• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Gigi saat Puasa, Adakah Dampaknya?

Perawatan Gigi saat Puasa, Adakah Dampaknya?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Memasuki bulan puasa, umat muslim tentunya harus mulai bersiap untuk beradaptasi dengan pola makan yang baru. Jika biasanya kamu makan tiga kali sehari, selama puasa kamu hanya diperbolehkan untuk makan di waktu sahur dan waktu berbuka saja. Nah, perubahan pola makan ini bisa memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Salah satu masalah gigi dan mulut yang pasti dialami orang yang sedang berpuasa adalah bau mulut.

Bau mulut memang tidak bisa dihindari dan akan hilang sendirinya ketika kita mengonsumsi makanan saat berbuka. Walau begitu, bukan berarti kamu tidak bisa mengurangi gejala bau mulut dan mengabaikan perawatan gigi lainnya. Kamu tetap bisa melakukan perawatan gigi dan mulut selama puasa. Apakah perawatan ini ada dampaknya? Berikut penjelasannya. 

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

Apakah Perawatan Gigi Saat Puasa Menimbulkan Dampak Tertentu?

Tidak sedikit umat muslim yang menganggap bahwa tindakan perawatan gigi bisa membatalkan puasa. Apalagi ketika memeriksakan diri ke dokter gigi di mana dokter perlu memasukan alat  dalam mulut kita. Beberapa orang bahkan mencoba untuk tidak menelan air liur mereka sendiri dan punya persepsi bahwa masuknya benda asing seperti sikat gigi saja dapat membatalkan puasa. 

Anggapan-anggapan tersebut yang membuat sejumlah orang enggan memeriksakan diri ke dokter atau bahkan mempraktekan kebersihan gigi dan mulut mereka sendiri selama berpuasa. Padahal pemeriksaan maupun praktek kebersihan gigi tidak membatalkan puasa. Melansir European Journal of General Dentistry, perawatan gigi, seperti penskalaan, restorasi, dan ekstraksi tidak akan membatalkan puasa. 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir, perawatan gigi saat puasa tidak akan menimbulkan dampak tertentu dan justru memberikan berbagai manfaat kesehatan. Kalau kamu masih ragu tentang hal ini, kamu bisa bertanya lebih lanjut dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menanyakan segala hal terkait perawatan gigi dan mulut maupun masalah kesehatan gigi lainnya.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini Tanda Harus Segera Periksa Gigi

Tips Perawatan Gigi Selama Berpuasa

Melansir Muscular Dystrophy Association, ada sejumlah tips perawatan gigi yang bisa dilakukan saat berpuasa, yaitu:

  • Rutin menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang
  • Sikat dan bersihkan gigi dengan saksama sebelum tidur di malam hari dan jangan lupa untuk menyikat gigi setelah sahur. Menyikat gigi dua kali sehari sebenarnya sudah cukup untuk mencegah berbagai penyakit mulut.
  • Bagi kamu yang diharuskan minum obat, kamu bisa meminumnya di luar jam puasa.

Baca juga: Diharuskan saat Puasa, Begini Aturan Makan yang Benar

Nah, kalau kamu diresepkan obat yang harus dikonsumsi dalam waktu yang berbeda, seperti obat untuk pagi, siang, sore dan malam, sebaiknya bicarakan kembali dengan dokter. Kamu perlu berdiskusi dengan dokter apakah obat tersebut boleh dikonsumsi sekali jalan atau bisakah dokter untuk mengganti jenis pengobatan atau mengubah dosisnya. Tidak perlu repot pergi ke luar rumah, kamu bisa bertanya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasinya sekarang juga!

Referensi :
European Journal of General Dentistry. Diakses pada 2020. Management of muslim dental patient while fasting.
Muscular Dystrophy Association. Diakses pada 2020. Tips for Dental Care during Fasting.