Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi selama Kehamilan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Maret 2021
Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi selama KehamilanPentingnya Menjaga Kesehatan Gigi selama Kehamilan

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu jika menjaga kesehatan mulut dan gigi selama masa kehamilan adalah hal yang wajib dilakukan? Menjaga kesehatan tubuh ibu hamil, termasuk mulut dan gigi sangat diperlukan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk lebih jelasnya mengenai hal tersebut, kamu bisa baca ulasan selengkapnya di bawah ini, ya.

Baca juga: 7 Mitos tentang Hamil Anak Perempuan yang Perlu Diluruskan

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi saat Hamil 

Perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah gigi dan gusi. Hal tersebut berkaitan dengan meningkatnya kadar hormon steroid pada cairan gusi yang memicu peningkatan bakteri pada gusi. Bukan itu saja, perubahan hormon juga dapat memengaruhi sirkulasi darah pada gusi, sehingga ibu hamil sangat rentan mengidap masalah gusi.

Hal tersebut juga berlaku pada seorang wanita yang mengalami masalah gusi sebelum kehamilan. Berikut ini beberapa kemungkinan yang terjadi saat ibu hamil mengidap masalah pada mulut dan gigi:

  • Ibu Hamil Berisiko Mengalami Kelahiran Prematur

Jangan menyepelekan masalah mulut dan gigi selama masa kehamilan ya, bu. Pasalnya, jika infeksi parah terjadi, kuman akan masuk ke dalam tubuh, maka bisa meningkatkan risiko kelahiran bayi prematur. Bukan itu saja, gigi berlubang yang dialami oleh ibu hamil dapat berujung pada radang gusi dan memicu infeksi bakteri. Nah, racun dari bakteri ini kemudian akan merusak gusi yang menyebabkan bakteri masuk ke dalam tubuh, dan menyebar melalui aliran darah.

  • Memicu Terjadinya Infeksi pada Janin

Ibu hamil yang mengidap infeksi pada gusi akan berdampak pada kesehatan janin dalam kandungan. Berkaitan dengan hal tersebut, infeksi bisa saja menular pada janin melalui aliran darah plasenta. Bakteri yang menyebar ke seluruh tubuh akan memicu gangguan jantung pada ibu. Lebih dari itu, infeksi dapat berakibat fatal pada janin, seperti keguguran.

Baca juga: Benarkah Hamil di Usia Muda Rentan Alami Keguguran?

Lakukan Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Gigi saat Hamil

Itulah alasan betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi saat hamil. Di samping menjaga dan merawat kesehatan gigi dengan rutin menggosok gigi, ibu juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi sebelum dan sesudah kehamilan. Selain rutin menggosok gigi dua kali sehari, berikut ini beberapa cara lain untuk menjaga kesehatan gigi saat hamil:

  • Pilih sikat gigi yang nyaman, dengan bulu lembut agar tidak melukai gusi dan gigi.
  • Pilih pasta gigi yang tidak menyebabkan alergi.
  • Pilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol.
  • Konsumsi banyak air putih dan makanan sehat.
  • Berkumur dengan air hangat untuk membersihkan rongga mulut dan sela gigi.

Baca juga: 7 Fakta Mengenai Aborsi yang Perlu Dipahami

Itulah mengapa pentingnya menjaga kesehatan gigi saat hamil. Selama masa kehamilan, ibu disarankan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar janin dapat berkembang dengan baik. Jika membutuhkan suplemen atau multivitamin tambahan, ibu bisa membelinya di aplikasi Halodoc menggunakan fitur “beli obat” di dalamnya.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2021. Take Care of Your Dental Health During Pregnancy.
NCBI. Diakses pada 2021. Oral care in pregnancy.
WebMD. Diakses pada 2021. Dental Care and Pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan