Pentingnya Jadwal Makan Agar Balita Makan Teratur

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Maret 2021
Pentingnya Jadwal Makan Agar Balita Makan TeraturPentingnya Jadwal Makan Agar Balita Makan Teratur

Halodoc, Jakarta - Usia balita merupakan masa-masa penting bagi balita untuk menjalani proses tumbuh kembang. Pada tahap ini, diharapkan balita bisa mendapatkan nutrisi serta gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu pemenuhan gizi yang bisa dilakukan bagi balita dengan memberikan jadwal makan agar balita makan teratur.

Baca juga: 5 Trik Bentuk Pola Makan Sehat Si Kecil

Bukan hanya jadwal makan, ibu juga perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi oleh balita. Dengan begitu, asupan nutrisi dan gizi dapat dipenuhi sehingga proses tumbuh kembang dapat berjalan dengan optimal. Ibu, tidak ada salahnya simak ulasan mengenai pentingnya jadwal makan agar balita makan dengan teratur, di sini!

Alasan Jadwal Makan Penting Bagi Balita

Saat memasuki usia 1 tahun ke atas, tentunya ibu sudah bisa memberikan anak makanan keluarga. Pada usia ini, balita juga akan lebih mengeksplorasi rasa ingin tahu, kebiasaan, hingga situasi saat mereka makan. 

Sama seperti orang dewasa, balita pun membutuhkan jadwal makan yang teratur untuk mengenali waktu makan yang tepat. Tidak hanya mengenali waktu makan, jadwal makan juga dinilai cukup penting untuk mengajarkan balita mengenai rasa lapar dan kenyang.

Nyatanya, kondisi lapar yang dirasakan oleh anak juga berkaitan langsung dengan proses pengosongan lambung. Saat lambung telah memproses makanan dan kosong, kondisi ini menandakan anak dalam keadaan lapar. Dengan begitu, ibu akan lebih mudah memberikan makanan pada balita.

Dalam satu hari, balita perlu dijadwalkan makan sebanyak 3 kali makanan utama, 1–2 kali makanan selingan, dan pemberian susu atau ASI. Berikut ini adalah jadwal makan bagi balita:

  1. Pukul 08.00: Sarapan pagi/ Makan utama 1
  2. Pukul 10.00: Makanan Selingan 1
  3. Pukul 12.00: Makan siang/ Makan utama 2
  4. Pukul 14.00: Susu UHT/ Formula/ ASI
  5. Pukul 16.00: Makanan Selingan 2
  6. Pukul 18.00: Makan Malam/ Makan utama 3

Sebaiknya hindari memberikan cemilan pada balita diluar jadwal makan mereka. Namun, ibu bisa memberikan air putih di luar jadwal makan agar kebutuhan cairan anak tetap terpenuhi dengan baik. Jadwal makan yang teratur juga dapat membuat balita memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan. 

Namun, jadwal makan ini tidak bisa disamakan pada tiap balita. Ibu bisa menyesuaikan dengan kondisi dan kebiasaan balita. Misalnya, saat balita memiliki kebiasaan tidur pukul 19.00, sebaiknya berikan makan malam 2 jam sebelum tidur. 

Hindari memberikan makan malam di jam yang terlalu dekat dengan waktu tidur. Hal ini dapat membuat pencernaan balita bekerja lebih berat saat balita tidur. 

Baca juga: 4 Cara Atasi Anak Pilih-Pilih Makanan

Tips Membuat Jadwal Makan Menyenangkan

Memang bukanlah hal mudah dalam memberikan makan untuk balita. Terkadang, balita juga kerap menolak makan sehingga jadwal makan bisa berakhir berantakan. Namun, jangan putus asa dulu, ibu bisa lakukan beberapa tips ini agar jadwal makan berjalan dengan menyenangkan.

1.Duduklah Bersama dengan Anak di Meja Makan

Sebaiknya ajarkan anak sejak dini untuk makan di meja makan. Duduklah bersama anak. Pastikan keamanan dan kenyamanan kursi anak. 

2.Hindari Gangguan

Hindari berbagai gangguan yang kerap datang saat jadwal makan. Mulai dari televisi, gadget, hingga mainan anak. Bahkan, ibu juga perlu fokus saat sedang menemani anak makan. Hindari bermain gadget atau melakukan aktivitas lain saat menemani anak makan.

3.Berikan Alat Makan yang Aman

Saat anak menginjak usia 1 tahun ke atas, tidak ada salahnya ajarkan mereka menggunakan sendok atau gelas. Namun, pastikan ibu memberikan alat makan yang aman untuk balita.

4.Berikan Anak Waktu untuk Mengonsumsi Makanannya

Saat anak makan, temani dan biarkan anak mengonsumsi makanannya secara mandiri. Berikan anak beberapa makanan sehat agar anak bisa memilih makanan yang akan mereka konsumsi. 

Biarkan memutuskan seberapa banyak makanan yang akan mereka konsumsi. Hal yang perlu diperhatikan, anak tidak harus menghabiskan makanan yang disajikan, tetapi ibu harus paham tanda yang diberikan anak saat lapar atau kenyang.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Anak Minum Susu?

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ibu saat ibu memberikan jadwal makan bagi balita. Ibu bisa kunjungi rumah sakit terdekat untuk melakukan konsultasi dengan dokter anak maupun ahli gizi secara langsung. Dengan begitu, ibu dapat mengetahui kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh anak sesuai dengan kondisi kesehatan anak.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Mealtime Routines and Tips.
New Ways Nutrition. Diakses pada 2021. Why a Toddler Feeding Schedule is Important.
Parents. Diakses pada 2021. Toddler Feeding Schedule: A Guide to Planning Meals.
Ikatan Dokter Anak Indonesia. Diakses pada 2021. Pentingnya Mengatur Jadwal Makan Anak.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan