12 July 2018

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

menjaga kesehatan mata anak

Halodoc, Jakarta – Tanpa disadari, anak-anak sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa memberi dampak buruk terhadap kesehatan mata mereka. Misalnya seperti mengucek mata, nonton tv terlalu dekat, atau main gadget selama berjam-jam. Sebagai orangtua, ibu tentunya enggak mau kan mata anak menjadi rusak, sehingga di usianya yang masih kecil ia sudah harus menggunakan kacamata? Karena itu, menjaga kesehatan mata anak sangat penting agar ia dapat melakukan berbagai macam aktivitas, terutama belajar secara optimal.

Penglihatan yang baik sangat dibutuhkan anak untuk perkembangan fisik, kognitif, dan sosialnya. Di masa kanak-kanak, Si Kecil akan belajar bagaimana caranya menggunakan mata untuk melihat, membedakan warna, membaca, dan masih banyak lagi. Bila kondisi mata mereka kurang optimal atau bahkan terganggu, Si Kecil akan kesulitan melakukan berbagai macam hal, termasuk belajar dan bersosialisasi. Jadi, berikut beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak:

1. Beri Anak Makanan yang Menyehatkan Mata

Ibu bisa membantu menjaga kesehatan mata anak dari dalam dengan cara memberinya makanan sehat dan bernutrisi tinggi. Beberapa nutrisi yang sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan mata antara lain antioksidan, vitamin C, vitamin E, seng, asam lemak omega-3 dan lutein. Jadi, biasakan anak untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan seperti wortel, tomat, stroberi, serta makanan bernutrisi lainnya seperti udang, ikan salmon, dan ikan tuna agar anak memiliki penglihatan yang sehat dan terang.

Baca juga: Tak Cuma Wortel, Ada Makanan Lain yang Bisa Bikin Mata Sehat

2. Ajak Anak Sering-sering Bermain di luar

Daripada membiarkan anak bermain gadget atau menonton tv seharian di dalam rumah, ibu dianjurkan untuk sering-sering mengajak anak bermain di luar rumah. Cara ini dapat mencegah anak mengalami rabun dekat atau miopi akibat terlalu sering bermain di dalam ruangan. Baca juga: Sering Bermain di Luar Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak?

3. Hindarkan Anak dari Cedera Mata

Jauhkan anak dari cairan kimiawi berbahaya yang bisa merusak matanya, seperti kosmetik semprot (spray), sabun, sampo, karbon, dan bahan kimiawi lainnya. Saat mengajak anak beraktivitas atau bermain di luar ruangan pun, sebisa mungkin lindungi mata anak dari terpaan debu dan teriknya sinar matahari yang bisa mencederai kornea mata, yaitu bagian bening mata yang bertugas menghantarkan cahaya, sehingga mata dapat melihat dengan tajam.

Itulah sebabnya, ibu perlu memakaikan Si Kecil topi atau kacamata hitam agar matanya selalu terlindungi saat berada di luar ruangan. Saat anak berenang pun, sebaiknya ia mengenakan kacamata renang agar matanya terlindungi dari air kolam renang yang berkaporit. Beritahu juga Si Kecil agar tidak mengucek-kucek mata bila terasa gatal.

4. Ingatkan Si Kecil untuk Tidak Melakukan Kebiasaan yang Merusak Mata

Menurunnya ketajaman penglihatan (visus) anak seringkali disebabkan karena kebiasaan-kebiasaan tidak baik yang ia lakukan. Membaca buku terlalu dekat, membaca dengan penerangan yang temaram, membaca buku sambil tiduran, dan menonton tv terlalu dekat merupakan beberapa kebiasaan yang menyebabkan anak harus memakai kacamata di usianya yang masih kecil.

Jadi, ingatkanlah anak untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan tidak baik tersebut.  Saat anak membaca buku, usahakan jarak antara matanya dengan buku sekurang-kurangnya sepenggaris jauhnya (30 sentimeter). Cahaya yang cukup terang menjadi syarat mutlak jika Si Kecil ingin membaca. Begitu juga saat menonton tv, anak setidaknya harus duduk sejauh lima kali lipat lebar diagonal ukuran televisi.  

5. Periksakan Mata Anak Secara Rutin

Bawa anak ke dokter mata setidaknya dua tahun sekali untuk memeriksakan kondisi matanya. Pemeriksaan mata sangat penting untuk mendeteksi adanya masalah mata pada anak lebih dini seperti amblyopia, hyperopia, atau miopi (mata minus), sehingga pengobatan bisa dilakukan dengan optimal.

Baca juga: Suka Bermain Gadget? Intip Cara Jaga Kesehatan Mata Ini

Bila mata Si Kecil merah karena iritasi, ibu bisa membeli obat mata lewat aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotek Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!