• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penuhi 3 Nutrisi Ini agar Stamina Kuat saat Bermain Sepak Bola
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penuhi 3 Nutrisi Ini agar Stamina Kuat saat Bermain Sepak Bola

Penuhi 3 Nutrisi Ini agar Stamina Kuat saat Bermain Sepak Bola

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Oktober 2022

“Sejumlah nutrisi yang perlu dipenuhi agar stamina kuat saat bermain sepak bola, terbagi menjadi beberapa waktu. Sebagai contoh, sebelum berolahraga, pastikan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat.”

Penuhi 3 Nutrisi Ini agar Stamina Kuat saat Bermain Sepak BolaPenuhi 3 Nutrisi Ini agar Stamina Kuat saat Bermain Sepak Bola

Halodoc, Jakarta – Pergelaran sepak bola terbesar di dunia, yaitu Piala Dunia 2022 hanya tinggal menghitung minggu. Ajang ini tentunya menjadi hal yang membuat para pecinta sepak bola semakin bersemangat untuk menjalankan hobinya. Alhasil, tidak sedikit orang yang akan bermain olahraga tersebut sebagai bentuk animo dalam menyambut Piala Dunia. 

Nah, jika kamu salah satunya, penting untuk memenuhi sejumlah nutrisi penting, agar stamina kuat saat bermain sepak bola. Penasaran apa saja nutrisi tersebut? Yuk, ketahui informasinya di sini! 

Nutrisi yang Perlu Dipenuhi saat Bermain Sepak Bola

Ada sejumlah nutrisi yang perlu dipenuhi agar stamina kuat saat bermain sepak bola yang terbagi menjadi beberapa waktu. Berikut penjelasannya: 

1. Sebelum bermain sepak bola

Penting untuk memperhatikan apa makanan yang dikonsumsi sebelum berolahraga, agar energi dan daya ketahanan tubuh atau endurance dapat diperoleh maksimal. Nah, kamu membutuhkan karbohidrat berkualitas, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan cairan yang optimal. Sebab, otot akan bergantung pada makanan yang mengandung karbohidrat berkualitas seperti nasi, sereal, pasta, buah-buahan seperti pisang, dan sayuran. 

Selain itu, otot dan sel darah merah juga membutuhkan asupan protein yang baik, karena protein berperan penting dalam mengalirkan nutrisi dan oksigen ke otot. Pastikan juga cairan tubuh terpenuhi dengan baik sebelum berolahraga, agar olahraga dapat dilakukan secara optimal. 

2. Selama berolahraga

Saat berolahraga, pastikan untuk senantiasa minum air untuk mencegah terjadinya dehidrasi akibat cairan yang terbuang selama berkeringat. Sebab, air bertindak sebagai sistem pendingin tubuh. Maka dari itu, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan minum sekitar dua gelas air dua jam sebelum olahraga, dan minum air selama olahraga ketika mulai berkeringat. 

Namin, ketika berolahraga selama lebih dari 60 menit, seperti bermain sepak bola yang membutuhkan waktu 90 menit, cobalah untuk konsumsi minuman olahraga. Sebab, minuman tersebut dapat memberikan karbohidrat dan natrium, serta elektrolit yang terbuang selama berkeringat. 

3. Setelah berolahraga

Tubuh menggunakan sumber energi yang tersimpan selama melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Maka dari itu, penting untuk mengembalikan nutrisi yang terbuang setelah berolahraga sesegera mungkin. 

Nah, untuk mengembalikan nutrisi yang terbuang, cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi protein. Sebab, protein dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki otot tubuh. Hal ini berperan penting dalam mengurangi risiko cedera atau kerusakan otot. 

Selain itu, protein juga dapat meningkatkan energi yang disimpan pada tubuh, untuk kembali digunakan saat kamu berolahraga di lain waktu. Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan memenuhi kebutuhan cairan setelah olahraga. 

Apakah Olahraga dengan Perut Kosong Aman?

Kebanyakan orang cenderung menghindari makan atau minum terlalu banyak sebelum berolahraga. Sebab, kondisi perut yang kosong dapat memaksimalkan pembakaran lemak pada tubuh. Untuk keamanannya sendiri, hal ini akan tergantung pada jenis latihan yang dilakukan.

Jika olahraga yang dilakukan hanya jalan cepat atau joging, tidak ada salahnya untuk hanya minum segelas air sebelum berolahraga. Namun, jika olahraga yang dilakukan lebih intens, seperti bermain sepak bola, hal ini sebaiknya dihindari. Sebab, olahraga intens membutuhkan banyak energi, sehingga tubuh memerlukan lebih banyak “bahan bakar” untuk terus bergerak. 

Itulah penjelasan mengenai beberapa nutrisi penting yang perlu dipenuhi sebelum bermain sepak bola. Selain itu, pastikan juga untuk memenuhi asupan nutrisi lain seperti mineral dan vitamin, agar kesehatan tubuh terjaga. Untuk memenuhinya, konsumsilah makanan sehat bergizi seimbang atau suplemen kesehatan. 

Jika saat ini kamu membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Nutrition rules that will fuel your workout. 
WebMD. Diakses pada 2022. What to Eat Before, During, and After Exercise.