• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Orangtua Lakukan Ini untuk Menyambut Newborn di Rumah

Orangtua Lakukan Ini untuk Menyambut Newborn di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Setelah menjalani proses persalinan dan perawatan secukupnya, ibu dan bayi baru lahir alias newborn akan diizinkan untuk pulang ke rumah. Tentu saja, setelah meninggalkan rumah sakit atau tempat persalinan, semua akan berubah. Sebab, ada kehidupan baru yang “dititipkan” di tengah keluarga. Maka dari itu, penting untuk mengetahui persiapan menyambut bayi baru lahir. 

Tidak hanya mempersiapkan fisik dan pengetahuan, nyatanya orangtua baru juga harus memperhatikan beberapa hal. Selain perlengkapan bayi, tentu ada hal-hal lain di rumah yang harus diubah agar Si Kecil dan ibu bisa merasa nyaman. Mengubah tata letak barang, mengganti peralatan yang bisa menjadi sumber berbahaya, hingga memberi pengertian pada anggota keluarga adalah hal yang sebaiknya sudah selesai dilakukan. 

Baca juga: Simak 4 Fakta Newborn yang Perlu Ibu Ketahui

Perubahan Agar Bayi Nyaman di Rumah 

Ada beberapa hal yang perlu disesuaikan agar newborn bisa merasa nyaman di rumah. Tidak hanya menyediakan perlengkapan dan kebutuhan bayi, berikut ini beberapa hal yang harus orangtua lakukan untuk menyambut newborn di rumah:

  • Perjalanan yang Nyaman

Sebelum sampai di rumah, bayi akan menjalani pengalaman perjalanan pertamanya. Jika ayah dan ibu membawa Si Kecil pulang dengan mobil pribadi, pastikan untuk mengatur agar mobil terasa nyaman, misalnya dengan menyiapkan tempat tidur khusus dan jangan memasang AC terlalu dingin. Hal ini penting dilakukan untuk memberi pengalaman pertama yang menyenangkan untuk sang buah hati. 

  • Jaga Kesehatan

Salah satu hal utama yang harus dipastikan orangtua adalah kesehatan fisik dan mental. Pasalnya, orangtua akan membutuhkan “tenaga ekstra” untuk mengurus dan merawat bayi yang baru lahir. Menjelang persalinan, wajar jika calon ibu maupun ayah merasa khawatir. Namun, pastikan jangan berlebihan agar tidak menimbulkan stres yang bisa berujung pada terganggunya kondisi kesehatan, baik fisik maupun mental. 

Baca juga: Masalah Ibu Newborn untuk Atasi Bingung Puting

  • Kamar yang Nyaman 

Dari seluruh bagian rumah, kamar akan menjadi tempat orangtua dan bayi beristirahat. Maka dari itu, penting untuk memastikan agar ruangan ini terasa nyaman dan aman. Ganti perabotan yang bisa membahayakan. Selain itu, ayah dan ibu disarankan untuk memilih tempat tidur anak yang aman agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Jika memungkinkan, ayah bisa mengganti warna cat kamar dengan warna yang tenang agar Si Kecil bisa terlelap. 

  • Beri Pengertian pada Keluarga

Penting untuk memberi pengertian dan meminta bantuan anggota keluarga atau tetangga sekitar. Sampaikan bahwa rumah akan segera kedatangan newborn. Dengan begitu, setiap orang tentu akan menyesuaikan hal-hal tertentu agar kenyamanan bayi tidak terganggu. Jika sebelumnya ayah dan ibu sudah memiliki anak, penting juga untuk memberinya pengertian tentang “adik baru”. Selain itu, pastikan untuk tetap adil membagi waktu agar anak tidak merasa ditinggalkan karena kedatangan bayi di rumah. 

  •  Sumber Bantuan

Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan pada kerabat jika mengalami kesulitan saat merawat newborn. Biasanya, orang yang lebih berpengalaman, seperti nenek, tante, bahkan tetangga sebelah rumah tidak akan segan-segan untuk membantu. Hal yang perlu ibu pastikan adalah mengetahui apa dan siapa saja sumber bantuan yang bisa diandalkan. 

Baca juga: Ingin Jenguk Newborn? Ingat Peraturan Wajib Ini

Selain didampingi keluarga, pastikan juga untuk mengunduh aplikasi Halodoc di ponsel ibu atau ayah. Aplikasi ini bisa membantu memberi tips seputar newborn dan apa saja yang perlu diperhatikan. Halodoc juga bisa digunakan untuk menghubungi dokter asli melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
KidsHealth. Diakses pada 2020. Bringing Your Baby Home.
BabyCenter. Diakses pada 2020. First days at home with your baby.
Today’s Parent. Diakses pada 2020. Coming home: First weeks with your baby.