Pentingnya Penuhi Cairan Tubuh untuk Kesehatan

Hidup Sehat, cairan tubuh

Halodoc, Jakarta - Cairan sangat penting bagi tubuh manusia, terutama yang berasal dari air putih. Tanpa cairan, tubuh akan dehidrasi, lemah, dan kesehatan pun akan terganggu. Itulah sebabnya banyak pakar yang menyarankan untuk meminum air putih setidaknya 8 gelas per hari guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Mungkin kamu bisa menahan lapar lebih lama, tapi kamu tidak akan sanggup jika menahan haus lebih lama.

Inilah bukti bahwa pentingnya kamu memenuhi cairan tubuh untuk kesehatan:

  1. Sebagai Daya Kinerja Otak dan Energi

Manfaat air putih yang sangat penting bagi tubuh yaitu mampu meningkatkan kekuatan otak. Otak manusia terbuat dari 73 persen air. Dengan banyak mengonsumsi air putih akan memberikan manfaat pada otak. Manfaat air putih bagi otak akan membuat kamu lebih fokus, mudah berpikir, berkonsentrasi, dan tetap dalam keadaan terjaga atau waspada.

Baca juga: Penumpukan Cairan di Paru-Paru Bisa Sebabkan Efusi Pleura

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga akan memengaruhi tingkat energi seluruh tubuh kamu. Air putih dapat memberimu energi, sehingga kamu tidak akan mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan, terutama air putih, bisa membuat otak kamu mengalami dehidrasi.

  1. Mengeluarkan Toksin dalam Tubuh

Tubuh kamu tentu akan menghasilkan ampas atau toksin dalam tubuh. Air putih berfungsi untuk mengeluarkan toksin-toksin tersebut. Air putih sebagai penolong untuk mengeluarkan toksin tersebut dari tubuh kamu, serta membuang zat yang berisiko bagi kesehatan melalui keringat dan urine. Hal ini menjadikan tubuh terhindar dari penyakit batu ginjal.

  1. Kulit Lebih Sehat

Cairan air putih juga bermanfaat bagi kesegaran kulit. Air putih memberikan efek agar tidak terlihat kering dan mudah berkerut. Air putih juga membantu melembapkan kulit, membuat kulit menjadi segar, dan menyamarkan kerutan. Kulit manusia termasuk dalam organ tubuh, sehingga penting untuk menjaganya. Apabila tubuh kekurangan cairan, kulit akan tampak kering, tidak kencang, bersisik, bahkan bisa sebabkan munculnya kerutan.

Baca juga: Alami Hiponatremia, Ketahui 10 Gejalanya

  1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Dengan rutin menambah cairan pada tubuh, maka akan membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun. Sistem imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sistem kekebalan tubuh pun akan menjadi lebih kuat.

Air membawa oksigen pada sel-sel tubuh, sehingga sistem menjadi lancar. Di samping itu, air pun bisa membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik. Manfaat air putih juga terbukti mengurangi risiko kanker kandung kemih.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Rasa lelah dan lesu pada tubuh terjadi karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka itu, perlu bagi kamu untuk mengonsumsi air putih. Apabila tubuh kekurangan cairan, kerja pacu jantung akan semakin keras, sehingga jaringan dalam tubuh pun tidak berfungsi optimal.

Air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati seseorang. Dehidrasi justru akan memengaruhi suasana hati seseorang menjadi turun dan tidak bersemangat. Dengan asupan cairan yang cukup, maka suasana hati akan kembali positif.

Baca juga: Trik Agar Kebutuhan Cairan Tubuh Tetap Terpenuhi Setiap Hari

Nah, itulah bukti bahwa cairan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jadi sebaiknya jangan malas lagi untuk menambah cairan untuk tubuh kamu. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan akibat kekurangan cairan, sebaiknya komunikasikan masalah kamu pada dokter. Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, kini kamu bisa lho langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!