Pengaturan Pola Makan untuk Mencegah Diabetes Tipe 2

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Juni 2021
Pengaturan Pola Makan untuk Mencegah Diabetes Tipe 2Pengaturan Pola Makan untuk Mencegah Diabetes Tipe 2

Halodoc, Jakarta – Diabetes tipe 2 ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah. Dulu, penyakit ini identik dengan usia alias sering disebut sebagai penyakit orang yang sudah lanjut usia (lansia). Namun, kini diabetes tipe 2 juga mulai banyak ditemukan pada usia lebih muda, bahkan pada remaja dan anak-anak. Lantas, adakah cara untuk mencegah diabetes tipe 2? 

Naiknya kadar gula darah disebabkan oleh gangguan atau ketidakmampuan tubuh dalam menggunakan hormon insulin secara normal. Hormon insulin merupakan hormon yang membantu gula atau glukosa masuk ke dalam sel tubuh untuk kemudian diubah menjadi energi. Salah satu pemicu diabetes tipe 2 adalah gaya hidup yang tidak sehat, termasuk pola makan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui pengaturan pola makan untuk mencegah diabetes tipe 2! 

Baca juga: 4 Pemeriksaan untuk Deteksi Diabetes Tipe 2

Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 tidak bisa disembuhkan, maka dari itu penting untuk melakukan tindakan pencegahan sejak dini, terutama pada orang yang memiliki faktor risiko penyakit ini. Diabetes tipe 2 diketahui berkaitan dengan beberapa faktor, termasuk faktor genetik, pola hidup yang tidak sehat, mengalami kelebihan berat badan (obesitas), serta resistensi insulin. 

Salah satu cara mencegah diabetes tipe 2 adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Agar tidak terkena diabetes, disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, hindari atau batasi konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula tambahan, kalori, dan lemak, seperti makanan olahan atau makanan cepat saji. 

Mencegah diabetes tipe 2 dilakukan dengan membatasi asupan gula harian, yaitu tidak lebih dari 40 gram atau sekitar 9 sendok teh gula. Sebagai gantinya, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian. Jenis makanan ini banyak mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Selain membatasi gula, kamu juga harus memperhatikan jenis camilan yang dikonsumsi. Biar terhindar dari diabetes tipe 2, pilihlah jenis camilan sehat, seperti susu, yoghurt, dan kacang-kacangan. Selain itu, perbanyaklah konsumsi air putih dan hindari minuman yang mengandung soda atau minuman kemasan yang banyak mengandung gula. 

Baca juga: 6 Komplikasi Akibat Diabetes Tipe 2

Selain pengaturan pola makan, mencegah diabetes tipe 2 juga bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal, mengelola stres dengan baik, serta selalu memantau kadar gula dalam darah. Jika memiliki faktor risiko, misalnya faktor genetik, pemeriksaan gula darah rutin menjadi hal yang disarankan untuk mencegah diabetes tipe 2. 

Selain menerapkan gaya hidup sehat, kamu juga harus menghentikan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang bisa memicu penyakit, seperti merokok, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol atau soda, serta kebiasaan begadang. Biar lebih sehat, pastikan untuk tidur cukup setidaknya 7 jam dalam satu hari. 

Baca juga: Sering Buang Air Kecil Tanda Gangguan Diabetes?

Kamu juga disarankan untuk selalu terhubung dengan ahli kesehatan, terutama jika memiliki faktor risiko atau gejala diabetes tipe 2. Biar lebih mudah, coba pakai aplikasi Halodoc untuk terhubung dengan dokter kapan dan di mana saja. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan yang dialami dan dapatkan rekomendasi kesehatan dari ahlinya. Download Halodoc di sini!

Referensi:
American Heart Association. Diakses pada 2021. How Much Sugar Is Too Much?
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diabetes Prevention: 5 Tips for Taking Control.
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Ways to Prevent Type 2 Diabetes.
Medscape. Diakses pada 2021. Type 2 Diabetes Mellitus.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan