• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Patah Pergelangan Tangan, Kapan Sebaiknya Hubungi Dokter?

Patah Pergelangan Tangan, Kapan Sebaiknya Hubungi Dokter?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Patah pergelangan tangan dapat memengaruhi saraf dan aliran darah. Kamu sebaiknya segera ke dokter jika merasakan pergelangan tangan sangat sakit, pergelangan tangan, lengan, atau tangan mati rasa, dan kondisi jari-jari pucat.

Penanganan patah pergelangan tangan membutuhkan pengaturan posisi oleh dokter yang bisa sangat menyakitkan. Kamu bisa jadi membutuhkan anestesi dan obat penghilang rasa sakit. Selain itu, memerlukan pemasangan belat yang digunakan selama beberapa waktu sampai pembengkakan mereda. Informasi selengkapnya ada di bawah ini! 

Aturan Perawatan Patah Pergelangan Tangan

Untuk pemeriksaan lebih detail, akan dilakukan pengecekan dengan sinar X guna memastikan apakah tangan bisa pulih seperti normal. Biasanya dokter akan memberikan instruksi bagaimana penggunaan belat ataupun gips. 

Beberapa aturan yang biasa diinformasikan adalah peletakan pergelangan tangan yang harus setingkat dengan jantung. Disarankan juga untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit serta melakukan latihan peregangan dan penguatan yang direkomendasikan oleh dokter.

Baca juga: 6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

Mungkin butuh delapan minggu atau lebih supaya pergelangan tangan cepat pulih. Bila beristirahat dengan baik, biasanya hanya akan membutuhkan waktu enam bulan untuk pulih. Dokter akan memastikan kapan waktu yang tepat untuk kembali beraktivitas seperti semula. 

Apakah pergelangan tangan yang patah bisa dicegah? Pergelangan tangan yang patah sulit untuk dicegah, karena biasanya terjadi pada saat jatuh secara tidak sengaja. Namun, bisa sangat membantu bila kamu menggunakan pelindung pergelangan tangan selama olahraga yang berisiko.

Terkadang, pergelangan tangan yang patah dapat mengindikasikan osteoporosis, terutama pada perempuan. Bicaralah dengan dokter tentang faktor risiko osteoporosis dan patah tulang. Butuh informasi lebih lengkap patah pergelangan tangan, bisa ditanyakan langsung di Halodoc.  

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mental Anak dengan Berolahraga

Diagnosis Patah Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan yang patah dapat menyebabkan tanda-tanda dan gejala-gejala ini:

1. Nyeri hebat yang mungkin memburuk saat menggenggam atau meremas atau menggerakkan tangan atau pergelangan tangan.

2. Pembengkakan.

3. Area yang patah yang melembut.
4. Memar.
5. Kelainan bentuk yang jelas, seperti pergelangan tangan yang bengkok.

Diagnosis pergelangan tangan yang patah umumnya meliputi pemeriksaan fisik tangan yang mengalami cidera dengan sinar-X. Selain itu, akan dilakukan juga tes pencitraan lainnya. Tes pencitraan tersebut termasuk:

  • CT scan

Pemindaian CT dapat mengungkap patah tulang pergelangan tangan yang terlewatkan sinar-X. Cedera pada jaringan lunak dan pembuluh darah dapat dilihat pada CT scan. Teknologi ini mengambil sinar-X dari berbagai sudut dan menggabungkannya untuk menggambarkan irisan melintang dari struktur internal tubuh.

  • MRI

Menggunakan gelombang radio dan magnet yang kuat untuk menghasilkan gambar detail tulang dan jaringan lunak. MRI jauh lebih sensitif daripada sinar-X dan dapat mengidentifikasi patah tulang dan cedera ligamen yang sangat kecil.

Sangat penting untuk membatasi pergerakan tulang yang patah di pergelangan tangan untuk proses penyembuhan yang tepat. Setelah gips atau belat dilepas, kemungkinan kamu akan membutuhkan latihan rehabilitasi atau terapi fisik untuk mengurangi kekakuan dan mengembalikan gerakan di pergelangan tangan. Rehabilitasi dapat membantu, tetapi bisa memakan waktu beberapa bulan atau lebih untuk penyembuhan total.

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2020. What can you do to help with a broken wrist?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Broken Wrist.