5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 September 2021
5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Sakit perut adalah gangguan yang kerap terjadi karena kamu mengonsumsi jenis makanan tertentu, misalnya terlalu pedas atau asam. Bagaimana jika sakit pada perut tidak terjadi karena konsumsi makanan dan terus berlangsung selama beberapa hari secara intens? Terlebih lagi apabila sakit perut yang terasa hanya di sebelah kiri dari bagian tubuh.

Umumnya, sakit perut di sebelah kiri berhubungan dengan masalah yang menyerang saluran pencernaan. Apakah sakit perut sebelah kiri terbilang berbahaya? Berikut adalah penyebab sakit perut sebelah kiri!

Baca juga: Anak Sakit Perut Kapan Sebaiknya ke Dokter?

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Usus besar terletak pada pada bagian kiri perut dan pada perempuan di sinilah letak ovarium. Apabila perutmu merasakan sakit yang terbilang ringan, tidak perlu khawatir. Hal tersebut dapat hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua hari setelahnya.

Namun, apabila gangguan yang terjadi menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan dan terjadi lebih dari dua hari, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan. Bukan tidak mungkin gangguan berbahaya sedang terjadi dan bisa berakibat fatal. Berikut beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu diketahui:

1. Ovulasi

Salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri yang harus diketahui adalah terjadinya ovulasi. Kondisi yang dikenal dengan masa subur ini akan menimbulkan perasaan sakit atau kram pada bagian perut tersebut. Gejala lainnya yang dapat terjadi ketika seseorang sedang dalam mengalami ovulasi adalah timbulnya rasa mual dan keputihan. 

Baca juga: 7 Makanan Pantangan Bagi Pengidap Gastroenteritis

2. Gastritis

Gangguan lain yang dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri adalah gastritis. Hal ini terjadi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan, atau pengikisan hingga menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri H. Pylori, yaitu bakteri yang menghasilkan lendir di lapisan lambung. Gejala lainnya yang dialami selain sakit perut sebelah kiri atas adalah mual, muntah, serta perut terasa penuh setelah makan.

3. Penyakit Ginjal

Sakit perut sebelah kiri juga dapat terjadi disebabkan terganggunya ginjal, termasuk infeksi ginjal dan batu ginjal. Pada infeksi ginjal, gejala yang timbul berupa sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual dan muntah, serta nyeri di pangkal paha. Sedangkan jika disebabkan oleh batu ginjal, gejala yang umum terjadi berupa sakit perut kiri bagian bawah, keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan urine yang berdarah.

4. Peradangan Pankreas

Organ lainnya yang berada di sisi kiri perut setiap manusia adalah pankreas. Jika terjadi gangguan pada organ tersebut, maka akan timbul perasaan sakit pada perut bagian kiri atas hingga ke punggung. Gangguan yang kerap terjadi adalah peradangan pada pankreas yang dapat menimbulkan rasa sakit ketika berbaring, makan, dan minum. Gejala lainnya yang dapat dirasakan adalah demam, diare, perut sakit saat disentuh, hingga mual dan muntah.

5. Radang Usus Besar

Radang usus besar juga merupakan gangguan yang dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri. Penyakit ini terjadi lantaran dinding saluran pencernaan tersebut mengalami peradangan. Gejala yang dapat timbul selain sakit perut adalah diare, kelelahan, berat badan yang menurun, hingga feses yang keluar berdarah atau berlendir. Rasa sakit perut tersebut dapat hilang setelah pengidapnya buang air besar.

Baca juga: Perlu Tahu, 7 Cara Sederhana Cegah Radang Usus

Itulah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang harus kamu ketahui. Kalau kamu mengalami gangguan sakit tak tertahankan dan butuh konsultasi dokter, buat saja janjinya melalui aplikasi Halodoc! Kamu juga bisa beli obat yang diresepkan dokter secara online melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!


This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What’s Causing Pain in My Lower Left Abdomen?
The Healthy. Diakses pada 2021. If You Have Left Side Abdominal Pain, Here’s What It Could Mean

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan