Pentingnya Menghabiskan Waktu Luang dengan Hewan Peliharaan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   04 Februari 2021
Pentingnya Menghabiskan Waktu Luang dengan Hewan PeliharaanPentingnya Menghabiskan Waktu Luang dengan Hewan Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Memiliki waktu luang di tengah kesibukan menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang. Tidak jarang waktu luang ini dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal yang tidak sempat dilakukan sebelumnya. Nah, salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk menghabiskan waktu luang adalah bermain bersama peliharaan. Selain menghabiskan waktu luang, berikut ini sejumlah manfaat memiliki hewan peliharaan lainnya:

Baca juga: Tungau Telinga pada Kucing, Bagaimana Cara Mengatasinya?

1. Mencegah atau Menghilangkan Penat  

Manfaat memiliki hewan peliharaan yang pertama adalah mencegah atau menghilangkan rasa penat. Sudah wajar terjadi jika kamu merasa penat dengan rutinitas yang dilakukan. Rasa penat yang tidak diatasi akan memicu tubuh memproduksi hormon kortisol berlebihan. Jika sudah begitu, stres tidak dapat dihindari. Stres akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun secara perlahan, sehingga kamu lebih rentan terserang penyakit.

Untuk menghilangkan rasa penat yang berujung membahayakan kesehatan, cobalah bermain dengan peliharaan. Bermain dengan peliharaan dapat meningkatkan kadar hormon serotonin, oksitosin, serta dopamin. Semua hormon tersebut mampu meningkatkan perasaan bahagia, senang, serta tenang saat penat, stres, atau cemas melanda. 

2. Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung

Memiliki hewan peliharaan memberikan manfaat yang sama dengan rutin berolahraga, yaitu meningkatkan kesehatan organ jantung. Bermain dengan peliharaan mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang menjadi salah satu faktor pemicu penyakit jantung. Ikatan batin yang kuat antara peliharaan dan pemelihara mampu menurunkan tingginya tensi darah karena stres.

Baca juga: Kelebihan Anjing sebagai Hewan Peliharaan

3. Menurunkan Risiko Mengidap Alergi

Banyak orang yang beranggapan jika memelihara hewan dapat meningkatkan risiko terkena alergi. Alergi dinilai dapat terjadi karena bulu, debu, atau kotoran hewan. Namun, tahukah kamu jika hewan yang dipelihara sejak anak-anak kecil, hal tersebut justru dapat menurunkan risiko terjadi alergi. Memelihara hewan justru dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak karena sudah terbiasa terpapar alergen sejak dini.

4. Mempercepat Pemulihan Penyakit

Bukan hanya mengatasi rasa penat saja, memelihara hewan mampu mempercepat proses pemulihan penyakit atau pasca operasi. Dari hasil studi, seseorang yang bermain 15 menit dengan peliharaan pasca operasi, memiliki waktu pemulihan lebih cepat. Sebaiknya, seseorang yang menjalani pemulihan tanpa didampingi hewan peliharaan, memiliki jangka waktu pemulihan yang lebih lama.

5. Tidak Merasa Kesepian

Manfaat memiliki hewan peliharaan yang terakhir adalah tidak merasa kesepian. Kesepian ternyata bukan masalah yang sepele. Jika dibiarkan berlarut-larut, kesepian dapat berkembang menjadi depresi, penyakit jantung, bahkan penyakit Alzheimer dan demensia di kemudian hari. Memelihara hewan dapat menjadi salah satu alternatif agar kamu tidak merasa kesepian sepanjang hari.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Sampo yang Baik untuk Anjing?

Manfaat memiliki hewan peliharaan yang terakhir adalah mengoptimalkan kinerja otak, termasuk kemampuan berpikir, mengingat, memperhatikan, memecahkan masalah, serta membuat keputusan. Jadi, jangan sia-siakan waktu luangmu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat, ya. Jika hewan peliharaanmu mengalami gangguan kesehatan tertentu, silahkan diskusikan masalah ini dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Help Guide. Diakses pada 2021. The Health and Mood-Boosting Benefits of Pets.
CDC. Diakses pada 2021. About Pets & People.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan