• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Obat Batuk Alami yang Aman untuk Ibu Menyusui

Obat Batuk Alami yang Aman untuk Ibu Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sama seperti pada masa kehamilan, ibu juga sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi obat pada masa menyusui. Hal ini karena obat-obatan yang ibu minum berpotensi untuk terserap ke dalam ASI dan memengaruhi kondisi kesehatan bayi. Lantas, bagaimana bila ibu menyusui batuk? Jangan minum obat, ini pilihan obat batuk alami yang aman untuk ibu menyusui.

Baca juga: 4 Gangguan Kesehatan yang Sering Dialami Ibu Menyusui

Obat-obatan bukan satu-satunya pilihan untuk mengatasi batuk yang mengganggu. Apalagi bila ibu merasa tidak aman minum obat batuk saat sedang menyusui. Karena itu, dibanding minum obat, ibu bisa mencoba berbagai pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi batuk saat menyusui berikut ini:

  • Minum Banyak Cairan

Untuk meredakan tenggorokan yang gatal dan hidung tersumbat, ibu bisa meminum banyak cairan, seperti kaldu hangat, teh tanpa kafein, jus, air dengan lemon atau madu. Sup ayam juga sangat membantu untuk mengurangi penyumbatan dan penumpukan lendir pada tenggorokan. Selain itu, ibu juga bisa berkumur air garam untuk menenangkan tenggorokan yang mempunyai efek yang sama seperti memakan permen pelega tenggorokan.

  • Banyak Beristirahat

Penting juga bagi ibu menyusui untuk banyak beristirahat saat sedang mengalami batuk. Ibu menyusui mungkin sulit untuk bisa beristirahat sepenuhnya, karena harus mengurus bayi yang baru lahir dan mungkin juga mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga. Namun, ibu tetap harus memperlambat dan membatasi tingkat aktivitas ibu. Hal ini karena istirahat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu ibu untuk pulih lebih cepat.

  • Memasang Pelembap Udara di Kamar

Pelembap udara dapat membuat saluran hidung dan tenggorokan ibu tetap lembap, sehingga membantu mengurangi rasa sakit. Selain memasang pelembap udara, ibu juga bisa mandi dengan air hangat yang uapnya juga dapat melegakan saluran pernapasan ibu.

  • Obat-obatan Herbal dan Suplemen

Mengonsumsi obat herbal dan suplemen, seperti vitamin C, Echinacea, dan seng dapat mempersingkat durasi batuk ibu. Namun, hal ini masih membutuhkan lebih lanjut. Karena itu, bicarakanlah terlebih dahulu pada dokter sebelum mengatasi batuk dengan pengobatan alternatif.

Baca juga: Begini Cara Memilih Obat Batuk untuk Ibu Menyusui

Tips agar Batuk Tidak Menular pada Bayi

Saat sedang batuk, ibu juga perlu berhati-hati agar Si Kecil tidak sampai ikut tertular batuk. Dengan menjaga kebersihan, ibu bisa mencegah bayi dari terkena batuk. Cucilah tangan ibu setiap habis batuk dan sebelum menyentuh bayi. 

Tutupi mulut saat batuk dengan lekukan tangan atau tisu dan segera buang tisu bekas tersebut. Atau untuk lebih praktisnya, ibu dapat menggunakan masker selama batuk. Ibu dapat terus merawat bayi selama batuk, karena antibodi yang terkandung dalam ASI dapat membantu melindungi bayi dari jatuh sakit.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Menyusui

Ingatlah bahwa obat-obatan herbal juga berpotensi untuk kelebihan dosis dan memengaruhi kesehatan bayi. Jadi, hindari mengonsumsi vitamin atau obat herbal apapun saat menyusui tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter. Bila batuk ibu semakin parah dan timbul gejala lainnya, seperti demam tinggi, mengi atau gejala mengkhawatirkan lainnya, temui dokter karena ibu mungkin perlu perawatan medis. Beritahu dokter bahwa ibu sedang menyusui, sehingga bisa meresepkan obat batuk yang aman untuk ibu menyusui bila perlu.

Baca juga: Ini Obat Batuk Berdahak yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Menyusui

Untuk membeli obat-obatan yang ibu perlukan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Buy medicine dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Hello Motherhood. Diakses pada 2020. Natural Cold Remedies While Breastfeeding.
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. Is It Safe to Take Cold Medicine While Breastfeeding?