Olahraga Lari Bisa Bantu Diet yang Maksimal, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 November 2020
Olahraga Lari Bisa Bantu Diet yang Maksimal, Ini PenjelasannyaOlahraga Lari Bisa Bantu Diet yang Maksimal, Ini Penjelasannya

Halodoc, Jakarta - Lari adalah olahraga yang murah dan mudah dilakukan, karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja, tanpa perlu mengeluarkan biaya. Olahraga ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan menjadi salah satu jenis olahraga terbaik untuk membantu menurunkan berat badan.

Lari Membakar Banyak Sekali Kalori

Cara paling efektif untuk menurunkan berat badan, yaitu membakar lebih banyak kalori yang masuk ke tubuh, dibandingkan yang kamu konsumsi. Selain menerapkan pola makan yang sehat, penting untuk berolahraga karena aktivitas fisik ini mampu membakar kalori. 

Baca Juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

Dari sekian banyak jenis olahraga yang ada, lari adalah pilihan yang baik. Mengapa demikian? Lari mampu membakar lebih banyak kalori daripada kebanyakan jenis olahraga lainnya. Hal ini karena lari membutuhkan banyak otot berbeda untuk bekerja keras bersama.

Secara khusus, latihan interval intensitas tinggi (HIIT) yang melibatkan lari, dapat membakar kalori paling banyak per menit, dengan menggunakan berbagai otot dengan kekuatan maksimumnya. Perbedaan kalori yang dibakar dengan berlari dibandingkan dengan latihan lainnya didukung oleh penelitian.

Misalnya, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, seperti dikutip dari Healthline, yang melibatkan 12 pria dan 12 wanita sebagai responden. Para peneliti membandingkan berapa banyak kalori yang terbakar selama 1 mil (1.600 meter), daripada berjalan dengan jarak yang sama di treadmill dan trek.

Baca Juga: Lakukan 3 Tips Olahraga Ini agar Tidak Cedera

Hasilnya, rata-rata berlari sejauh 1 mil di atas treadmill membakar 33 kalori lebih banyak daripada berjalan kaki, dan berlari sejauh 1 mil di lintasan membakar 35 kalori lebih banyak daripada berjalan.

Meski 33–35 kalori mungkin tidak tampak seperti perbedaan yang besar pada awalnya, ini mungkin sama dengan membakar 330–350 kalori lebih banyak daripada berjalan kaki dalam jarak yang sama.

Sebuah laporan dari Universitas Harvard membandingkan kalori yang terbakar selama 30 menit, oleh orang-orang dengan tiga bobot berbeda dan menemukan hasil yang serupa. Secara khusus, mereka menemukan bahwa orang dengan berat badan 70 kg dapat membakar 372 kalori dalam 30 menit berlari dengan kecepatan sedang 6 mil per jam (10 km per jam).

Jumlah tersebut adalah kalori sebanyak yang dibakar selama renang dan seni bela diri yang giat, dan bahkan lebih banyak daripada yang dibakar selama permainan bola basket, yang dilakukan selama 30 menit. Jadi, tidak mengherankan apabila olahraga lari mampu membantu kamu menurunkan berat badan. 

Lari Intensitas Tinggi Bisa Cepat Turunkan Berat Badan

Sebenarnya, selama dilakukan secara disiplin dan teratur, olahraga apapun bisa membantu turunkan berat badan. Namun, ada beberapa jenis olahraga yang dapat terus membakar kalori, bahkan setelah selesai berolahraga. Salah satunya adalah lari intensitas tinggi dan lari interval, dapat terus membakar kalori hingga 48 jam setelah berolahraga.

Alasannya, jenis lari seperti ini menggunakan banyak otot dan membutuhkan lebih banyak energi setelahnya untuk pulih. Dalam dunia kebugaran, ini disebut efek afterburn. Beberapa penelitian menemukan bahwa efek afterburn dapat membantu membakar lebih banyak kalori secara signifikan dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

Selain itu, lari intensitas tinggi juga bisa membantu menekan nafsu makan, sehingga membantu kamu yang sedang diet, untuk makan lebih sedikit. Hal ini diungkapkan dalam American Journal of Physiology - Endocrinology and Metabolism.

Meski proses pasti seputar respons ini belum jelas, tetapi salah satu cara lari intensitas tinggi dapat mengurangi nafsu makan adalah dengan menekan kadar hormon kelaparan ghrelin dan menghasilkan lebih banyak hormon kenyang seperti peptida YY (PYY).

Itulah penjelasan mengenai alasan olahraga lari untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak ada salahnya untuk menekuni olahraga ini, atau olahraga lainnya, selama kamu melakukannya dengan disiplin dan tidak berlebihan. Jika ada yang ingin ditanyakan, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How Running Helps You Lose Weight.
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Running for Weight Loss.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan