Penjelasan tentang Karakter Anjing Chow Chow

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   18 Oktober 2021
Penjelasan tentang Karakter Anjing Chow ChowPenjelasan tentang Karakter Anjing Chow Chow

“Selain tampilannya yang menggemaskan, karakter anjing chow chow juga cukup unik. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa anjing ini memiliki tingkah laku yang mirip kucing. Hal ini karena anjing ini senang menyendiri dan lebih mandiri ketimbang jenis anjing lain.”

Halodoc, Jakarta – Anjing chow chow terkenal dengan karakternya yang mirip kucing karena senang menyendiri, dan curiga terhadap orang asing. Sebagai ras yang mandiri, kamu perlu sabar, telaten, dan konsisten saat memelihara anak anjing ini. 

Meski anjing ini dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan dalam rumah, mereka membutuhkan banyak olahraga dan tidak suka ditinggal sendirian di rumah selama berjam-jam. Ingin tahu lebih lanjut tentang anjing chow chow? Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: Wajib Tahu, Begini Cara Merawat Anjing Yorkshire Terrier

Karakter Anjing Chow Chow

Anjing chow chow dapat memiliki tinggi 43-50 sentimeter, dengan berat sekitar 18-31 kilogram. Beberapa orang sering membandingkan watak anjing ini dengan kucing, karena senang menyendiri, pendiam, mandiri, cerdas, dan keras kepala.

Meskipun wajahnya seperti cemberut, anjing ini umumnya tidak akan mengganggu bila tidak diganggu duluan. Mereka akan bermain dengan pemiliknya, tetapi akan curiga pada orang asing. Namun, anjing ini akan membiarkan orang asing menyentuhnya jika diperkenalkan oleh pemiliknya.

Jadi, anjing chow chow sebenarnya bisa dilatih untuk bersosialisasi kok. Dengan cara diperkenalkan kepada orang, anjing lain, dan situasi baru sejak ia kecil. 

Anjing ini biasanya dapat beradaptasi dengan berbagai jenis rumah, termasuk lingkungan apartemen. Namun, mereka harus selalu tinggal di dalam rumah dengan pemiliknya, tidak terjebak di halaman belakang atau kandang. Anjing ini tidak bisa merespons cuaca panas dengan baik, jadi pastikan ia berada di dalam ruangan saat cuaca terik.

Seperti anjing lainnya, chow chow dewasa membutuhkan olahraga setiap hari agar tetap sehat dan bahagia. Namun, tidak perlu aktivitas yang cukup banyak kok. Kamu hanya perlu mengajaknya berjalan-jalan selama 15 menit setiap hari.

Baca juga: Kenali 5 Fakta Menarik Seputar Anjing Maltese

Bagaimana Makanannya?

Jumlah harian yang disarankan untuk anjing chow chow adalah 2 hingga 2 3/4 cangkir makanan anjing, dibagi menjadi dua kali makan. Berapa banyak anjing dewasa makan tergantung pada ukuran, usia, bentuk, metabolisme, dan tingkat aktivitasnya. 

Jaga agar anjing ini dalam kondisi yang baik dengan mengukur makanannya dan memberinya makan dua kali sehari, ketimbang meninggalkan makanan dalam jumlah banyak untuk seharian. Hal ini untuk menghindari ia makan berlebihan dan menjadi gemuk.

Tips Perawatan Bulu

Anjing chow chow dapat memiliki dua jenis bulu, kasar dan halus. Bulu kasar, yang biasa dilihat kebanyakan orang, tebal dan berlimpah, menonjol dari tubuh seperti jaket. 

Di bawah lapisan luar itu terdapat lapisan bawah yang lembut, tebal, dan berbulu. Rambut biasanya lebih tebal di sekitar kepala dan leher, membentuk ruff, atau surai. Ekornya, yang terletak di belakang, juga berbulu tebal.

Pastikan kamu menyikat bulu anjing ini setidaknya 3 kali seminggu, untuk menjaga bulu dalam kondisi baik dan mencegah kerontokan. Bila rutin disikat, bulu anjing ini juga akan terhindar dari bau. 

Untuk menyikat bulu anjing chow chow, kamu bisa gunakan sisir berbahan stainless steel dengan gigi kasar sedang, sikat ukuran sedang untuk kaki, sikat sedang untuk bulu yang lebih panjang, dan semprotan kondisioner khusus untuk bulu anjing. Sikatlah bulu sampai ke kulit untuk menghilangkan area bulu yang kusut.

Baca juga: Begini Cara Tepat Merawat Anjing Shih Tzu

Kamu mungkin perlu memandikan anjing ini setidaknya satu kali dalam sebulan, atau lebih jika dia sering bermain di luar dan menjadi kotor. Kebutuhan perawatan lainnya termasuk kebersihan gigi setiap dua atau tiga kali seminggu, dan perawatan kuku setiap satu atau dua kali sebulan. 

Itulah pembahasan mengenai anjing chow chow, karakteristik dan tips perawatannya. Dapat diketahui bahwa anjing ini memiliki karakter yang mirip kucing, yaitu senang menyendiri, mandiri, dan mudah curiga.

Namun, kamu bisa melatihnya untuk bersosialisasi dengan baik kok. Bila anjing chow chow yang kamu pelihara mengalami masalah kesehatan, segera download aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter hewan kapan saja.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Chow Chow – Breed Traits & Characteristics.
Hills Pet. Diakses pada 2021. Chow Chow Dog Breed Information and Personality Traits.
Dog Time. Diakses pada 2021. Chow Chow.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan