Ketahui Cara Alami untuk Mengatasi Ruam pada Si Kecil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Cara Alami untuk Mengatasi Ruam pada Si Kecil

Halodoc, Jakarta - Anak rentan terserang penyakit karena imunitas tubuhnya yang masih lemah dan terus mengalami perkembangan. Tidak hanya demam, ruam menjadi masalah kesehatan yang kerap menyerang, misalnya ruam popok dan ruam kulit. Sentuhan bahan popok dan kulit anak yang masih terbilang sensitif dapat memicu terjadinya ruam.

Tentunya, kemunculan ruam pada anak ini sangat mengganggu. Ruam ini memicu munculnya rasa gatal dan tidak nyaman pada tubuh Si Kecil. Ruam juga bisa menyebabkan meningkatnya suhu tubuh atau demam. Namun, ibu bisa mengatasi ruam pada sang buah hati dengan cara mudah dan alami berikut ini.

Oatmeal

Tidak hanya dikonsumsi, oatmeal bisa digunakan untuk mengatasi ruam pada anak. Makanan sehat dan kaya serat satu ini memiliki berbagai sifat biologis aktif, termasuk komponen antioksidan dan antiinflamasi yang membantu meredakan gatal akibat reaksi alergi pada kulit.

Baca juga: Kenali Biang Keringat, Ruam Kulit yang Terasa Gatal di Kulit

Tanaman Herbal

Beberapa tanaman herbal dipercaya dapat mengobati ruam pada anak. Beberapa tanaman yang direkomendasikan seperti lidah buaya dan ekstrak daun kesemek. Gel bening pada lidah buaya dapat meredakan gatal akibat dermatitis atopik dan masalah kulit lainnya. Sementara itu, ekstrak daun kesemek menunjukkan efek untuk pencegahan dan penyembuhan dermatitis atopik. Selain dua tanaman tadi, beberapa jenis bahan herbal yang membantu meredakan ruam, seperti kemangi, kamomil, mimba, marigold, hingga ketumbar.

Soda Kue

Peranan soda kue atau baking soda berkaitan dengan kesehatan kulit adalah mengatasi ketidakseimbangan pH kulit dan berfungsi sebagai antiinflamasi untuk mengurangi alergi kulit. Penggunaan bahan ini untuk mengatasi ruam bisa dengan cara menjadikan pasta atau mandi.

Baca juga: Ini Perbedaan Ruam Popok dan Alergi

Jika dibuat dalam bentuk pasta, kamu bisa mencampurkan soda kue dengan air atau minyak kelapa. Campurkan hingga soda kue ini mengental dan memiliki tekstur yang menyerupai pasta. Oleskan pada area yang gatal atau mengalami ruam dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas. Jika digunakan untuk mandi, soda kue yang dibutuhkan adalah sebanyak 1 cangkir untuk 1 ember air. Gunakan untuk berendam selama 15 menit sebelum membilas dengan air bersih.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang diekstrak langsung dari daging kelapa telah digunakan selama berabad-abad oleh negara tropis sebagai minyak goreng sekaligus pelembap kulit. Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, juga sifat antiseptik dan antiinflamasi. Namun, penggunaannya sebagai obat ruam dan antialergi harus mengujinya terlebih dahulu di lengan bagian dalam. Jika ternyata terjadi iritasi, hentikan penggunaannya.

Baca juga: Ruam Popok Bisa Terjadi pada Orang Dewasa, Benarkah?

Garam Epsom

Garam epsom secara tradisional telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai campuran ketika mandi menggunakan air hangat untuk membantu relaksasi dan mengatasi nyeri otot. Tidak hanya itu, berendam atau mandi dengan garam ini juga membantu meredakan gatal dan menghilangkan kerak di kulit. Garam epsom dengan kandungan magnesiumnya yang tinggi bisa membantu meningkatkan fungsi kelembapan kulit juga mengurangi terjadinya peradangan.

Demikian tadi beberapa cara alami mengatasi ruam pada anak yang ibu coba di rumah. Namun, jika ruam pada anak tidak menghilang meski ibu sudah menggunakan cara di atas, ibu harus segera memeriksakan kondisi kesehatan Si Kecil ke dokter. Supaya lebih mudah, ibu bisa membuat janji bertemu dokter di rumah sakit pilihan di sini atau menggunakan aplikasi Halodoc yang sudah ibu download terlebih dahulu.