28 May 2018

6 Merawat Kuku yang Simpel dan Gampang Diaplikasikan

6 Merawat Kuku yang Simpel dan Gampang Diaplikasikan

Halodoc, Jakarta – Merawat tangan dan kuku sama pentingnya dengan merawat kulit di wajah atau pun bagian lainnya. Ada pendapat yang mengatakan tangan dan kuku dapat mengungkapkan usia yang sebenarnya. Sinar matahari membuat tangan dan kuku rentan terhadap bintik dan kekusaman. Perlu untuk kamu ketahui cara merawat kuku yang simpel dan gampang diaplikasikan seperti di bawah ini. (Baca juga: Tips Mengatasi Kurang Tidur)

  1. Memberikan Pelembap pada Kutikula

Sama seperti tangan, kutikula juga perlu diberi pelembap. Ketika kamu sedang mengaplikasikan pelembap pada tangan, upayakan untuk mengaplikasikannya juga ke bagian kuku terutama kutikulanya. Melembapkan kuku dan kutikula dapat melenturkan area tersebut dan meminimalisir risiko retak dan robek yang memungkinkan untuk terjadinya infeksi kulit.

  1. Menghapus Kuteks

Cara merawat kuku lainnya yang bisa dengan mudah diaplikasikan adalah menghapus kuteks secara rutin. Sebenarnya durasi yang sehat untuk menghapus kuteks adalah paling lama setelah seminggu pemakaian. Cara paling ideal untuk menghapus kuku adalah dengan menghindari paparan nail remover sebisa mungkin di area kutikula.

Kamu bisa merendam kapas pada nail remover baru menahannya pada kuku baru ditarik ke arah ujung kuku. Selain itu, penggunaan warna kuteks yang cenderung gelap lebih memperbesar kemungkinan kuku berwarna kuning dan melemahkan kekuatannya. (Baca juga: 5 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan-bahan di Rumah)

  1. Potong Kuku dengan Ukuran yang Tepat

Kuku yang terlalu panjang dapat membiakkan kuman dan bakteri mengendap di ujung kuku. Sedangkan kuku yang pendek juga dapat membahayakan pertumbuhan kuku ke dalam. Bila ini terjadi, akibatnya akan terjadi infeksi. Ada baiknya kamu menyisakan sedikit kuku untuk memberikan jarak, sehingga tidak mengganggu pertumbuhan kuku.

  1. Menggunakan Sarung Tangan

Menggunakan sarung tangan saat mencuci piring atau aktivitas apapun yang membuat tangan dan kuku terpapar bahan kimia bukanlah suatu tindakan yang berlebihan. Paparan bahan kimia dapat mengurangi kesehatan tangan, terutama kuku. Bisa saja bahan kimia dari sabun masih melekat di dalam kuku atau tidak tercuci sempurna yang bisa membahayakan kesehatan. Apalagi kalau kamu termasuk tipe orang yang senang makan menggunakan tangan.

  1. Jangan Mencuci Tangan Berlebihan

Apalagi kalau menggunakan sabun, mencuci tangan berlebihan dapat menghilangkan kelembapan alami tangan. Cucilah tangan seperlunya, jangan terlalu reaktif dengan kebersihan yang malah akan mengurangi imunitas tubuhmu. Gunakan pelembap setiap kali kamu selesai mencuci tangan demi mengembalikan kelembapan alami kulit tangan dan kuku. (Baca juga: Mual Saat Mudik, Coba Atasi dengan Cara Ini)

  1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Pada akhirnya, mengonsumsi makanan sehat selalu menjadi cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu cara merawat kuku lainnya adalah kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Jika warna kuku keruh bahkan menghitam, bisa jadi kamu kekurangan vitamin. Selain Vitamin C, kandungan vitamin lainnya yang perlu kamu jaga asupannya adalah Vitamin A, fosfor, seng, dan asam folat. Keju dan yoghurt juga baik untuk kesehatan kuku.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai cara merawat kuku serta nutrisi yang tepat untuk kesehatan kulit dan kuku, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Kamu juga bisa mendapatkan tips hidup sehat atau kecantikan lainnya di sini. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.