Murah dan Mudah Dibuat, Ini Manfaat Masker Putih Telur

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Desember 2022

"Masker putih telur punya sejumlah manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Seperti mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit sampai melawan tanda-tanda penuaan. Bahannya juga tergolong murah dan mudah dibuat."

Murah dan Mudah Dibuat, Ini Manfaat Masker Putih TelurMurah dan Mudah Dibuat, Ini Manfaat Masker Putih Telur

Halodoc, Jakarta – Telur adalah sumber protein terbaik yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain dikonsumsi, bagian putihnya kerap digunakan sebagai masker wajah. Kandungan vitamin dan mineralnya diklaim mampu menutrisi kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Masker ini juga cocok untuk pemilik wajah berminyak. Sebab, putih telur ampuh mengangkat kelebihan minyak dan mengurangi produksi sebum di wajah. Alhasil, wajah tetap lembap dan sehat. 

Manfaat dan Cara Membuat Masker Putih Telur

Berikut sejumlah manfaat lain dan cara membuat masker putih telur:

1. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

Kandungan protein, vitamin dan mineralnya mampu menutrisi sekaligus mencerahkan kulit yang kusam. Untuk mendapatkan efek ini, siapkan satu telur dan ambil bagian putihnya saja. 

Campurkan dengan satu sendok teh perasan jeruk dan setengah sendok teh bubuk kunyit. Oleskan masker sampai merata ke seluruh wajah. Biarkan sampai mengering lalu bilas. Kemudian, gunakan pelembap agar kulit tetap lembap. Lakukan perawatan wajah ini seminggu sekali. 

2. Melawan Tanda-tanda Penuaan

Melawan Tanda-tanda Penuaan

Masker putih telur juga dapat mengencangkan wajah sehingga dapat meminimalisir tanda-tanda penuaan. Efek ini berasal dari riboflavin yang menjaga tingkat kolagen tubuh dan melawan radikal bebas. 

Nah, untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan satu butir putih telur dengan satu sendok teh minyak jarak dan satu sendok teh lidah buaya. Campurkan dan oleskan ke wajah. Biarkan mengering setidaknya 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan pelembap. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

3. Mengurangi Kantung Mata

Mengurangi Kantung Mata

Putih telur ternyata dapat membantu mengurangi kantung mata. Efek ini berasal dari sifat mengencangkannya. Campurkan satu butir putih telur dengan satu sendok minyak pohon teh dan perasan jeruk. Oleskan ke wajah sampai merata. Biarkan mengering dan bilas. Jangan lupa gunakan pelembap setelahnya. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk melihat hasilnya.

4. Mengobati Jerawat

Mengobati Jerawat

Putih telur mengandung lisosom yang membunuh bakteri penyebab jerawat. Jika digunakan secara rutin, masker putih telur bisa mencegah jerawat maupun membantu jerawat cepat kempes. Campurkan satu butir putih telur dengan satu sendok perasan lemon dan setengah sendok teh madu. 

Oleskan ke wajah dan biarkan mengering. Setelah mengering sempurna, bilas sampai wajah bersih dari masker. Jangan lupa gunakan pelembap setelahnya. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk melihat hasilnya.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar perawatan wajah, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Style Craze. Diakses pada 2022. 7 Homemade Egg White Face Masks For Clear Skin.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Are egg white face masks good for your skin?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan