• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi

Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi

“Indonesia kembali melakukan pembatasan sosial berskala besar guna menekan angka positif COVID-19 yang kembali melambung. Ini artinya, aktivitas di luar rumah pun kembali dibatasi, termasuk berolahraga.”

Halodoc, Jakarta – Pembatasan ketat yang diberlakukan di beberapa daerah di Indonesia membuat cara hidup sehari-hari sangat berubah. Semua aktivitas kini wajib dilakukan di rumah, mulai dari bekerja, beribadah, belajar, hingga olahraga. Apalagi kini Indonesia sedang menghadapi gelombang kedua COVID-19.

Meski begitu, kondisi ini tidak seharusnya jadi alasan kamu berhenti melakukan aktivitas fisik. Kamu tetap bisa berolahraga dengan kadar yang tepat, meski berada di rumah. Olahraga dengan kadar ringan sampai sedang sebanyak tiga kali dalam seminggu terbukti mampu menurunkan risiko kematian, lho!

Sementara itu, tidak berolahraga atau terlalu banyak melakukan olahraga justru meningkatkan risiko kematian daripada orang yang cukup bergerak fisik. Jadi, olahraga tetap dibutuhkan untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh, terlebih selama pandemi.

Baca juga: Banyak Kuman saat Ngegym, Waspadai dengan Cara Ini

Olahraga Ringan saat Pandemi

Lalu, jenis olahraga ringan seperti apa yang bisa dilakukan di rumah saja? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Olahraga Kardio

Jenis olahraga ini dikatakan efektif dalam membakar lemak dan membuat tubuh mengeluarkan keringat. Olahraga ini bisa dilakukan di rumah, misalnya melalui sepeda statis, treadmill, atau alat bantu kardio lainnya. Namun, jangan khawatir jika kamu tidak punya alat tersebut, skipping juga bisa jadi alternatif, kok.

  • Aerobik

Manfaat serupa juga bisa kamu dapatkan dengan melakukan gerakan aerobik. Gerakan senam zumba melalui video tutorial atau mengikuti kelas senam secara online menjadi pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Tidak hanya menyehatkan fisik, olahraga satu ini juga dikatakan mampu mengurangi gangguan kecemasan dan depresi yang sangat rentan terjadi selama pandemi.

  • Yoga

Bisa dikatakan, yoga menjadi jenis olahraga yang paling ringan dan sederhana. Akan tetapi, jika kamu rutin melakukannya, yoga juga efektif untuk membakar lemak dan membuat tubuh mengeluarkan keringat. Terlebih lagi, olahraga ini memiliki beberapa gerakan yang bisa membuat kamu merasa lebih rileks dan tenang.

Ini artinya, semua kecemasan yang sering datang selama masa pandemi bisa jauh berkurang. Kamu pun bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Manfaat lain yang bisa didapat dengan melakukan yoga adalah membantu meningkatkan pernapasan, menjaga metabolisme tubuh, hingga menguatkan vitalitas.

Baca juga: 5 Gerakan Yoga untuk Atasi Rasa Cemas Selama Corona

  • Menari

Menari menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Ditambah lagi, aktivitas ini juga bisa disebut sebagai olahraga. Tidak butuh banyak modal, cukup putar lagu kesukaan dan gerakkan tubuhmu mengikuti iramanya. 

Tidak banyak yang tahu bahwa menari bisa membantu meningkatkan ketahanan sekaligus kekuatan tubuh. Tidak hanya itu, menari pun membuat tubuh mudah berkeringat karena kamu aktif bergerak. 

  • Push-up

Jenis latihan ringan ini bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah tanpa membutuhkan alat bantu. Kamu bisa rutin melakukan push up jika ingin menguatkan tubuh bagian atas. Ketahanan tubuh pun akan meningkat jika kamu membiasakan latihan ini, lho!

Baca juga: Mau Paru-Paru Semakin Sehat? Coba 4 Olahraga Ini

Oleh karena pembatasan aktivitas, tentu kamu pun dibatasi untuk berobat, apalagi kondisi sedang pandemi. Namun, tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa bertanya jawab dengan dokter secara online melalui aplikasi Halodoc. Bahkan, beli obat pun kini sangat mudah dengan adanya layanan pharmacy delivery dari Halodoc. Pastikan sudah punya aplikasinya, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Exercise at Home If You’re Avoiding the Gym During the COVID-19 Outbreak.
The Jakarta Post. Diakses pada 2021. Should I Exercise During The Coronavirus Pandemic?
Washington Post. Diakses pada 2021. Which Outdoor Sports And Athletic Activities Are Safe During A Pandemic?