30 May 2018

6 Tips menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

6 Tips menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Halodoc, Jakarta – Musim pancaroba selalu identik dengan hadirnya berbagai penyakit, seperti demam berdarah, tifus, diare, dan flu. Wajar saja, memasuki musim ini, cuaca menjadi tak menentu. Siang hari matahari bisa bersinar sangat terik, lalu hujan akan turun dengan deras pada sore atau malam hari. Belum lagi dengan intensitas angin yang akan bertiup lebih kencang daripada biasanya.

Kondisi ini membuat tubuh harus memiliki stamina yang bagus, karena jika tidak, tubuh kamu tidak akan mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan cuaca setiap harinya, sehingga kamu akan rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, lakukan tips menjaga daya tahan tubuh berikut ini supaya daya tahan tubuh tetap terjaga:

Konsumsi Makanan Bergizi

Menjaga daya tahan tubuh tentu dimulai dari diri sendiri. Artinya, kesehatan tubuh kamu menjadi hal utama yang perlu kamu perhatikan. Caranya tentu saja dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Konsumsi makanan bernutrisi supaya kekebalan tubuh tetap terjaga. Perbanyak sayuran dan buah, serta hindari makanan cepat saji atau tinggi lemak.

Jangan Sampai Lupa Asupan Cairan Tubuh

Setelah kamu memenuhi asupan nutrisi harian tubuh, selanjutnya adalah konsumsi cairan harian. Jangan sampai kamu kurang cairan, karena akan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Tetap minum sebanyak delapan gelas setiap hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung.

(Baca juga: Penyakit yang Biasa Muncul Saat Pancaroba)

Olahraga Rutin

Terlalu sibuk bekerja bukan berarti kamu lantas merupakan pentingnya berolahraga. Justru, tanpa berolahraga, daya tahan tubuh kamu akan semakin berkurang. Akibatnya, penyakit musiman di saat pancaroba datang pun akan lebih mudah menyerang. Oleh karena itu, biasakan olahraga setiap pagi hari, minimal 30 menit saja. Rutinitas ini tak hanya membuat kekebalan tubuh senantiasa terjaga, tubuh kamu juga akan terasa bugar sepanjang hari.

Cukup Istirahat dan Hindari Begadang

Kamu sudah bekerja selama delapan jam setiap harinya. Jangan sampai waktu istirahat kamu juga kamu pakai untuk bekerja, ya. Saat terlelap, tubuh akan melakukan regenerasi semua sel yang ada di dalamnya. Jika kamu kurang tidur, regenerasi sel tubuh tidak akan berjalan dengan sempurna. Tak hanya itu, kurang tidur juga membuat tubuh jadi lemas dan rentan terserang obesitas.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Perhatikan lingkungan sekitar kamu tinggal, baik di dalam maupun di luar rumah. Apakah kebersihannya sudah terjaga? Jika masih ada sampah yang bertumpuk di selokan, segera bersihkan. Jangan lupa juga ikat rapat-rapat semua sampah serta menutup tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk. Tempat yang kotor akan menjadi rumah bagi hewan-hewan pembawa virus dan bakteri. Ini tentu saja membuat kamu mudah terserang penyakit.

(Baca juga: Tips of the Day: Begini Cara Jaga Daya Tahan Tubuh yang Hakiki)

Jangan Lupa Bawa Payung atau Jas Hujan

Berakhirnya musim penghujan bukan berarti hujan benar-benar berhenti turun. Jadi, untuk berjaga-jaga, tetap bawa payung saat kamu bepergian. Jika kamu menggunakan kendaraan bermotor, jangan lupa untuk membawa jas hujan. Kenakan pula jaket untuk membuat tubuh kamu lebih hangat ketika hujan tiba-tiba turun, terlebih jika disertai angin kencang.

 

Itu tadi enam tips menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba yang bisa kamu terapkan agar tubuh bebas dari serangan penyakit meski cuaca sedang tidak bisa diprediksi. Nah, supaya lebih maksimal, jangan lupa konsumsi vitamin C setiap hari. Kamu bisa memesannya melalui Halodoc. Tak perlu keluar rumah, karena layanan Apotek Antar Halodoc akan mengantar semua vitamin atau obat kamu langsung ke alamat rumah kamu. Yuk, download sekarang!