Pentingnya Rutin Memelihara Kesehatan Ginjal sejak Dini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Maret 2022

"Menjaga kesehatan ginjal harus rutin untuk dilakukan. Organ vital dalam tubuh ini memiliki banyak fungsi penting, sehingga kesehatannya harus terjaga dengan baik. Berikut ini alasan pentingnya menjaga kesehatan ginjal sejak dini."

Pentingnya Rutin Memelihara Kesehatan Ginjal sejak DiniPentingnya Rutin Memelihara Kesehatan Ginjal sejak Dini

Halodoc, Jakarta – Meskipun hanya berukuran kira-kira sebesar kepalan tangan, ginjal adalah salah satu organ vital dalam tubuh yang punya banyak fungsi penting. Dengan menjaga kesehatan ginjal, kamu bisa menjaga kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan.

Namun, seiring bertambahnya usia, fungsi ginjal bisa menurun. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi alkohol berlebihan, juga bisa memengaruhi kinerja ginjal. Bila ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik lagi, kamu berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan serius.

Oleh karena itu, agar ginjal bisa tetap berfungsi dengan baik sampai tua nanti, kamu perlu menjaga kesehatan ginjal sejak dini. 

Ginjal Punya Banyak Fungsi Penting untuk Tubuh

Salah satu alasan perlu memelihara kesehatan ginjal sejak dini adalah sepasang organ yang terletak di bagian bawah tulang rusuk ini punya banyak fungsi penting.

Salah satu fungsi terpenting ginjal adalah mereka menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Kemudian, produk limbah tersebut disimpan di kandung kemih untuk nantinya dikeluarkan melalui urin.

Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk mengatur kadar pH, garam dan kalium dalam tubuh. Organ tersebut juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.

Ginjal juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Kamu perlu memelihara kesehatan ginjal sejak dini agar tubuh bisa menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.

Jika kamu mengalami gejala gangguan fungsi ginjal, Dokter Ini Bisa Beri Solusi.

Masalah Ginjal Bisa Menyebabkan Banyak Masalah Kesehatan

Alasan lain mengapa memelihara kesehatan ginjal penting dilakukan karena masalah atau kerusakan yang terjadi pada organ tersebut bisa memicu perkembangan berbagai penyakit dan bisa memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Bila ginjal tidak berfungsi dengan baik, penumpukan cairan limbah, bahkan racun bisa terjadi di dalam tubuh. Selain itu, gangguan fungsi ginjal juga bisa membuat organ tersebut tidak bisa mengatur tekanan darah dan produksi sel darah merah dengan baik, sehingga bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi dan anemia.

Sayangnya, kebanyakan orang seringkali tidak menyadari bila ginjal mereka tidak bekerja sebagaimana mestinya, karena penyakit ginjal biasanya tidak langsung menimbulkan gejala atau membuat organ tersebut berhenti bekerja secara tiba-tiba.

Pada kebanyakan kasus, penyakit ginjal memengaruhi kinerja organ tersebut dengan cara yang ringan tapi tetap stabil selama bertahun-tahun. Namun, pada sebagian kecil orang, penyakit ginjal bisa membuat kesehatan organ tersebut memburuk dengan cepat dan menyebabkan masalah yang signifikan. Pada kasus yang parah, penyakit ginjal juga bisa menyebabkan kerusakan organ tersebut secara permanen.

Itulah mengapa memelihara kesehatan ginjal sejak dini penting agar kamu bisa terhindar dari penyakit ginjal yang bisa berakibat serius.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memelihara kesehatan ginjal sejak dini.

  • Pantau tekanan darah kamu.
  • Kelola kadar gula darah kamu, terutama bila kamu mengidap diabetes.
  • Pantau kadar kolesterol.
  • Minum obat dengan benar dan sesuai anjuran dokter.
  • Batasi asupan garam.
  • Pilih makanan yang baik untuk jantung, seperti buah-buahan segar, sayuran segar atau beku, biji-bijian, dan makanan olahan susu rendah lemak.
  • Batasi konsumsi alkohol.
  • Terapkan gaya hidup aktif, seperti berolahraga secara teratur.
  • Jaga berat badan yang sehat.
  • Jangan merokok.

Itulah penjelasan mengenai mengapa memelihara kesehatan ginjal sejak dini penting. Bila kamu mengalami gejala-gejala gangguan ginjal, seperti nafsu makan menurun, kram otot, kaki membengkak, atau sering berkemih di malam hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Kamu bisa buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ginjal dengan dokter. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Health Talk. Diakses pada 2022. Why is kidney health important?.
UCI Health. Diakses pada 2022. Healthy kidneys, healthy life.
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Ways to Keep Your Kidneys Healthy

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan