• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Nyeri saat Buang Air Kecil Jadi Gejala Sakit Ginjal?

Nyeri saat Buang Air Kecil Jadi Gejala Sakit Ginjal?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami nyeri saat buang air kecil? Bisa jadi kamu mengalami disuria. Disuria terjadi ketika seseorang mengalami ketidaknyamanan saat buang air kecil. Tidak hanya rasa nyeri, seseorang yang mengalami disuria disertai gejala lain, seperti rasa panas atau sensasi terbakar.

Baca juga: Sering Buang Air Kecil, Bisa Disebabkan Oleh 6 Penyakit Ini

Namun, apakah disuria bisa menjadi gejala sakit ginjal? Nyeri saat buang air kecil bisa menjadi salah satu tanda sakit ginjal yaitu batu ginjal. Yuk, tidak ada salahnya untuk mengetahui gejala dari batu ginjal selain nyeri saat buang air kecil.

Kenali Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal adalah salah satu penyakit yang umum terjadi pada orang-orang yang memasuki usia 40 tahun ke atas. Menurut American Kidney Fund, batu ginjal sering dialami oleh pria dibandingkan wanita. Beberapa kondisi yang meningkatkan risiko kamu kena batu ginjal, seperti kurang mengonsumsi air putih, kelebihan berat badan, dan riwayat keluarga dengan penyakit serupa.

Batu ginjal merupakan endapan keras yang terbentuk dari beberapa kandungan zat, seperti asam urat dan kalsium yang terdapat dalam air kencing. Batu ginjal umumnya berada di dekat ginjal atau dekat dengan kandung kemih. Menurut UK National Health Service, ada beberapa gejala yang menjadi tanda penyakit batu ginjal, yaitu demam, terdapat darah pada urine, infeksi kandung kemih, mengeluarkan keringat, dan alami nyeri yang hilang timbul.

Jangan ragu untuk segera kunjungi rumah sakit terdekat ketika kamu merasakan gejala yang disebabkan oleh penyakit batu ginjal atau gangguan pada ginjal. Kamu bisa membuat janji dengan dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Jadi, setibanya di rumah sakit, tidak perlu mengantre lagi. Lebih mudah, kan?

Baca juga: Sering Nahan Pipis, Ketahui Bahayanya

Jangan khawatir, penyakit batu ginjal dapat dicegah. Cara ini juga bisa kamu lakukan di rumah. Dilansir dari American Kidney Fund, salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit batu ginjal dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Pastikan kamu mengonsumsi air yang cukup setiap hari. Dengan membuat tubuh terhidrasi, kamu terhindar dari gangguan kesehatan, salah satunya penyakit batu ginjal.

Nyeri saat Buang Air Kecil, Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Ternyata, tidak hanya kondisi sakit ginjal yang dapat membuat kamu merasa nyeri saat buang air kecil. Nyeri saat buang air kecil juga bisa menjadi tanda dari beberapa penyakit ini:

1. Infeksi Prostat

Infeksi prostat dapat menyebabkan seseorang alami rasa nyeri ketika buang air kecil. Infeksi ini bisa dialami pria yang berusia di atas 50 tahun.

2. Infeksi Vagina

Setiap wanita rentan alami infeksi vagina yang dapat menyebabkan rasa nyeri ketika buang air kecil. Infeksi vagina, atau dikenal dengan vaginitis memiliki gejala yang lain, seperti munculnya keputihan yang berbau, rasa gatal yang berlebihan, dan nyeri ketika berhubungan intim.

Baca juga: Terlalu Sering Kencing, Indikasi Tubuh Tidak Sehat?

Jadi, jangan sepelekan rasa nyeri yang muncul ketika buang air kecil. Segera periksakan diri ke dokter ketika gejala berlangsung terus-menerus. Penanganan yang dilakukan lebih awal tentu memperbesar peluang kesembuhan kamu.

Referensi:

American Kidney Fund. Diakses pada 2020. What Are The Causes and Risk Factors of Kidney Stones?
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. What Causes Kidney Stones
UK National Health Service. Diakses pada 2020. Kidney Stones