• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Penyebab Timbulnya Ruam Kulit di Tangan

Ini Penyebab Timbulnya Ruam Kulit di Tangan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Ruam kulit adalah salah satu masalah kulit paling umum, yang dapat terjadi pada siapa saja, tua maupun muda. Ditandai dengan munculnya bercak kemerahan pada kulit, yang biasanya disertai rasa gatal. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian kulit mana saja. Salah satunya adalah tangan.

Area tangan cukup rentan terkena ruam kulit karena cukup sensitif dan mudah terpapar berbagai zat asing. Sebagian besar kasus ruam kulit, termasuk pada tangan, mungkin bukan kondisi yang serius dan mudah diobati. Namun, jika dibiarkan, ruam kulit dapat mengganggu kenyamanan karena rasa gatal yang ditimbulkan. Lantas, apa saja yang dapat menyebabkan ruam kulit di tangan? Simak penjelasannya setelah ini.

Baca juga: Ini Jenis-Jenis Ruam Kulit pada Orang Dewasa

Berbagai Kemungkinan Penyebab Ruam Kulit di Tangan

Ada banyak hal yang dapat memicu timbulnya ruam kulit di tangan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Alergi

Ruam kulit di tangan bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Gejala kemerahan pada kulit ini dapat dipicu oleh berbagai barang yang digunakan sehari-hari, seperti jam tangan dan gelang. Namun, kamu juga bisa mengalami alergi karena deterjen, sabun, lateks, lanolin, dan formaldehida. Jika disebabkan oleh zat tertentu, kondisi ini disebut dermatitis kontak alergi. Gejalanya dapat berupa iritasi kulit dan reaksi bintik kemerahan yang muncul selama 2-3 hari.

2. Kudis (Scabies)

Kudis atau scabies adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh tungau kecil, yang masuk dan berkembang biak di permukaan kulit untuk bertelur. Akibatnya, kulit akan bereaksi dengan menunjukkan gejala seperti ruam kemerahan dengan bintik-bintik kecil yang biasanya berisi cairan. Tak hanya ruam merah, kulit juga akan terasa sangat gatal, yang intensitasnya akan meningkat di malam hari.

Selain pada area tangan, ruam kulit akibat kudis juga dapat terjadi pada bagian kulit lainnya, dan bervariasi tergantung usia. Pada anak-anak dan bayi, kudis dapat terjadi pada kulit kepala, leher, bahu, dan tangan. Namun, pada anak-anak yang usianya sudah agak besar, kudis lebih banyak ditemukan pada pergelangan tangan, sela-sela jari, perut, dada, ketiak, dan organ intim.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Ruam Kulit dan Ruam Kulit HIV

3. Neurodermatitis

Neurodermatitis adalah penyakit kulit yang menimbulkan bercak berwarna merah gelap dan menimbulkan rasa gatal. Biasanya, penyakit ini menyerang leher, pergelangan tangan, lengan bawah, paha, dan pergelangan kaki. Rasa gatal yang timbul bisa cukup intens atau datang dan pergi. Meski bukan termasuk penyakit menular, kondisi ini sangat mengganggu keseharian dan waktu istirahat jika sedang kambuh.

4. Creeping Eruption

Creeping eruption adalah penyakit kulit yang terjadi akibat infeksi larva non human hookworm Ancylostoma braziliense atau Ancylostoma caninum yang berasal dari kucing atau anjing. Larva ini dapat menembus kulit manusia dan menimbulkan gejala berupa lepuhan, kemerahan yang menonjol, dan disertai rasa gatal serta panas. Kondisi ini biasanya terjadi saat berkontak langsung dengan tanah yang terkontaminasi dengan kotoran anjing atau kucing.

Baca juga: Ketahui Cara Alami untuk Mengatasi Ruam pada Si Kecil

5. Eksim

Jika ruam kulit di tangan tidak kunjung hilang, kamu mungkin mengalami eksim. Kulit yang terkena eksim biasanya akan mengalami bercak kering yang bersisik dan seperti terangkat. Kondisi ini dapat memicu rasa gatal dan rentan mengalami peradangan, apalagi jika digaruk. Jika ruam terus digaruk, biasanya akan muncul cairan dari dalam kulit yang bisa membuat eksim semakin melebar ke bagian kulit yang lain.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab ruam kulit di tangan yang perlu diketahui. Jika kamu mengalaminya, segera download aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter atau buat janji dengan dokter kulit di rumah sakit, untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Ruam kulit yang tidak segera diobati dengan baik akan mengganggu kenyamanan dan menurunkan rasa percaya diri. Jadi sebaiknya kondisi ini segera ditangani.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Possible Causes of a Rash on Your Wrist
Medical News Today. Diakses pada 2020. What is causing this rash on my wrist?