• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pemeriksaan untuk Mendiagnosis Kanker Sarkoma Ewing

Pemeriksaan untuk Mendiagnosis Kanker Sarkoma Ewing

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Kanker Sarkoma Ewing adalah jenis kanker yang sangat langka yang menyerang tulang dan jaringan lunak di sekitar tulang. Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala nyeri tulang. Namun, pemeriksaan biasanya tetap dibutuhkan untuk memastikan diagnosis. Yuk, ketahui pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis kanker Sarkoma Ewing di bawah ini.

Kanker Sarkoma Ewing biasanya dimulai di tulang kaki dan panggul, tetapi bisa juga terjadi pada tulang mana saja. Meskipun sangat jarang, tetapi kanker ini juga bisa dimulai di jaringan lunak di dada, perut, anggota badan atau lokasi lainnya. 

Kanker Sarkoma Ewing lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja, tetapi juga bisa terjadi pada semua usia.

Baca juga: Waspada 8 Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Anak



Kenali Gejala Kanker Sarkoma Ewing

Ketika mengalami kanker Sarkoma Ewing, kamu mungkin akan merasakan sakit, bengkak, atau kaku di area kanker (lengan, kaki, dada, punggung, atau panggul) selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Kondisi ini bisa disalahartikan sebagai benjolan atau memar biasa. Bila terjadi pada anak-anak, gejala kanker sarkoma Ewing sering dianggap sebagai dampak akibat cedera olahraga.

Gejala kanker Sarkoma Ewing lainnya yang juga bisa terjadi, antara lain:

  • Benjolan di dekat kulit yang terasa hangat dan lembut saat disentuh.
  • Demam ringan terus-menerus.
  • Kesulitan berjalan karena kaki sakit.
  • Nyeri tulang yang memburuk saat berolahraga atau di malam hari.
  • Patah tulang tanpa sebab yang jelas.
  • Penurunan berat badan.
  • Selalu merasa lelah.
  • Kelumpuhan atau kehilangan kontrol kandung kemih bila kanker tumbuh di dekat tulang belakang.

Bila kamu atau anak kamu mengalami gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya segera temui dokter untuk melakukan diagnosa. Sama halnya dengan banyak jenis kanker, semakin dini kanker Sarkoma Ewing terdeteksi dan diobati, semakin besar peluang kesembuhannya.

Baca juga: Hal yang Dapat Tingkatkan Risiko Kanker Tulang



Cara Mendiagnosis Kanker Sarkoma Ewing

Diagnosis kanker Sarkoma Ewing biasanya dimulai dengan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui gejala yang kamu atau anakmu alami. Berdasarkan gejala-gejala tersebut, pemeriksaan berikut mungkin akan direkomendasikan untuk memastikan diagnosis:

  • Tes Pencitraan

Tes pencitraan dilakukan untuk membantu dokter menyelidiki gejala tulang kamu, mendeteksi kanker, serta mengetahui tanda-tanda apabila kanker telah menyebar.

Berbagai pilihan tes pencitraan untuk mendiagnosis kanker Sarkoma Ewing, antara lain sinar-X, CT-scan, MRI, Positron emission tomography (PET), atau pemindai tulang.

  • Mengambil Sampel Sel untuk Pengujian (Biopsi)

Prosedur biopsi dilakukan untuk mengambil sampel sel yang mencurigakan untuk diuji di laboratorium. Pemeriksaan ini dapat menunjukkan apakah sel-sel tersebut adalah kanker dan jenis kanker apa yang kamu miliki.

Jenis prosedur biopsi yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis kanker Sarkoma Ewing, yaitu:

  • Biopsi Jarum. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan jarum tipis melalui kulit dan menuntunnya sampai ke dalam tumor. Jarum ini digunakan untuk mengambil potongan-potongan kecil jaringan dari tumor.
  • Biopsi Bedah. Dalam prosedur ini, dokter membuat sayatan melalui kulit dan mengangkat seluruh tumor (biopsi eksisi) atau sebagian dari tumor (biopsi insisi).

Diperlukan perencanaan yang matang oleh tim medis untuk menentukan jenis biopsi mana yang sesuai dan bagaimana sebaiknya melakukannya. Hal ini karena dokter perlu melakukan biopsi dengan cara yang tidak akan mengganggu operasi yang akan dilakukan nantinya untuk menghilangkan kanker. Karena itu, tanyakan pada dokter kamu untuk rujukan tim medis yang memiliki pengalaman dalam mengobati kanker sarkoma Ewing sebelum melakukan biopsi.

  • Menguji Sel Kanker untuk Mutasi Gen

Sampel sel kanker kamu kemudian akan diuji di laboratorium untuk menentukan perubahan DNA mana yang ada di dalam sel. Sel Sarkoma Ewing biasanya memiliki perubahan pada gen ESWR1. Gen ESWR1 biasanya juga menyatu dengan gen lain yang disebut FLI1 dan menciptakan gen baru yang disebut EWS-FLI11. 

Menguji sel-sel kanker untuk mengetahui perubahan gen ini diperlukan untuk membantu memastikan diagnosis kamu dan memberi petunjuk pada dokter tentang seberapa ganas penyakitmu.

Baca juga: Si Kecil Terserang Kanker Tulang, Begini Pilihan Pengobatannya

Itulah 3 pemeriksaan yang bisa dilakukan dokter untuk mendiagnosis kanker Sarkoma Ewing. Untuk melakukan pemeriksaan terkait gejala kesehatan yang kamu alami, kamu bisa langsung buat janji di rumah sakit pilihanmu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.



Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. What Is Ewing's Sarcoma?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ewing sarcoma.