• Home
  • /
  • Ini Obat Batuk Berdahak yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Menyusui

Ini Obat Batuk Berdahak yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Obat Batuk Berdahak yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Menyusui

Halodoc, Jakarta - Ketika menyusui, terkadang ada saja hal yang membuat ibu menjadi tidak nyaman dan gelisah. Mulai dari rambut yang rontok, hingga masalah batuk dan pilek. Sama halnya dengan ibu hamil, ibu yang sedang menyusui tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat. Bukan tanpa alasan, ini karena obat yang ibu konsumsi akan memengaruhi ASI ibu untuk sang buah hati. 

Tentunya, ibu akan menjadi tidak tenang, karena batuk yang ibu alami pasti akan mengganggu kenyamanan ibu. Terlebih jika batuk yang ibu alami adalah batuk berdahak. Salah konsumsi, tentu akan membahayakan sang buah hati yang masih menyusu. Pasalnya, memang ada beberapa jenis kandungan dalam obat batuk yang bisa mengalir dalam ASI, meski dalam jumlah yang terbilang sedikit.

Obat Batuk yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Menyusui

Agar tidak salah, tentu ibu harus menanyakan obat-obat yang bisa ibu konsumsi langsung pada dokter. Ibu bisa bertanya pada dokter umum atau ahli laktasi. Agar ibu tidak bolak-balik ke dokter, coba pakai aplikasi Halodoc. Ada fitur Tanya Dokter di aplikasi ini, jadi ibu tinggal pilih menu tersebut, pilih spesialisasi dokternya dan tanyakan apa yang ibu keluhkan. 

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Rekomendasi Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Lalu, obat apa saja yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu yang sedang menyusui dan mengidap batuk berdahak? Pertama adalah obat batuk dengan kandungan aspirin yang berperan sebagai pereda nyeri dan memiliki kandungan guaifenesin yang berperan sebagai pengencer dahak atau ekspektoran. Kandungan guaifenesin memang tidak dianjurkan karena belum ada studi yang menyatakan bahwa kandungan ini aman untuk ibu menyusui. 

Lalu, jenis obat yang memiliki efek samping mengantuk karena kandungan antihistamin pun sebaiknya ibu hindari. Tidak berbeda dengan obat yang berfungsi sebagai dekongestan atau pelega hidung tersumbat yang biasanya terdapat pada obat untuk mengatasi flu. Kombinasi kandungan dekongestan serta antihistamin paling banyak terkandung pada obat batuk dan alergi, maka sebaiknya dihindari karena bisa mengurangi produksi ASI ibu. 

Baca juga: Amankah Ibu Menyusui untuk Minum Obat Flu?

Kandungan lain pada obat batuk yang perlu ibu waspadai adalah potassium iodide yang turut berperan sebagai ekspektoran, karena kandungan obat ini bisa diserap oleh ASI. Konsumsinya yang berulang bisa memicu terjadinya penghambatan fungsi tiroid pada sang buah hati. Bahkan, efek ini bisa lebih berbahaya terhadap bayi yang baru lahir dan bayi yang berusia kurang dari satu bulan. 

Sembuhkan Batuk Berdahak Secara Alami

Ketika ibu terserang batuk dan sedang menyusui, tidak perlu langsung panik. Ibu bisa kok melakukan pengobatan untuk mengatasi batuk berdahak secara alami. Beberapa cara sederhananya termasuk minum air hangat, perbanyak istirahat, terapi uap, ataupun berkumur dengan larutan air garam. Menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan madu atau perasaan air lemon pun efektif mengurangi batuk berdahak. 

Nah, ada beberapa bahan alami nih, bu, yang bisa ibu coba untuk membantu mengatasi batuk berdahak ibu yang mengganggu. Apa saja? 

  • Nanas. Ketika menyusui, konsumsi nanas kini sudah lebih aman. Kandungan bromelain pada nanas mampu mengeluarkan lendir yang mengganggu dari tenggorokan sekaligus efektif untuk meredakan batuk. 
  • Madu. Bahan satu ini juga efektif untuk mengurangi batuk berdahak dan sebagai peningkat imunitas tubuh. Bagi ibu menyusui, madu menjadi bahan alami yang sangat aman dikonsumsi. Penggunaannya pun bisa langsung dikonsumsi atau ditambahkan dengan teh maupun air hangat. 

Baca juga: 4 Gangguan Kesehatan yang Sering Dialami Ibu Menyusui

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Breastfeeding and Medications: What’s Safe?
Baby Center. Diakses pada 2019. Drug Safety while Breastfeeding.
NHS UK. Diakses pada 2019. Common Health Questions. Can I Take Cough and Cold Remedies while I’m Breastfeeding?