bikin Wanita jadi Tidak Pede

Halodoc, Jakarta – Tidak bisa dimungkiri wanita hamil mengalami perubahan fisik saat hamil akibat dari perubahan hormon. Pada akhirnya, kondisi ini membuat wanita hamil cenderung tidak percaya diri. Belum lagi ditambah kegelisahan, kekhawatiran serta emosi-emosi lainnya yang terjadi karena mood. Perubahan fisik saat hamil yang paling mendominasi membuat wanita tidak pede adalah beberapa hal di bawah ini:

  1. Kaki dan tangan Membengkak

Biasanya di usia kandungan yang merangkak naik, perubahan fisik yang umum terlihat pada wanita hamil adalah kaki dan tangan membengkak. Ini hal yang wajar karena saat hamil wanita melepas hormon-hormon yang dapat memicu tubuh menahan lebih banyak cairan dan garam. Wanita hamil tidak perlu sedih, pembengkakan ini bisa dikurangi dengan cara melakukan olahraga seperti jalan pagi atau yoga. Bisa juga dengan mengganjal kaki saat tidur untuk memperbaiki sirkulasi darah serta mengurangi konsumsi garam yang terlalu banyak.

  1. Jerawatan

Perubahan fisik saat hamil lainnya yang kerap mengganggu wanita hamil adalah jerawatan parah di wajah bahkan punggung. Sebenarnya, ketika hormon wanita sudah kembali ke kondisi normal, jerawat bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, kalau kondisi sudah sangat mengganggu banget, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahlinya.

Ibu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Selain itu, ibu juga bisa meminta saran atau pun informasi seputar nutrisi sehat dan tubuh bugar selama kehamilan. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

  1. Rambut Lepek dan Berminyak

Kondisi fisik lainnya yang mengalami perubahan selama kehamilan adalah rambut lepek dan berminyak. Lagi-lagi perubahan hormon membuat wanita hamil memproduksi minyak berlebih, selain di wajah juga di kulit kepala. Hal ini membuat rambut lebih sering lepek dan berminyak. Tidak perlu terlalu merisaukan kondisi ini. Cukup rajin membersihkan rambut dan kalau perlu supaya terlihat fresh tidak ada salahnya wanita hamil mengganti tatanan rambut dengan cara memendekkannya.

  1. Berat Badan yang Bertambah

Kondisi yang bikin tidak pede lainnya adalah berat badan yang bertambah. Justru ini adalah kondisi yang wajar, kalau berat badan tidak bertambah malah perlu khawatir. Padahal sebenarnya saat hamil, wanita justru lebih bercahaya dan tampak lebih cantik walaupun tubuhnya membesar. Yang perlu dilakukan supaya mood tetap oke dan percaya diri adalah memadu padankan fashion serta menjaga kebersihan tubuh saja. Aura alami dan keibuan dari wanita justru mengalami puncaknya saat menjalani kehamilan.

  1. Munculnya Wasir

Perubahan fisik saat hamil yang tidak hanya bikin enggak pede tetapi juga kurang nyaman adalah munculnya wasir. Kondisi ini terjadi karena hormon progesteron yang meningkat untuk memperkuat dan menahan janin di dalam rahim. Aktivitas hormon ini sekaligus menghambat saluran pencernaan. Ukuran janin yang membesar juga bisa mendesak pembuluh darah di sekitar perut dan panggul. Asupan zat besi yang tinggi di dalam tubuh wanita hamil juga mempersulit buang air besar sehingga menimbulkan wasir.

  1. Munculnya Stretch Mark

Perubahan lainnya yang bikin kurang pede adalah munculnya stretch mark yang sering terlihat pada betis, bokong, dan perut. Salah satu cara untuk mengurangi stretch mark adalah dengan mengusapkan olive oil ke bagian tubuh yang muncul stretch mark sambil dipijat dengan lembut. Jangan menggaruk bagian stretch mark  karena akan membuat perubahan fisik saat hamil.