• Home
  • /
  • Rutin Konsumsi Kencur, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Rutin Konsumsi Kencur, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
rutin-konsumsi-kencur-ini-manfaatnya-untuk-tubuh-halodoc

Halodoc, Jakarta – Sejak wabah virus corona merebak, jamu-jamuan tradisional khas Indonesia juga menjadi salah satu barang yang diincar banyak orang saat ini. Selain dipercaya dapat memperkuat sistem imun tubuh, jamu juga dipercaya dapat memberi manfaat baik untuk kesehatan. 

Salah satu jamu yang populer dan sering diminum banyak orang adalah jamu beras kencur. Bila rutin diminum, kencur yang merupakan bahan baku dari jamu tersebut dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Yuk, cari tahu di bawah ini.

Kencur atau yang dikenal juga dengan nama latinnya Kaempferia galangal, masih termasuk ke dalam family jahe (Zingiberaceae). Seperti yang kita semua sudah ketahui, family jahe sudah sejak lama digunakan di dalam pengobatan tradisional karena khasiatnya yang beragam untuk kesehatan tubuh. Kencur pun juga tidak kalah berkhasiat. 

Tanaman berwarna cokelat dengan bagian dalam berwarna kuning ini mengandung banyak komposisi zat yang baik, antara lain pati, mineral, sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, borneol, paraeumarin, asam, anisat, alkaloid, dan masih banyak lagi. 

Berkat banyaknya kandungan baik yang dimilikinya tersebut, kencur dapat memberikan manfaat kesehatan berikut bila dikonsumsi secara rutin:

1. Meningkatkan Energi

Kencur sangat baik untuk meningkatkan energi kamu. Hanya dengan minum air rebusan kencur setiap malam sebelum tidur, kamu sudah bisa mendapatkan tubuh yang segar dan energik keesokan paginya.

Sekadar informasi, banyak wangi-wangian di Tibet dan Jepang yang mengandung rimpang ini, yang dipercaya dapat meningkatkan energi dan kesadaran, mengatasi kelelahan, serta menciptakan lingkungan yang damai dan kontemplatif.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Sudah menjadi hal yang umum bila banyak orangtua di Indonesia yang memberikan jamu beras kencur pada anak-anak mereka. Hal ini karena kandungan karminatif dalam kencur dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak-anak.

3. Mengurangi Kolesterol Jahat

Jamu yang terbuat dari kencur juga dapat merangsang kinerja empedu dalam tubuh kita. Organ ini berperan dalam penyerapan nutrisi dan menghilangkan racun, termasuk kolesterol jahat. Bila diminum secara rutin, manfaat kencur untuk menurunkan kolesterol pun dapat kamu rasakan.

4. Sumber Antioksidan

Antioksidan adalah salah satu bahan penting yang diperlukan tubuh untuk melindungi diri dari efek buruk radikal bebas dan virus. Nah, kencur mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Hal inilah juga yang menjelaskan manfaat kencur yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Baca juga: Begini Cara Kerja Antioksidan Cegah Penyakit Berbahaya

5. Baik Sebagai Obat Batuk

Bila kamu mengalami batuk ringan, coba deh atasi dengan meminum kencur. Caranya, kamu cukup mencuci akar kencur, kupas, dan parut. Kemudian, letakkan parutan kencur di atas kain dan peras untuk mendapatkan sari-sarinya. Tambahkan juga sedikit jeruk nipis dan madu, lalu minum ramuan tersebut tiga kali sehari sampai gejala mereda.

Baca juga: 4 Bahan Alami untuk Atasi Batuk pada Si Kecil

6. Mengatasi Perut Kembung

Rasa tidak nyaman karena perut kembung juga bisa diatasi dengan mengonsumsi kencur. Caranya, kamu bisa makan kencur mentah yang sudah dicuci dengan air hangat. Alternatif lain adalah rebus 3 sentimeter akar kencur dengan satu gelas air. Konsumsilah kencur sebanyak dua kali sehari untuk mencegah perut kembung

Baca juga: Dikenal Sebagai Jamu, Ini 4 Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

Nah, itulah manfaat kesehatan kencur yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya setiap hari. Bila kamu ingin membeli obat herbal yang mengandung kencur atau obat-obatan lainnya, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Health Benefits Times. Diakses pada 2020. Health Benefits of Aromatic Ginger.