Perawatan Mandiri untuk Meredakan Sakit Pinggang

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Mei 2021
Perawatan Mandiri untuk Meredakan Sakit PinggangPerawatan Mandiri untuk Meredakan Sakit Pinggang

Halodoc, Jakarta - Sakit pinggang tentu akan membuat kamu tidak nyaman saat beraktivitas. Masalah kesehatan ini sering dikeluhkan oleh banyak orang, terlebih para generasi muda. Ternyata, penyebabnya bisa banyak hal, seperti mengangkat beban terlalu berat atau mengganti posisi tubuh secara mendadak.

Tidak hanya itu, kurangnya aktivitas fisik dan posisi duduk atau tidur yang kurang tepat juga bisa mengakibatkan sakit pinggang. Lalu, bagaimana cara tepat mengatasinya? Ternyata, ada beberapa cara rumahan yang bisa kamu coba lakukan untuk meredakan sakit pinggang, berikut beberapa di antaranya:

1. Aktif Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik, seperti berolahraga menjadi cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit pinggang. Tidak perlu aktivitas berat, berjalan kaki pun sudah sangat membantu. Aktivitas ini akan membuat tubuh berada pada posisi tegak dan netral. Meski begitu, tetap perhatikan kondisi tubuh. Hindari semua aktivitas yang terlalu berat atau gerakan yang bisa membuat pinggang terasa nyeri.

Baca juga: Kenali Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita

2. Hindari Berbaring Terlalu Lama

Seseorang yang sedang mengalami nyeri pinggang biasanya akan merasakan sakit yang lebih intens saat menghabiskan waktu lebih lama di tempat tidur. Jadi, sebaiknya kamu tetap aktif dan lebih hati-hati ketika beraktivitas agar rasa sakit di pinggang dapat berkurang.

3. Perbaiki Posisi Tidur

Bukan hanya durasi, kualitas tidur juga perlu kamu perhatikan. Saat saking pinggang, biasanya baik kualitas maupun kuantitas tidur menjadi terganggu. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kualitas tidur adalah memastikan bahwa kamu tidur dalam posisi yang benar. Misalnya, jika posisi tidur telentang, sebaiknya kamu meletakkan bantal di bagian bawah lutut. 

Sementara itu, jika kamu tidur dalam posisi menyamping, sebaiknya letakkan bantal di antara kedua lutut guna menjaga tulang punggung pada posisi netral. Hal yang sepele, tetapi tidak semua orang mengetahuinya sehingga kualitas tidur yang maksimal pun sulit dicapai. Jangan heran jika kamu terbangun justru merasa sakit pinggang.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Memicu Terjadinya Sakit Pinggang

4. Tidak Merokok

Sebenarnya, apa kaitan antara merokok dan sakit pinggang? Ternyata, merokok tidak hanya merusak organ paru, tetapi juga memberikan tekanan pada bagian punggung. Risiko ini akan lebih rentan terjadi pada orang-orang yang sedang atau pernah merokok. Pasalnya, nikotin akan membuat pembuluh darah mengerut sehingga membuat aliran darah menuju jaringan lunak menurun. 

5. Kompres 

Rasa nyeri pada pinggang bisa kamu redakan dengan menggunakan bantalan pemanas dan kompres dingin. Jika kondisi ini terjadi karena cedera, kamu disarankan untuk mengompres dengan es pada 48 jam pertama. Setelahnya, kamu bisa melanjutkan dengan kompres hangat. 

6. Menurunkan Berat Badan

Sudah mengecek timbangan? Berapa berat badanmu terakhir? Siapa tahu, sakit pinggang yang kamu rasakan terjadi karena berat badan sudah berlebihan. Pasalnya, berat badan yang berlebih akan memberikan tekanan yang lebih besar pula pada tulang belakang, sehingga rentan menyebabkan sakit pinggang.

Baca juga: Penyebab Bumil Rentan Alami Sakit Pinggang

Jadi, jika kamu merasa kelebihan berat badan sebagai penyebab sakit pinggang, segera perbaiki pola makan dan imbangi dengan olahraga. Kamu juga bisa bertanya pada ahli gizi seputar diet yang bisa dijalani. Gunakan saja aplikasi Halodoc supaya tanya jawab dengan dokter atau ahli gizi jadi lebih mudah. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. 12 Ways to Improve Back Pain.
Spine Health. Diakses pada 2021. 7 Ways to Relieve Back Pain Naturally.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan