Wajib Tahu, Begini Cara Merawat Anjing Yorkshire Terrier

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   11 Oktober 2021
Wajib Tahu, Begini Cara Merawat Anjing Yorkshire TerrierWajib Tahu, Begini Cara Merawat Anjing Yorkshire Terrier

“Anjing ukuran mini seperti Yorkshire Terrier biasanya menjadi favorit sebagian pecinta anjing. Jenis anjing ini umumnya dianggap sebagai hewan peliharaan khusus sosialita atau orang kaya lainnya. Meski begitu, mereka cukup rentan terhadap banyak penyakit sehingga kamu perlu paham betul cara merawatnya.”

Halodoc, Jakarta – Yorkshire Terrier adalah ras anjing yang telah lama dicap sebagai teman setia wanita tua yang kaya raya. Bahkan pemilik Yorkshire Terrier umumnya adalah mereka yang tinggal di apartemen mewah dan sosialita yang sering datang ke acara penggalangan dana seni. Pada dasarnya, anjing jenis ini cukup menarik banyak pecinta anjing, berkat matanya yang kecil nan indah dan bulunya yang lembut. 

Yorkshire Terrier adalah anjing yang cukup waspada, dapat dilatih, dan sangat ingin tahu, sehingga membuatnya dijuluki “anjing besar dalam tubuh anjing kecil”. Mereka umumnya hanya memiliki berat badan kurang dari 3 kg, tetapi mereka membutuhkan banyak waktu di luar rumah untuk berjalan-jalan. Rentang usia jenis anjing ini berkisar antara 12 hingga 16 tahun.

Baca juga: Ini 4 Jenis Anjing yang Memiliki Umur Panjang 

Cara Merawat Yorkshire Terrier

Sebelum membahas cara merawat Yorkshire Terrier, kamu harus mempertimbangkannya sebelum mengadopsi jenis anjing kecil ini, terutama jika kamu masih memiliki anak kecil di rumah. Selain kepribadiannya yang keras kepala, ukurannya yang kecil membuatnya memiliki risiko tinggi untuk dilukai oleh anak-anak yang belum mengerti cara bersikap kepada anjing peliharaan. Namun, jika kamu memutuskan untuk mengadopsinya, ingatlah bahwa pelatihan yang konsisten dan terstruktur adalah suatu keharusan bagi jenis anjing ini. 

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat anjing Yorkshire Terrier bahagia dan sehat. Kamu perlu memerhatikan pola makannya, pastikan mereka juga banyak berolahraga, sikat gigi dan bulunya secara teratur, dan hubungi dokter hewan ketika ada sesuatu yang tampak tidak biasa. Pastikan juga untuk mematuhi jadwal pemeriksaan dan vaksinasi yang direkomendasikan untuknya. 

Kamu pun bisa langsung bicara dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc jika anjing peliharaanmu mengalami gejala penyakit tertentu. Atau kamu juga bisa bertanya pada dokter hewan mengenai cara merawat anjing Yorkshire Terrier. Dokter hewan di Halodoc akan selalu siaga menjawab semua pertanyaan kesehatan hewan peliharaan kesayanganmu.

Baca juga: Jenis Anjing yang Cocok Dipelihara Untuk Anak-Anak

Nah, berikut ini beberapa cara merawat Yorkshire Terrier yang perlu kamu ketahui: 

  • Awasi hewan peliharaan seperti yang kamu lakukan pada balita. Tutup pintu dan tutup kamar seperlunya. Ini akan menjauhkannya dari masalah dan jauh dari benda-benda yang tidak boleh dimasukkan ke dalam mulutnya.
  • Sikat giginya setiap hari dan pemangkasan bulu secara teratur dianjurkan agar penampilannya tetap cantik. 
  • Yorkshire Terrier sering memiliki masalah serius dengan giginya, jadi kamu harus menyikatnya setidaknya tiga kali seminggu.
  • Bersihkan telinganya setiap minggu. 
  • Ia sangat aktif di dalam ruangan, sehingga sangat cocok untuk tinggal di apartemen dan diajak bepergian.
  • Anjing ini memiliki kecenderungan untuk mengejar binatang kecil, jadi selalu ikat mereka saat diajak bepergian.
  • Mereka bisa sensitif terhadap dingin, jadi jaga suhu ruangan dan berikan pakaian yang diperlukan saat mengajaknya berjalan di musim dingin. 
  • Jaga agar pola makan anjing tetap konsisten dan beri makan makanan berkualitas tinggi yang sesuai dengan usianya.
  • Melatih anjing secara teratur, tetapi jangan berlebihan.

Baca juga: Ketahui 7 Penyakit yang Rentan Dialami oleh Anak Anjing

Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi

Anjing kecil sering datang dengan masalah kesehatan yang besar, dan Yorkshire Terrier tidak terkecuali. Kebanyakan Yorkshire Terrier berumur panjang, hidup sehat, tetapi ada kondisi kesehatan yang bisa memengaruhi kualitas kesehatannya.

Seperti trakea yang melemah, masalah gigi, hipotiroidisme, dan penyakit Legg-Calve-Perthes. Gula darah rendah (hipoglikemia) juga merupakan masalah, terutama pada Yorkies dan anak anjing yang lebih kecil, serta beberapa jenis batu kandung kemih, rambut rontok, katarak, dan bulu mata yang tumbuh ke dalam.

Yorkshire Terrier memiliki insiden tinggi dari cacat hati yang dikenal sebagai portosystemic shunt, yang mungkin perlu diobati dengan operasi yang mahal. Jika kamu khawatir akan kondisi anjing kamu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai tes yang bisa dilakukan untuk mendiagnosa penyakit ini.  

Tempurung lutut banyak anjing kecil, termasuk Yorkies, bisa keluar dari tempatnya, cacat yang dikenal sebagai patella luxating. Mintalah dokter hewan untuk memeriksa lutut anjing secara teratur, terutama jika kamu melihatnya pincang atau melompat saat berlari. 

Mereka juga penting untuk mendapatkan perawatan gigi hewan secara teratur. Karena mereka memiliki mulut yang kecil, mereka sering memiliki masalah dengan kepadatan dan perkembangan gigi yang tidak tepat.

Yorkshire Terrier juga dapat menderita penyakit Legg-Calvé-Perthes. Anjing dengan penyakit ini telah mengurangi suplai darah ke tulang kaki belakang. Gejalanya termasuk pincang, yang biasanya muncul saat anjing berusia enam bulan. Penyakit ini dapat diobati dengan pembedahan, jadi semakin cepat kondisinya diidentifikasi dan diobati, semakin besar kemungkinan anjing akan pulih sepenuhnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Yorkshire Terrier.
Countryside Veterinary Clinic. Diakses pada 2021. Yorkshire Terrier.
Vet Street. Diakses pada 2021. Yorkshire Terrier.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan