• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Tes Buta Warna Sejak Dini

Pentingnya Tes Buta Warna Sejak Dini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak kelainan bawaan yang dapat terjadi pada seseorang, tetapi dapat dideteksi sejak dini. Salah satu gangguan tersebut adalah buta warna, yang membuat pengidapnya kesulitan untuk membedakan suatu warna dengan yang lainnya. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan tes buta warna pada anak secepatnya.

Hal tersebut penting karena penglihatan adalah salah satu bagian yang vital apabila terjadi gangguan. Selain itu, gangguan ini juga termasuk penyakit seumur hidup. Maka dari itu, ibu harus mengetahui alasan dari pentingnya melakukan tes buta warna sejak dini pada anak. Dengan mendeteksi secara dini mungkin saja gangguan tersebut dapat menjadi lebih baik. Baca selengkapnya di sini!

Baca juga: 5 Cara Tes Buta Warna yang Akurat

Alasan Wajib Melakukan Tes Buta Warna Sejak Kecil

Buta warna adalah gangguan yang terjadi ketika terdapat masalah dengan pigmen indra warna pada mata. Hal tersebut menyebabkan seseorang mengalami kesulitan atau ketidakmampuan untuk membedakan warna. Umumnya, seseorang yang mengidap buta warna tidak dapat membedakan antara warna merah dan hijau, sehingga banyak gangguan yang dapat terjadi akibat hal ini.

Seorang anak yang mengidap gangguan pada penglihatan ini mungkin dalam kisaran ringan hingga berat. Maka dari itu, tes buta warna wajib dilakukan agar dapat mendeteksi gangguan pada mata secara dini. Dengan begitu, dokter mampu menentukan langkah selanjutnya jika benar-benar dipastikan terdapat gangguan pada mata anak. Berikut adalah pentingnya melakukan tes buta warna pada anak:

Orangtua yang mengidap kelainan buta warna dapat menurunkan gangguan ini pada anaknya. Penyakit ini memang terbilang bersifat keturunan, sehingga pemeriksaan dini penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan terkait dengan tumbuh kembang anaknya di masa depan. Dengan mengetahui secara dini terkait kelainan buta warna tersebut, langkah pengobatan juga dapat dilakukan secepatnya.

Sangat penting untuk mengetahui cara antisipasi dan solusi yang paling baik pada anak yang mengidap buta warna. Dengan memastikan hal tersebut, ibu dapat memilihkan warna yang dapat dilihatnya untuk kebutuhan sehari-harinya. Cara tersebut dapat membuat dirinya dapat membedakan suatu benda dengan yang lainnya.

Ibu juga dapat memberikan peringatan untuk waspada pada gurunya di sekolah terkait gangguan pada penglihatannya tersebut. Pun, terkait cita-cita yang diidamkannya, orangtuanya dapat memberi pengertian secara perlahan jika beberapa profesi yang diinginkannya membutuhkan mata yang sehat sehingga memberikan pengertian sangat berarti.

Baca juga: Harus Tahu, Inilah 7 Fakta Penting Mengenai Buta Warna

Hal yang Terjadi Ketika Tes Buta Warna Dilakukan

Dokter mata akan melakukan pemeriksaan pada penglihatan anak. Awalnya, anak akan diminta duduk di sebuah ruangan yang terang. Setelah itu, dokter akan meminta untuk menutup satu mata dan menggunakan mata yang terbuka untuk melihat beberapa objek terkait pemeriksaan ini. Objek tersebut berisi pola titik warna-warni yang membuat pengidap buta warna akan kesulitan melihatnya.

Anak tersebut akan diminta untuk menyebutkan angka atau simbol yang tertera pada objek tersebut. Semua hal yang terlihat tersebut terbilang mudah untuk dibedakan apabila seseorang memiliki penglihatan warna yang normal. Jika orang tersebut mengidap gangguan penglihatan warna, ia akan sulit membedakan pola di antara titik-titik warna tersebut. Setelah itu, cara ini akan dilakukan pada mata yang ditutup sebelumnya.

Dengan melakukan tes buta warna secara dini, ibu akan membuat hidup anak menjadi lebih mudah dan menerima dengan lebih cepat tentang gangguan yang dialaminya. Selain itu, beberapa pengobatan yang dapat membuatnya lebih baik dan penyesuaian-penyesuaian hal lainnya dapat dilakukan agar orangtua menjadi lebih tenang.

Baca juga: Ketahui Cara Akurat Tes Buta Warna

Jika ibu mempunyai pertanyaan terkait tes buta warna yang dilakukan pada anak, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Tanpa perlu repot, diskusi dengan dokter dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What You Need to Know About Color Blindness.
NCBI. Diakses pada 2020. Importance of colour vision testing in school based eye health examination.