Bentuk Tangan Menjadi Aneh karena Terjatuh, Pertanda Patah Pergelangan Tangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Bentuk Tangan Menjadi Aneh karena Terjatuh, Pertanda Patah Pergelangan Tangan

Halodoc, Jakarta - Pergelangan tangan terdiri dari delapan tulang kecil yang terhubung dengan dua tulang lengan panjang yang disebut sebagai radius dan ulna. Patah pergelangan tangan terjadi ketika salah satu dari delapan tulang yang saling terhubung tersebut terlepas atau mengalami retak atau berpindah, sehingga menyebabkan bentuk tangan menjadi aneh, terlebih di bagian pergelangannya.

Biasanya, kondisi ini terjadi ketika kamu terjatuh dalam posisi pergelangan tangan yang menghantam tanah terlebih dahulu dalam keadaan lengan yang terjulur. Kondisi ini perlu segera ditangani, karena jika tidak, tulang ini tidak bisa pulih dengan baik.

Akibatnya, kamu menjadi kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari karena bentuk tangan yang tidak normal, belum lagi ditambah dengan rasa nyeri yang terkadang datang setiap kali kamu membuat gerakan.

Patah Pergelangan Tangan karena Terjatuh

Penyebab paling umum seseorang mengalami patah pergelangan tangan karena terjatuh. Bagaimana bisa? Tentu saja mungkin, jika kamu menggunakan telapak tangan dalam kondisi lengan terjulur sebagai penopang tubuh ketika terjatuh. Hantaman keras ini memberikan tekanan kuat pada telapak tangan, sehingga menyebabkan terjadinya fraktur atau patah.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini bedanya Patah atau Keseleo Pergelangan Tangan

Selain itu, patah pada pergelangan tangan juga bisa terjadi karena cedera selama berolahraga. Sama halnya dengan terjatuh pada aktivitas lainnya, patah pada bagian pergelangan tangan akibat cedera olahraga mungkin terjadi jika posisi tangan terentang, seperti ketika kamu berolahraga snowboarding atau skating. Lalu, penyebab lainnya adalah tabrakan ketika kamu mengalami tabrakan sepeda motor.

Segera Ditangani Agar Terhindar dari Komplikasi

Memang, komplikasi yang terjadi akibat dari patah pergelangan tangan sifatnya masih jarang ditemukan. Namun, kamu tetap saja tidak boleh mengabaikannya dan harus segera mengobatinya, karena bisa saja kamu akan mengalami hal berikut ini.

Baca juga: Ketahui Penanganan yang Tepat pada Patah Pergelangan Tangan

  • Tulang menjadi kaku dan sakit. Tulang yang kaku dan rasa sakit umumnya bisa hilang dengan sendirinya setelah gips diangkat atau setelah kamu menjalani operasi. Namun, ada pula beberapa orang yang tetap merasakan tulang kaku dan nyeri bahkan setelah operasi atau pengangkatan gips.

  • Osteoarthritis. Patah tulang yang meluas hingga ke persendian menyebabkan radang sendi berkepanjangan. Waspada jika kamu mendapati patah pergelangan tangan yang diikuti dengan rasa sakit dan pembengkakan.

  • Kerusakan saraf atau pembuluh darah. Trauma pada pergelangan tangan bisa melukai saraf dan pembuluh darah yang letaknya berdekatan. Ini ditandai dengan munculnya sensasi mati rasa pada bagian pergelangan tangan.

Selama pemulihan berlangsung, kamu akan merasa tidak nyaman karena hanya bisa menggunakan satu tangan untuk beraktivitas. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 8 minggu atau lebih hingga akhirnya patah pergelangan tangan pulih sepenuhnya. Jangan terburu-buru beraktivitas berat, terutama jika pergelangan tangan kamu belum sepenuhnya pulih, karena justru bisa berdampak lebih serius.

Baca juga: Pernah Dialami Jorge Lorenzo, Ini Fakta Patah Pergelangan Tangan

Setelah cedera dan mendapatkan perawatan, kamu bisa saja masih merasakan kaku dan tidak nyaman pada pergelangan tangan. Ini bisa terjadi selama beberapa minggu, bulan, bahkan bertahun-tahun. Selalu tanyakan pada dokter jika kamu merasakan ada gejala lain yang muncul. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc, download saja dari Play Store atau App Store. Jadi, tidak harus mengantre lama, karena kini tanya jawab dengan dokter lebih mudah dan praktis melalui aplikasi Halodoc.